Fauna Indonesia Bagian Barat : Karakteristik dan Contohnya

Hewan-hewan yang tergolong sebagai fauna khas Indonesia Bagian Barat - Sudah bukan rahasia lagi jika Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman. Mulai dari suku bangsa, bahasa, budaya hingga keanekaragaman hayati. Contoh yang paling mudah dilihat adalah kekayaan fauna di Indonesia.

Jenis fauna di Indonesia dibagi ke dalam 3 tipe zona fauna berdasarkan wilayah persebarannya. Ada fauna tipe Asiatis dengan wilayah persebaran di Indonesia bagian barat, fauna tipe peralihan dengan wilayah persebaran di Indonesia tengah dan tipe Australis yang wilayah persebarannya meliputi wilayah Indonesia bagian timur (lihat disini khusus fauna Indonesia bagian timur).

Kali ini akan dibahas secara lengkap tentang fauna Indonesia bagian barat beserta karakteristik ciri dan contohnya, simak penjelasannya yuk.

Fauna yang mendiami wilayah Indonesia bagian barat disebut juga dengan fauna tipe Asiatis. Disebutkan demikian karena karakternya hewan atau fauna yang tersebar di wilayah bagian barat Indonesia ini memiliki kemiripan dengan hewan-hewan Asia. Persebarannya meliputi Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Fauna Indonesia bagian barat memiliki karakteristik khusus yang membedakannya dengan fauna tipe lain di Indonesia. Berikut adalah ciri-ciri dan contoh fauna tipe Asiatis yang berada di wilayah bagian barat Indonesia ini.

1. Spesies Mamalia Berukuran Besar
Spesies mamalia yang hidup di daerah bagian barat Indonesia dan masuk dalam kelompok tipe fauna Asiatis memiliki ciri-ciri ukuran tubuhnya yang relatif besar. Selain itu, di wilayah Indonesia bagian barat ini juga tidak akan dijumpai mamalia berkantung seperti halnya pada fauna di wilayah Indonesia Timur.

Contoh fauna Indonesia bagian barat mewakili hewan mamalia adalah gajah, banteng, babi, kerbau, rusa dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Beragam Jenis Kera dapat Ditemukan dalam Kelompok Fauna Asiatis
Fauna tipe Asiatis yang tersebar di wilayah barat Indonesia juga banyak terdiri dari spesies kera. Contoh fauna Indonesia bagian barat spesies kera misalnya orang utan yang hidup di wilayah Kalimantan, monyet bekantan yang juga hidup di hutan Kalimantan dan berbagai jenis monyet lainnya yang hidup tersebar di hutan Pulau Jawa, Bali, Sumatera dan Kalimantan.

3. Banyak Hewan yang Tergolong Endemik
Yang lebih menarik, fauna yang hidup di bagian barat Indonesia ini kebanyakan juga tergolong sebagai hewan endemik. Artinya hewan atau fauna tersebut tidak akan bisa ditemukan di belahan bumi manapun selain di Indonesia.

Contoh fauna Indonesia bagian barat yang sifatnya sebagai hewan endemik antara lain badak bercula satu, harimau Sumatera, tarsius, kukang dan masih banyak lagi hewan endemik lainnya. Lihat juga mengenai hewan langka di Indonesia.

4. Spesies Burung Memiliki Warna Bulu Kurang Menarik
Berbeda dengan spesies burung yang hidup di bagian timur Indonesia, burung yang hidup di wilayah bagian barat Indonesia memiliki ciri-ciri warna bulunya yang tidak menarik. Namun burung-burung yang tergolong tipe Asiatis ini memiliki kemampuan berkicau yang sangat bagus.

Contoh fauna khas Indonesia bagian Barat yang mewakili spesies burung adalah burung Jalak Bali dan berbagai jenis jalak lainnya, burung elang putih, elang jawa dan jenis-jenis burung lainnya.

5. Spesies Reptil Lebih Bervariasi
Terakhir, fauna tipe Asiatis juga memiliki spesies reptil yang sangat bervariasi. Ada katak, ular, buaya, bunglon dan beberapa jenis reptilia lainnya. Selain itu, jenis ikan yang mendominasi adalah jenis ikan air tawar.

Berdasarkan penjelasan di atas, fauna yang hidup di bagian barat Indonesia dapat dikelompokkan sebagai berikut:
Karakteristik Contoh Fauna
Mamalia berukuran besar Gajah, harimau, kerbau
Banyak ditemukan spesies kera Orang utan, bekantan, monyet dll
Burung bersuara merdu namun bulunya tidak indah Burung jalak bali, elang jawa, elang putih
Variasi reptil lebih banyak Ular, bunglon, buaya, kura-kura

Demikian tadi penjelasan tentang fauna Indonesia bagian barat atau yang juga dikenal dengan fauna tipe Asiatis. Untuk semua jenis flora dan fauna Indonesia bisa dilihat pada postingan ini: flora dan fauna di Indonesia.

Akhirnya, dengan mengetahui ciri-ciri fauna Indonesia bagian barat tersebut, Anda kini bisa membedakan secara mudah jenis hewan mana yang hidup di wilayah Indonesia bagian barat ataupun yang hidup di wilayah Indonesia bagian timur.

Soal yang bisa terjawab dengan artikel ini adalah : fauna yang terdapat di wilayah indonesia barat bertipe apa, fauna indonesia bagian barat disebut tipe apa, fauna indonesia bagian barat disebut dengan tipe apa, sebutkan fauna indonesia bagian barat, jelaskan ciri-ciri fauna indonesia bagian barat, tuliskan ciri-ciri fauna indonesia bagian barat, fauna di bagian indonesia sebelah barat bertipe apa.
Update: Agustus 2021.
Komentar