Contoh Fauna Indonesia Bagian Timur yang Khas, Lengkap dengan Karakteristik dan Persebarannya

Fauna Khas Indonesia Bagian Timur - Keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia memang sudah tak perlu lagi diragukan. Bentuk geografi Indonesia yang bervariasi juga membuat keanekaragaman hayati Indonesia sangat bervariasi. Sebut saja yang paling mudah dilihat adalah flora dan fauna. Flora dan fauna di Indonesia memiliki tipe yang beragam dari mulai wilayah Indonesia paling barat hingga paling timur. Anda mungkin juga sudah tahu jika flora dan fauna di Indonesia terbagi ke dalam 3 wilayah, yaitu flora dan fauna tipe Asiatis, peralihan dan Australis. Ketiganya memiliki karakteristik yang berbeda pula tergantung wilayahnya. Nah, kali ini akan dibahas secara lengkap fauna Indonesia bagian timur atau yang dikenal dengan fauna tipe Australis.

Flora dan fauna Indonesia bagian timur lebih dikenal dengan tipe fauna Australis karena memiliki karakteristik sama dengan fauna yang ada di Benua Australia. Daerah penyebarannya yaitu semua kepulauan di timur Indonesia mulai dari Kepulauan Maluku hingga Papua. Ada beberapa contoh jenis fauna Australis ini yang sangat terkenal, bahkan menjadi ikon fauna Indonesia.

Sebelumnya, Anda juga harus mengetahui karakteristik dari fauna tipe Australis ini. Diantaranya adalah banyaknya binatang menyusui atau mamalia yang berukuran kecil. Untuk jenis burung, karakteristiknya adalah bulu warna warni yang cantik serta banyak terdapat binatang berkantung. Fauna timur spesies pisces atau ikan jarang ditemukan ikan-ikan air tawar. Dari ciri-ciri tersebut, ada beberapa contoh diantaranya yang mungkin sudah tidak asing bagi Anda.

1. Kangguru
Jika berbicara tentang fauna Australis, maka tak akan lengkap jika tidak menyebutkan kanguru. Jenis fauna ini memenuhi ciri-ciri yang disebutkan di atas, yaitu memiliki kantung. Fauna ini bisa ditemukan di daerah Papua, dengan ciri-ciri yang sedikit berbeda dengan kanguru di Australia. Kanguru Papua memiliki ukuran yang lebih kecil.

2. Burung Cendrawasih
Dari spesies burung, contoh fauna Indonesia Timur atau tipe Australis yang paling terkenal adalah Burung Cendrawasih. Sama seperti ciri-ciri fauna Australis bertipe burung, cendrawasih memiliki karakteristik bulu berwarna-warni yang indah. Menariknya, warna bulu yang indah ini hanya dimiliki oleh burung cendrawasih jantan.

3. Tarsius
Berdasarkan ciri-ciri fauna Australis yang disebutkan di atas, salah satu karakteristiknya adalah mamalia berukuran kecil. Hewan Tarsius ini adalah satu dari banyak contoh mamalia kecil yang tersebar di wilayah Indonesia bagian timur. Tarsius memiliki sifat unik, yaitu pemalu. Hewan ini hanya memiliki berat 80 gram dengan mata besar yang sangat menggemaskan. Namun meskipun demikian hewan ini cukup jinak. Persebarannya ada di hutan-hutan di Provinsi Sulawesi Utara sampai Selatan.

4. Ikan Hiu
Yang terakhir dari spesies ikan ada ikan hiu. Persebarannya ada di Pulau Papua. Spesies ikan di wilayah Indonesia Timur kebanyakan adalah spesies ikan air laut dan jarang ditemukan spesies ikan air tawar.

Berdasarkan penjelasan tersebut, fauna tipe Australis di Indonesia dapat dikelompokkan seperti dalam tabel berikut.
Spesies Contoh
Mamalia Tarsius, kuskus, anoa, kanguru
Burung Burung cendrawasih, burung maleo, burung kasuari
Ikan Ikan hiu

Persebaran fauna di Indonesia sangat bervariasi karena adanya pembagian tipe fauna berdasarkan wilayahnya. Dengan adanya persebaran ini, fauna Indonesia memiliki karakteristik khusus yang berbeda-beda di setiap wilayahnya. Beberapa fauna di atas adalah beberapa contoh fauna Indonesia bagian Timur atau fauna tipe Australis.

Contoh Fauna Indonesia Bagian Timur yang Khas, Lengkap dengan Karakteristik dan Persebarannya