Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Negara Australia serta Keuntungannya

batas batas geografis dan astronomis wilayah australia
Australia, siapa yang tidak mengenal negara yang populer dengan hewan kangurunya ini. Negara Australia ini adalah salah satu negara yang bersebelahan dengan Indonesia secara geografis. Terletak di belahan bumi selatan dan berada di bagian timur bumi, negara Australia memiliki karakteristik khusus yang membedakannya dengan negara lain di dunia, bahkan dengan Indonesia sekalipun yang tergolong cukup dekat dengannya.

Berikut ini adalah penjelasan tentang letak geografis dan astronomis dari negara Australia beserta keuntungan yang diperolehnya dari letak tersebut. Maksud dan tujuan pembelajaran ini adalah mengidentifikasi batas batas geografis dan astronomis dari wilayah Australia. Tetapi sebelumnya, untuk lebih memahami letak Australia dalam peta dunia, lihat disini secara lengkap artikel Peta Benua Australia-Oceania.

Letak Astronomis Australia

Yang pertama harus diketahui saat mempelajari sebuah negara adalah letak astronomisnya. Letak astronomis ini adalah letak atau posisi suatu negara dilihat berdasarkan posisi negara tersebut pada garis lintang dan garis bujur. Letak astronomis inilah yang nantinya menentukan iklim, cuaca bahkan kondisi sosial budaya masyarakatnya. Secara astronomis, Australia terletak pada posisi sebagai berikut:
  • Karena terletak di belahan bumi bagian selatan maka posisi negara Australia pada garis lintang terletak pada titik antara 10°41’ LS (Lintang Selatan) - 43°39’ LS (Lintang Selatan).
  • Sudah dijelaskan sebelumnya jika Australia berada di bagian timur bumi, dengan begitu posisi Australia pada garis bujur adalah berada antara 113°9’ BT (Bujur Timur) - 153°39’ BT (Bujur Timur).

Letak Geografis Australia

Letak geografis suatu negara adalah posisi suatu negara dilihat secara nyata di bumi. Selain dilihat dari posisi atau letaknya secara nyata di bumi, letak geografis biasanya juga ditandai dengan adanya batas fitur geografi yang ada di bumi ataupun wilayah atau juga daerah yang paling dekat maupun berbatasan langsung dengannya.

Pada sub pembahasan mengenai letak secara geografis ini, diharapkan kita dapat mengindentifikasi batas-batas geografis dari wilayah Australia. Untuk letak geografis Australia sendiri berada di bagian bumi selatan dan berada di antara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Secara geografis, Australia juga bisa dilihat berdasarkan batas-batas wilayahnya sebagai berikut:
  • Utara : berbatasan langsung dengan Laut Timor, Laut Arafuru, Selat Flores, negara Indonesia dan Papua Nugini
  • Selatan: berbatasan langsung dengan Samudera Hindia
  • Timur: samudera Pasifik, Laut Tasman dan Laut Koral
  • Barat: Samudera Hindia

Lihat disini tampilan Peta Indonesia Lengkap dan Peta Papua Nugini untuk memahami letak geografis Australia.

Letak Geologis Australia

Berdasarkan letak geologisnya, Australia berada pada barisan pegunungan Great Dividing range yang memanjang dari daerah Tanjung York hingga Pulau Tasmania. Rangkaian pegunungan yang dimaksud ini terdiri dari Pegunungan Alpen dan Pegunungan New England Range dengan puncak tertingginya berada di Gunung Kosciusco.

Sedangkan di bagian barat, geologis Australia terdiri dari dataran tinggi yang sering disebut dengan Perisai Australia. Namun, sebagian besar wilayah tengah dan barat Australia didominasi oleh gurun pasir luas yang terkenal, yaitu Gurun Gibson dan Gurun Victoria.

Diantara barisan pegunungan plato barat dan pegunungan timur itu, terdapat sebuah lembah dan dataran rendah serta rangkaian batu karang yang juga menjadi karakteristik benua australia. Lembah yang dimaksud itu adalah Lembah Murray-Darling sedangkan dataran rendahnya adalah dataran rendah Danau Eyre. Rangkaian terumbu karang yang menjadi pelindung Australia dari pengaruh gelombang itu terkenal dengan nama Great Barrier Reef.

Keuntungan Letak Geografis Australia

Dengan kondisi geografis yang sudah disebutkan di atas, tentu memberikan keuntungan tersendiri bagi Australia. Keuntungan itu antara lain:

1. Kondisi Alam yang Bervariasi
Kondisi alam di Australia cukup beragam mulai dari dataran tinggi, dataran rendah, gurun dan pegunungan. Bisa dibilang kondisi alam di Australia memiliki ciri khas dan keunikan yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata.

2. Keanekaragaman Flora dan Fauna
Pengaruh kondisi geografis Australia juga mempengaruhi keragaman flora dan fauna. Flora di Australia didominasi oleh Stepa dan Sabana. Sedangkan faunanya didominasi oleh tipe fauna seperti Kanguru, Koala dan Burung Unta.

Q: Sebutkan dan jelaskan batas batas geografis dari wilayah Australia?
A: Sebelah utara berbatasan dengan Laut Arafuru, Laut Timor, Selat Flores, negara Papua Nugini dan Indonesia. Sebelah barat dan selatan dibatasi oleh Samudera Hindia. Sedangkan di sebelah timur berbatasan langsung dengan Laut Koral, Laut Tasman dan Samudera Pasifik.