Contoh Flora dan Fauna di Indonesia yang Khas dari Masing-Masing Daerah

Flora dan Fauna di Indonesia - Indonesia yang merupakan negara kepulauan dan terdiri dari pulau-pulau besar dan kecil, sudah tidak diragukan lagi jika menyimpan kekayaan hayati di dalamnya. Flora (tumbuhan) dan fauna (hewan) endemik di Indonesia pun tak kalah banyak jumlahnya. Bahkan bisa dibilang di setiap pulau atau provinsi di Indonesia pasti memiliki setidaknya satu flora dan fauna khasnya (lihat juga: Hewan Langka di Indonesia). Untuk mempelajari lebih dalam tentang flora dan fauna di Indonesia tersebut, berikut adalah flora dan fauna khas di Indonesia yang tidak akan Anda temukan di tempat lain.

Letak geografis Indonesia yang sangat strategis ternyata tidak hanya berpengaruh pada sektor ekonomi saja. Letak geografis ini ternyata juga berpengaruh pada kekayaan hayati di Indonesia, termasuk kekayaan flora dan fauna.

Seperti yang sudah umum diketahui bahwasannya flora dan fauna di Indonesia terbagi ke dalam tiga tipe, yaitu tipe Asiatic, Autralis dan tipe peralihan. Berdasarkan ketiga tipe ini jugalah, flora dan fauna di Indonesia juga memiliki karakteristik yang beragam tergantung pada kelompok tipenya. Beberapa jenis flora dan fauna berikut contoh kekayaan alam di Indonesia.

1. Bunga Sedap Malam dan elang bondol
Dari pulau Jawa, flora dan fauna asli yang khas yang berasal dari daerah Jawa adalah elang bondol dan bunga sedap malam. Meskipun bunga sedap malam bukan termasuk flora yang hampir punah, namun bunga ini adalah flora khas yang banyak dicari di Jawab terutama Jawa Timur. Untuk fauna, elang bondol adalah fauna khas dari daerah Jawa yang keberadaannya sudah hampir punah.

2. Harimau Sumatera dan Bunga Bangkai
Jika berbicara Sumatera, ada banyak sumber daya alam yang busa ditemukan disini, termasuk flora dan fauna. Flora khas daerah Sumatera yang banyak dikenal secara luas adalah bunga bangkai raksasa. Meskipun bunga ini memiliki ciri khas baunya yang menyengat, namun ketika mekar bunga ini adalah bunga yang sangat dilindungi di Indonesia. Sedangkan untuk faunanya, semua pasti setuju jika harimau Sumatera adalah fauna yang sangat populer dan benar-benar merepresentasikan Pulau Sumatera.

3. Orang Utan dan Bunga Anggrek Hitam
Dari daerah di Pulau Kalimantan, ada bunga anggrek hitam yang banyak tumbuh dan ditemukan di hutan Kalimantan (lihat: Fungsi Hutan). Sayangnya sebagai flora kebanggaan masyarakat Kalimantan ini pun terancam punah karena semakin rusak dan semakin hilangnya habitat asli bunga ini. Hal serupa juga terjadi pada orang utan, fauna endemik yang hanya bisa ditemukan di hutan Kalimantan ini.

4. Burung Maleo dan Kayu Eboni
Dari daerah Sulawesi ada burung maleo dan kayu eboni. Flora dan fauna ini adalah jenis yang sangat populer di masyarakat dan menjadikan keduanya sebagai simbol flora dan fauna khas dari daerah Sulawesi Tengah. Sayangnya keduanya termasuk dalam flora dan fauna endemik yang hampir punah.

5. Buah Merah dan Burung Cendrawasih
Tak ada fauna lain yang bisa merepresentasikan Papua selain burung cenderawasih. Ya, keindahan burung ini diyakin merupakan penggambaran dari keindahan Papua. Sedangkan buah merah adalah tanaman dengan banyak khasiat yang hanya bisa Anda temukan di Papua.

Asal Daerah Flora dan Fauna Populer
Jawa Bunga sedap malam dan elang bondol
Sumatera Bunga Bangkai dan harimau sumatera
Kalimantan Orang utan dan Bunga anggrek hitam
Sulawesi Burung Maleo dan pohon eboni
Papua Burung cendrawasih dan buah merah

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang flora dan fauna di Indonesia yang khas dan populer dari masing-masing daerah. Dengan informasi ini Anda jadi semakin tahu jika setiap daerah di Indonesia memiliki flora dan fauna khas dan mencerminkan daerah tersebut.

Contoh Flora dan Fauna di Indonesia yang Khas dari Masing-Masing Daerah