Inilah Karakteristik Benua Australia Yang Penting Untuk Kamu Ketahui!

Karakteristik Benua Australia - Berdasarkan sejarahnya, penduduk asli Benua Australia adalah suku Aborigin yang oleh karena ekspansi dan eksplorasi dari bangsa Eropa suku tersebut pada akhirnya tersingkir. Pada awalnya benua australia hanya merupakan tanah jajahan inggris yang pada akhirnya dimasukkan menjadi salah satu negara persemakmuran Inggris. Yuk, mengenal karakteristik benua ini.

Salah satu ciri khas benua australia ialah merupakan benua paling kecil (8,6 juta km2) diantara benua-benua yang ada di dunia, ini bahkan lebih kecil dari benua antarktika yang berada di kutub selatan bumi. Benua Australia seringkali disebut juga sebagai "benua negara" karena dominan daratan utamanya masuk dalam wilayah negara Australia (ketahui letak astronomis negara Australia).

Satu hal penting yang membuat kita harus mengetahui ciri-ciri Benua Australia ini adalah karena letaknya yang sangat dekat dengan Indonesia, dengan maksud untuk kepentingan geopolitik kita nantinya, jadi lihat juga gambar Peta Indonesia yang posisi sebelah selatan dan timurnya berbatasan dengan Benua Australia.

Fakta ringkas mengenai karakteristik Benua Australia antara lain adalah :
  1. Benua Australia adalah benua yang terletak pada 10°LS – 43°LS dan 113°BT – 155° BT.
  2. Merupakan benua terkecil di dunia.
  3. Bentang alamnya di bagian barat berupa dataran tinggi plato, bagian timur merupakan gurun pasir, dan bagian tengah merupakan dataran rendah.
  4. Iklimnya pada umumnya bersifat tropis, subtropis dan iklim sedang ataupun bervariasi dibeberapa tempat mengalami iklim muson, iklim gurun dan iklim laut.
  5. Memiliki sumber daya mineral yang melimpah seperti emas, batubara, bauksit, pasir dan bijih besi, serta minyak bumi.
  6. Suku bangsa ataupun ras penghuninya adalah aborigin, melanesia, polinesia, eropa, dan asia.
  7. Jika tanpa Oseania, maka benua ini satu-satunya benua dengan julukan "Benua Negara".


Untuk lebih detailnya menyangkut fakta ringkas diatas, dibawah ini merupakan penjelasan lengkapnya.

Karakteristik Umum Benua Australia

Luas Benua Australia kurang lebih 8,6 juta km persegi sehingga benua ini disebut sebagai benua terkecil di dunia. Jumlah penduduk Australia mencapai hingga 35.000.000 jiwa.

Untuk kawasannya benua Australia sebenarnya terdiri atas 2 kawasan yaitu kawasan daratan utama Australia dan Kawasan Oceania. Untuk lebih memahami posisi benua ini pada peta dunia lihat artikel sebelumnya mengenai Peta Benua Australia.

Jika dilihat tanpa Oceania maka hanya terdapat satu negara besar pada Benua Australia yaitu negara Australia. Sedangkan jika digabungkan dengan kawasan Oceania maka totalnya ada 15 negara berdaulat dalam wilayah tersebut.

Dilihat dari kondisi ekonominya Australia dan Selandia Baru saja yang tergolong negara maju. Sedangkan untuk semua negara lainnya di kawasan Oceania merupakan negara miskin hingga negara berkembang.

karakteristik benua australia

Ciri-Ciri Benua Australia Lainnya

Beberapa karakteristik Benua Australia meliputi luas wilayahnya, letak astronomis dan geografis, batas wilayah, keadaan alam, iklim benua serta keadaan penduduknya telah disebutkan diatas.

Berikut ini merupakan ciri ciri Benua Australia diantaranya yaitu:
  1. Luas wilayah Benua Australia yaitu 8,6 juta km persegi.
  2. Jumlah penduduknya mencapai kurang lebih 35.000.000 jiwa.
  3. Kepadatan Penduduk Benua Australia 4,2 jiwa per km persegi.
  4. Memiliki 2 negara besar yaitu Australia dan Papua Nugini.
  5. Jika Oceania termasuk kawasan Benua Australia maka 14 negara di Oceania termasuk sebagai negara di dalam Benua Australia.


Letak, Bentang Alam dan Iklim

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa letak astronomis Benua Australia berada pada 10° LS-43°LS dan 113° BT-155° BT. Secara geografis, benua ini berada di belahan bumi bagian selatan dan letaknya yaitu diantara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Jika membahas tentang batasan wilayahnya maka batas wilayah Benua Australia yaitu sebagai berikut:
  • Sebelah Utara berbatasan dengan Indonesia, Laut Arafuru, dan Laut Timor.
  • Sebelah barat berbatasan dengan Samudera Hindia.
  • Sebelah timur berbatasan dengan Samudera Pasifik.
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Hindia.

Bentang alam yang merupakan ciri khas Benua Australia yang lainnya yaitu di sebelah barat terdapat gurun Victoria dan gurun Gibson yang merupakan salah satu gurun terluas di dunia. Selain gurun, ada banyak pengunungan misalnya Mac Donald dan pegunungan Musgrave.

Untuk wilayah Australia bagian timur terdapat barisan gunung yang memanjang dengan sebutan The Great Divide Range. Sedangkan untuk wilayah bagian tengahnya terdiri dari plato barat dan pegunungan timur. Untuk wilayah tengahnya, terdapat daratan rendah dan lembah sungai yang terkenal dengan sebutan Murray-Darling dan lembah danau Eyre.

Selain bentang alam yang khas, benua ini juga memiliki ciri khas iklim yang bervarasi hampir disemua bagian wilayahnya. Macam-macam jenis iklim yang ada di benua Australia adalah sebagai berikut:
  • Wilayah Benua Australia bagian utara mengacu ke Oseania pada umumnya memiliki iklim tropis.
  • Wilayah Australia bagian selatan beriklim subtropis.
  • Wilayah Australia di daerah pegunungannya memiliki iklim gurun.
  • Wilayah Australia di daerah Victoria dan Tasmania beriklim laut.


Demikian info untuk mengenal lebih jauh tentang karakteristik Benua Australia. Penting diingat bahwa Benua Australia merupakan benua unik dengan sebutan "Benua Negara" (jika tanpa Oseania) karena sebagian besar daratan utamanya masuk dalam negara Australia.

Selain itu, Benua Australia di kategorikan sebagai benua paling terkecil di dunia karena benua ini hanya memiliki luas kurang lebih 8,6 Juta km persegi. Namun jangan salah, populasi penduduk yang tinggal disana tidak dapat dikatakan sedikit, karena mencapai sekitar 35 juta jiwa.

Yang sering ditanyakan yaitu Sebutkan Karakteristik Benua Australia ?
Karakteristik dari Benua Australia adalah:
  1. Terletak pada posisi geografi 10°LS – 43°LS dan 113°BT – 155° BT.
  2. Berbatasan dengan laut timor, laut arafuru, samudera hindia, dan samudera pasifik.
  3. Bentang alam berupa dataran tinggi, dataran rendah dan gurun.
  4. Beriklim tropis, subtropis dan sedang.
  5. Memiliki sumber daya mineral yang melimpah.
  6. Dihuni oleh suku atau ras Aborigin, Polinesia, Melanesia, Eropa dan Asia.
  7. Populasi penduduk sekitar 35 juta jiwa dengan kepadatan penduduk 4,2 jiwa per km2.
  8. Merupakan benua terkecil di dunia.


Soal yang terjawab oleh pembahasan ini adalah : jelaskan karakteristik benua australia, karakteristik benua australia ialah apa, sebutkan karakteristik benua australia, sebutkan ciri-ciri benua australia, jelaskan ciri ciri benua australia, apa ciri khas benua australia, tuliskan karakteristik benua australia, apa saja karakteristik benua australia.
Update: Agustus 2021.
LihatTutupKomentar