Peta Benua Australia/Oceania Lengkap dengan Negara, Batas Wilayah, Sumber Daya Alam dan Keterangan Gambar Lainnya

Pada peta dunia, Benua Australia dan Oceania terletak di bagian selatan dan timur Indonesia, dibatasi oleh Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Benua ini mencakup wilayah Australia, Melanesia, Polinesia dan Mikronesia. Diantara benua asia, afrika, eropa, amerika selatan dan amerika utara, benua inilah yang merupakan benua terkecil. Saat ini sebagian besar ahli geografi mempertimbangkan bahwa Benua Australia yang sebelumnya sudah ditetapkan sebagai benua agar bisa didefinisikan sebagai Benua Australia/Oceania.

Benua ini secara kolektif menggabungkan semua wilayah Australia, Selandia Baru, Papua Nugini, serta ribuan atol (karang) dan pulau-pulau vulkanik di Lautan Pasifik Selatan, termasuk kelompok Melanesia dan Polinesia. Selain itu, benua ini juga mencakup Mikronesia, kelompok pulau yang tersebar luas yang membentang di sepanjang sisi utara dan selatan Khatulistiwa.

Letak Benua Australia/Oceania pada Peta Dunia

peta letak benua australia-oceania

Untuk memudahkan pencarian peta lainnya, silahkan menuju ke laman indeks peta dunia DISINI.

Peta Australia/Oceania Lengkap dengan Keterangannya

peta benua australia-oceania
Negara-negara di Benua Australia/Oceania: Australia, Federasi Mikronesia, Fiji, Kepulauan Marshall, Kepulauan Solomon, Kiribati, Nauru, Palau, Papua Nugini, Samoa, Selandia Baru, Tonga, Tuvalu, Vanuatu.

Wilayah Persemakmuran di Benua Australia/Oseania

Wallis dan Futuna (Prancis), Tokelau (Selandia Baru), Samoa Amerika (Amerika Serikat), Pulau Wake (Amerika Serikat), Pulau Paskah (Chili), Pulau Norfolk (Australia), Polinesia Prancis (Prancis), Niue (Selandia Baru), Kepulauan Pitcairn (Inggris), Kepulauan Mariana Utara (Amerika Serikat), Kepulauan Cook (Selandia Baru), Kepulauan Ashmore dan Cartier (Australia), Kaledonia Baru (Prancis) dan Guam (Amerika Serikat).

Kota Penting di Benua Australia/Oseania

Beberapa kota penting dan besar di Benua Australia/Oceania adalah Apia, Canberra, Funafuti, Honiara, Majuro, Melekeok, Nuku'alofa, Palikir, Port Moresby, Port Vila, South Tarawa, Suva, Wellington dan Yaren.

Sumber Daya Alam Australia/Oceania

Australia/Oceania memiliki banyak sumber daya alam bahan bakar termasuk batubara, gas alam dan hydropower. Selain itu ada juga bijih besi, emas, pasir, batu kapur dan kayu.

Peta Benua Australia/Oceania Lengkap dengan Negara, Batas Wilayah, Sumber Daya Alam dan Keterangan Gambar Lainnya