Fauna Indonesia Bagian Barat : Karakteristik dan Contohnya

Hewan-hewan yang tergolong sebagai fauna khas Indonesia Bagian Barat - Sudah bukan rahasia lagi jika Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman. Mulai dari suku bangsa, bahasa, budaya hingga keanekaragaman hayati. Contoh yang paling mudah dilihat adalah kekayaan fauna di Indonesia. Jenis fauna di Indonesia sendiri dibagi ke dalam 3 tipe fauna berdasarkan wilayah persebarannya. Ada fauna tipe Asiatis dengan wilayah persebaran di Indonesia bagian barat, fauna tipe peralihan dengan wilayah persebaran di Indonesia tengah dan tipe Australis yang wilayah persebarannya meliputi wilayah Indonesia bagian timur. Kali ini akan dibahas secara lengkap tentang fauna Indonesia bagian barat beserta ciri dan contohnya (lihat juga: Fauna Indonesia Bagian Timur).

Fauna yang mendiami wilayah Indonesia bagian barat disebut dengan fauna tipe Asiatis. Disebut demikian karena karakternya hewan atau fauna yang tersebar di wilayah bagian barat Indonesia ini memiliki kemiripan dengan hewan-hewan Asia. Persebarannya meliputi Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Fauna Indonesia bagian barat memiliki karakteristik khusus yang membedakannya dengan fauna tipe lain di Indonesia. Berikut adalah ciri-ciri dan contoh fauna tipe Asiatis yang berada di wilayah bagian barat Indonesia ini.

1. Spesies Mamalia Berukuran Besar
Spesies mamalia yang hidup di daerah bagian barat Indonesia dan masuk dalam kelompok tipe fauna Asiatis memiliki ciri-ciri ukuran tubuhnya yang relatif besar. Selain itu, di wilayah Indonesia bagian barat ini juga tidak akan dijumpai mamalia berkantung seperti halnya fauna di wilayah Indonesia Timur. Contohnya adalah gajah, banteng, babi, kerbau, rusa dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Beragam Jenis Kera dapat Ditemukan dalam Kelompok Fauna Asiatis
Fauna tipe Asiatis yang tersebar di wilayah barat Indonesia juga banyak terdiri dari spesies kera. Sebut saja misalnya orang utan yang hidup di wilayah Kalimantan, monyet bekantan yang juga hidup di hutan Kalimantan dan berbagai jenis monyet lainnya yang hidup tersebar di hutan Pulau Jawa, Bali, Sumatera dan Kalimantan.

3. Banyak Hewan yang Tergolong Endemik
Yang lebih menarik, fauna yang hidup di bagian barat Indonesia ini kebanyakan juga tergolong sebagai hewan endemik. Artinya hewan atau fauna tersebut tidak akan bisa ditemukan di belahan bumi manapun selain di Indonesia. Sebut saja contohnya, badak bercula satu, harimau Sumatera, tarsius, kukang dan beberapa hewan endemik lainnya.

4. Spesies Burung Memiliki Warna Bulu Kurang Menarik
Berbeda dengan spesies burung yang hidup di bagian timur Indonesia, burung yang hidup di wilayah bagian barat Indonesia memiliki ciri-ciri warna bulunya yang tidak menarik. Namun burung-burung yang tergolong tipe Asiatis ini memiliki kemampuan berkicau yang sangat bagus. Contohnya adalah burung Jalak Bali dan berbagai jenis jalak lainnya , burung elang putih, elang jawa dan jenis-jenis burung lainnya.

5. Spesies Reptil Lebih Bervariasi
Terakhir, fauna tipe Asiatis juga memiliki spesies reptil yang sangat bervariasi. Ada katak, ular, buaya, bunglon dan beberapa jenis reptilia lainnya. Selain itu, jenis ikan yang mendominasi adalah jenis ikan air tawar.

Berdasarkan penjelasan di atas, fauna yang hidup di bagian barat Indonesia dapat dikelompokkan sebagai berikut:

Karakteristik Contoh
Mamalia berukuran besar Gajah, harimau, kerbau
Banyak ditemukan spesies kera Orang utan, bekantan, monyet dll
Burung bersuara merdu namun bulunya tidak indah Burung jalak bali, elang jawa, elang putih
Variasi reptil lebih banyak Ular, bunglon, buaya, kura-kura

Demikian tadi penjelasan tentang fauna Indonesia bagian barat atau yang juga dikenal dengan fauna tipe Asiatis (lihat disini lebih lengkap: Flora dan Fauna di Indonesia). Dengan mengetahui ciri-ciri tersebut, Anda kini bisa membedakan, jenis hewan mana yang hidup di wilayah Indonesia bagian barat ataupun wilayah Indonesia bagian timur.

Fauna Indonesia Bagian Barat : Karakteristik dan Contohnya