Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Benua Amerika dan Keuntungannya

Amerika adalah salah satu benua besar yang ada di dunia ini. Benua Amerika ini terbagi dalam dua bagian, yaitu Amerika Selatan dan Amerika Utara. Wilayah Benua Amerika membentang dari bagian utara hingga ke selatan (lihat disini Peta Benua Amerika Selatan dan Peta Benua Amerika Utara).

Benua yang ditemukan oleh Christopher Colombus pada tahun 1496 ini terdiri dari banyak negara yang sebagian besar termasuk dalam negara maju. Nah, untuk semakin mengenal benua ini berikut adalah informasi tentang letak astronomis, letak geografis dan letak geologis dari benua Amerika serta keuntungannya.

Letak Astronomis Benua Amerika

Posisi atau letak suatu negara pada garis yang membelah bumi menjadi 2 bagian baik secara vertikal maupun horizontal akan sangat berpengaruh pada kondisi negara atau benua tersebut. Seperti misalnya yang terjadi pada Benua Amerika.

Salah satu dampak dari letak sebuah benua pada garis lintang dan bujur adalah kondisi iklim pada benua atau negara tersebut. Inilah yang terlihat pada Benua Amerika. Kondisi iklim Benua Amerika (lihat jenis jenis iklim) yang bevariasi ini juga merupakan pengaruh dari letak astronomisnya sebagai berikut:
  • Benua Amerika terletak pada posisi 83°LU - 55°LS
  • Letak Benua Amerika pada garis bujur, 10°BB - 170°BB

Lihat juga disini mengenai Letak Astronomis Benua Asia

letak astronomis, geografis, dan geologis benua amerika

Letak Geografis Benua Amerika

Selain letak astronomis yang berhubungan dengan letak suatu negara atau benua berdasarkan garis lintang dan garis bujurnya, letak geografis juga memiliki peran penting. Letak geografis ini adalah penampakan secara nyata suatu negara atau benua di permukaan bumi. Untuk Benua Amerika sendiri, letak geografisnya diapit oleh beberapa samudra.

Benua Amerika yang memiliki luas wilayah kurang lebih sebesar 42.188.586 km2 ini secara geografis terletak di belahan bumi bagian barat. Secara geografis Benua Amerika terletak diantara beberapa perairan besar seperti di bawah ini:
  • Utara: berbatasan langsung dengan Laut Arktik (laut es utara)
  • Selatan: berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik
  • Barat: berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik
  • Timur: berbatasan langsung dengan Samudera Atlantik

Letak Geologis Benua Amerika

Secara geologis, Benua Amerika diapit oleh barisan pegunungan yang membentang dari utara hingga ke bagian selatan. Di Benua Amerika bagian barat terdapat pegunungan Rocky kemudian terus membujur hingga ke selatan ada Pegunungan Sierra Nevada serta Pegunungan Cascade. Untuk deretan pegunungan yang membentang di sepanjang Benua Amerika ini tergolong sebagai deretan Sirkum Pasifik dimana deretan pegunungan ini masih memiliki beberapa gunung api dengan status yang masih aktif.

Sedangkan di bagian timurnya ada rangkaian pegunungan yang membentang dari selatan menuju ke utara, yaitu Pegunungan Alleghany dan Pegunungan Appalachia. Diantara deretan pegunungan itu juga terdapat dataran tinggi dan dataran rendah serta danau, sungai dan gurun pasir yang cukup besar.

Keuntungan Letak Geografis Benua Amerika

Berdasarkan kondisi dan letak geografisnya, Benua Amerika cukup diuntungkan dalam beberapa hal. Selain itu, Benua Amerika juga memiliki ciri khas yang membedakannya dengan benua-benua lainnya, seperti beberapa hal di bawah ini:

1. Keanekaragaman Flora dan Fauna
Letak geografis Benua Amerika membuatnya memiliki flora dan fauna yang beraneka ragam. Sebut saja misalnya adanya hutan iklim sedang, hutan tropis (lihat juga hutan hujan tropis), tundra hingga padang pasir. Sedangkan untuk fauna, ada banyak jenis fauna khas yang hanya bisa ditemukan di wilayah Benua Amerika.

2. Beberapa Penampakan Alamnya Menjadi Destinasi Wisata Menarik
Ada beberapa penampakan alam yang hanya bisa ditemui di Benua Amerika seperti air terjun tertinggi (lihat air terjun tertinggi di dunia), terusan terbesar, padang pasir, ngarai terbesar dan masih banyak lagi. Penampakan ini kemudian banyak menjadi destinasi yang menarik wisatawan.

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang letak astronomis, geografis dan geologis Benua Amerika. Berdasarkan letak-letak tersebut tentu memberi keuntungan tersendiri bagi negara-negara di Benua Amerika seperti yang dijelaskan di atas.

Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Benua Amerika dan Keuntungannya