Daftar Hewan Langka di Indonesia yang Endemik dan Dilindungi Populasinya

Hewan langka di Indonesia - Indonesia terkenal sebagai negara dengan keragaman hayati yang begitu kaya. Salah satunya adalah keragaman fauna. Sayangnya ada beberapa jenis satwa atau fauna yang sudah masuk dalam kategori langka dan dilindungi. Memang patut dibanggakan bahwa kebanyakan satwa ini termasuk golongan endemik yang hanya bisa ditemukan di Indonesia. Namun, sebagai warga negara Indonesia, patutnya kita menjaga agar satwa-satwa tersebut tidak benar-benar punah. Lantas apa sajakah hewan langka di Indonesia dan juga dilindungi tersebut? Berikut beberapa diantaranya.

Beberapa jenis hewan langka di Indonesia yang dilindungi ini termasuk dalam golongan fauna endemik yang tidak ditemukan di tempat lain. Apa sajakah itu? Berikut daftarnya.

1. Komodo
Jika berbicara tentang fauna langka dan endemik, komodo adalah yang paling terkenal. Habitat asli satu-satunya jenis hewan purba yang masih tersisa ini berada di Pulau Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Pulau Komodo. Untuk melindungi populasinya, pulau tempat hidup komodo ini bahkan dibuat menjadi Taman Nasional. Hingga tahun 2017, jumlah populasi komodo di habitat aslinya hanya berjumlah 3.012 ekor.

2. Orang Utan
Hewan langka dan hanya bisa ditemukan di Indonesia selanjutnya adalah orang utan. Satwa ini termasuk dalam keluarga primata dengan ciri fisik yang mirip dengan manusia. Orang utan ini hanya bisa ditemukan di hutan Indonesia. Kebanyakan tersebar di hutan Kalimantan dan sisanya di Sumatera. Sayangnya, karena ulah manusia yang tak bertanggung jawab merusak tempat tinggal mereka dengan membakar hutan (lihat tentang: penyebab kebakaran hutan) dan melakukan pembalakan, populasi orang utan di Indonesia pun semakin berkurang.

3. Badak Bercula Satu
Badak bercula satu merupakan satwa langka selanjutnya yang hanya terdapat di Indonesia. Badak bercula satu ini adalah salah satu dari 5 spesies badak yang masih bisa ditemukan di bumi. Spesies badak bercula satu sendiri hanya bisa ditemukan di Jawa, tepatnya di daerah Ujung Kulon. Untuk melindungi habitat aslinya, tempat badak ini tinggal kemudian dibuat taman nasional yang dilindungi.

4. Burung Cenderawasih
Dari spesies unggas, Burung Cendrawasih adalah satwa langka sekaligus endemik yang hanya bisa ditemukan di Indonesia, khususnya Papua. Karena kecantikannya, burung ini pun mendapat sebutan burung surga. Sama seperti satwa langka lainnya, habitat asli burung cendrawasih juga dijadikan taman nasional untuk tetap menjaga kestabilan populasinya.

5. Harimau Sumatera
Nasib tak kalah memprihatinkan terjadi pada harimau Sumatera. Meskipun sudah dinobatkan sebagai satwa yang dilindungi, namun populasinya terus berkurang di alam. Hingga saat ini di habitat aslinya, spesies harimau yang hanya ada di Sumatera ini bahkan hanya tinggal 300-500 ekor saja.

Untuk lebih memahami tentang berbagai jenis hewan langka dan endemik yang dilindungi di Indonesia, tabel berikut akan membantu Anda memudahkan informasi satwa-satwa langka tersebut.

Jenis Spesies Habitat Asli
Komodo Taman Nasional Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur
Orang Utan Hutan di Pulau Suumatera dan Kalimantan
Badak Bercula Satu Taman Nasional Ujung Kulon, Provinsi Banten
Burung Cendrawasih Pulau Papua
Harimau Sumatera Pulau Sumatera

Itulah tadi daftar 5 hewan langka di Indonesia yang sekaligus berstatus sebagai satwa endemik Indonesia. Sebagai warga negara Indonesia, sudah sepatutnya kita turut mengambil peran dalam melestarikan keanekaragaman hayati ini agar tidak punah. Terus mengkampanyekan larangan penggundulan hutan dan pembukaan lahan secara liar adalah salah satu yang paling sederhana. Namun, dengan cara sederhana ini juga bisa berperan untuk mengembalikan fungsi hutan sebagai habitat dari satwa-satwa langka tersebut.

Daftar Hewan Langka di Indonesia yang Endemik dan Dilindungi Populasinya