Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Benua Asia serta Keuntungannya

Dunia terbagi menjadi 7 benua. Tiap benua tentu memiliki ciri dan juga karakteristik yang berbeda-beda. Benua terbesar di dunia yakni benua Asia. Di samping benua Asia, masih ada benua Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Afrika, Australia dan juga Antartika. Jika Cina merupakan negara dengan penduduk terbanyak di dunia, maka benua Asia menjadi benua dengan populasi terbesar di dunia yakni dengan 4,462 miliar jiwa (lihat secara lengkap Peta Asia).

Letak Astronomis Benua Asia

Seperti yang sudah dijelaskan di awal dimana benua Asia adalah benua yang terbesar di dunia. Luasnya sendiri adalah mencapai 44,57 juta km2. Di benua Asia ini, ada total 54 negara dimana 48 diantaranya adalah negara anggota dari PBB. Berikut ini letak astronomis benua Asia:
  • Dari segi garis lintangnya, benua Asia berada di 77 derajat Lintang Utara sampai 11 derajat Lintang Selatan.
  • Dari segi garis bujurnya, benua Asia berada di 26 derajat Bujur Timur sampai 169 derajat Bujur Timur.

letak astronomis, geografis, dan geologis benua asia

Letak Geografis Benua Asia

Benua Asia memiliki penduduk yang jumlahnya paling besar diantara benua lainnya. Penduduknya sendiri berasal dari berbagai macam ras mulai dari ras mongoloid, melayu, kaukasoid, negroid hingga ras europoid. Berikut ini letak geografis benua Asia:
  • Di bagian utara, benua Asia berbatasan langsung dengan Samudera Arktik.
  • Di bagian Barat, benua Asia berbatasan langsung dengan Laut Tengah, Laut Merah dan Pegunungan Ural.
  • Di bagian Timur, benua Asia berbatasan langsung dengan Laut Bering dan Samudera Pasifik.
  • Di bagian Selatan, benua Asia berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Letak Geologis Benua Asia

Benua Asia mempunyai karakteristik khas yakni untuk tempat tertingginya ada di Gunung Everest dan tempat terendahnya ada di Laut Mati. Untuk palung terdalam yang ada di benua Asia adalah di palung Mindanao yang berlokasi di negara Filipina. Berikut ini letak geologis benua Asia:
  • Dataran rendah utara yakni gabungan 3 lembah dari sungai besar yaitu sungai Yenisai, sungai Lena dan sungai Ob. Wilayahnya mayoritas ada di Siberia.
  • Dataran lipatan di pegunungan muda dimana lokasinya ada di bagian tengah benua Asia. Dataran ini membentuk segitiga dan menjadi bagian rangkaian pegunungan lipatan Mediterania.
  • Plateau tua yang ada di kawasan selatan. Kawasan ini terdiri dari batuan tua kristalin nan keras misalnya batuan granit.
  • Lembah serta sungai besar yang terletak di kawasan antara plato tua dan pegunungan lipatan muda. Kawasan ini relatif subur. Lokasinya diantaranya ada di dataran rendah Hindustan, Mesopotamia, lembah sungai Yangtze hingga sebelah sungai Huang Ho (lihat disini sungai terpanjang di dunia).

Keuntungan Letak Geografis Benua Asia

Benua Asia memiliki iklim yang berbeda-beda di tiap kawasannya mulai dari iklim tropis, subtropis basah, iklim sedang, iklim gurun hingga iklim kutub. Hal ini karena tiap negara yang ada di benua Asia memiliki karakteristik daerahnya sendiri. Berdasarkan lokasinya, berikut ini beberapa keuntungan letak geografis benua Asia:
  • Benua Asia berbatasan dekat dengan benua Australia, benua Eropa dan Afrika dimana menjadikannya jalur perdagangan yang sempurna.
  • Lantaran sebagian besar lahan di benua Asia terkenal subur, maka pertanian pun seolah menjadi kekuatan utama penduduknya.
  • Minyak bumi (lihat disini daerah penghasil minyak bumi) juga banyak dihasilkan dari benua ini. Beberapa kawasan penghasil minyak bumi di benua Asia mulai dari kawasan Timur Tengah, Brunei Darussalam dan juga Indonesia.

Itulah ulasan singkat terkait benua Asia dan seluk beluknya. Negara Indonesia sendiri ada di benua Asia ini sehingga informasi terkait benua Asia tentunya penting untuk diketahui.

Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Benua Asia serta Keuntungannya