Kondisi Geografis Indonesia : Letak, Batas Wilayah, Penduduk, Hingga Iklimnya

Bagaimanakah kondisi geografis Indonesia? - Indonesia merupakan negara yang strategis. Hal itu terjadi karena negara ini berada di tengah-tengah 2 benua serta 2 samudera. Kondisi geografis Indonesia yang seperti ini memberi banyak pengaruh yang menciptakan keunikan sendiri.

Dengan adanya letak geografis tersebut membuat Indonesia memiliki ragam mata pencaharian, pola tinggal, dan juga model ekonomi yang tak sama dengan negara lain. Dan karena itu pula negara ini memiliki beragam jenis suku, ras, budaya, agama, serta bahasa.

1. Letak Geografis Indonesia
Letak geografis merupakan suatu letak yang mana menunjukkan satu daerah yang dilihat dari kenyataannya di muka bumi. Letak itu bisa menentukan posisi satu daerah dengan daerah lainnya. Untuk letak geografis Indonesia sendiri yaitu berada di antara dua benua dan dua samudera.

Kondisi geografis Indonesia ada di antara benua Asia di bagian Utara dan benua Australia di bagian Selatan, dan juga Samudera Pasifik di Timur dan Hindia di bagian Barat dan Selatan. Sementara dari segi letak astronomis, negara ini ada di 6 LU atau Lintang Utara sampai 11 LS atau Lintang Selatan dan juga 95 BT atau Bujur Timur sampai 141 BT.

2. Batas Wilayah Indonesia Secara Geografis
Indonesia tergolong sebagai negara maritim dan kepulauan. Negara ini memiliki jajaran pulau yang membentang dari Sabang di bagian paling Barat hingga ke Merauke di bagian paling Timur. Bisa dibilang jika Indonesia masuk ke dalam kategori negara terluas di dunia yaitu dengan total luas area sebesar 5,19 juta km persegi dengan wilayah perairan seluas 3.2 juta km persegi.

3. Keadaan Penduduk Indonesia Secara Geografis
Dengan kondisi geografis yang dikelilingi perairan, dataran rendah, dan dataran tinggi, maka mata pencaharian warga Indonesia beragam pula. Namun, mata pencaharian terbanyak adalah di sektor pertanian.

Dengan tanah yang subur dan udara yang mendukung maka banyak warga yang memilih untuk bekerja di bagian pertanian atau perkebunan. Di daerah dataran rendah banyak ditempati oleh mereka yang bekerja di sektor industri, pemerintahan, ataupun perdagangan.

4. Keadaan Iklim Indonesia meliputi Cuaca, Iklim, Persebaran Flora Fauna
Karena kondisi geografis Indonesia yang telah dijelaskan di atas, maka negara ini mengalami 3 jenis iklim yaitu tropis, musim, dan laut. Sementara itu yang paling mencolok dari kondisi geografis di Indonesia dengan negara lain adalah dari segi flora dan faunanya.

Adapun Indonesia membagi keanekaragaman flora dan fauna menjadi 3 jenis antara lain sebagai berikut:
  • Tipe Australiatis : Tipe flora dan fauna yang memiliki satu jenis yang sama dengan wilayah daratan Australia. Jenis yang ini hidup di wilayah Indonesia bagian timur seperti Maluku dan Papua.
  • Tipe Asiatis : Tipe flora dan fauna yang memiliki satu jenis yang sama dengan wilayah daratan Asia. Jenis yang ini hidup di wilayah Indonesia bagian barat seperti Jawa, Kalimantan, dan Sumatera.
  • Tipe Peralihan : Tipe flora dan fauna yang jenisnya tidak ada di wilayah Australia dan Asia. Jenis yang satu ini hidup di wilayah Indonesia bagian tengah seperti Bali, Sulawesi, serta Kepulauan Nusa Tengara.

Baca lebih lengkap disini tentang: Flora dan Fauna di Indonesia

Demikian uraian mengenai kondisi geografis Indonesia yang membedakannya dengan negara lain. Dengan mengenal kondisi negara yang kita tinggali sendiri maka kita bisa lebih memahami dan bersyukur betapa kayanya negara Indonesia.

Kondisi Geografis Indonesia : Letak, Batas Wilayah, Penduduk, Hingga Iklimnya