Peta Benua Amerika Selatan Lengkap dengan Negara, Batas Wilayah, Sumber Daya Alam dan Keterangan Gambar Lainnya

Pada peta dunia, Benua Amerika Selatan terletak di bagian selatan Benua Amerika Utara, dan berada di antara Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik. Benua ini memiliki wilayah seluas 17.840.000 km2 atau hampir 11,98% dari total luas daratan di Bumi. Dengan luas daratan yang demikian maka Benua Amerika Selatan ini menempati urutan ke-4 sebagai benua terbesar di dunia setelah Asia, Afrika, dan Amerika Utara.

Benua Amerika Selatan hampir dua kali lebih besar dari Benua Eropa, dan sedikit lebih besar dari wilayah Negara Rusia. Benua ini memiliki jumlah penduduk lebih dari 420.458.044 jiwa, dengan kepadatan rata-rata penduduk 21 orang per km2. Setidaknya ada 13 negara yang ada di Benua Amerika Selatan ini.

Letak Benua Amerika Selatan pada Peta Dunia

peta letak benua amerika selatan

Untuk memudahkan pencarian peta lainnya, silahkan menuju ke laman indeks peta dunia DISINI.

Peta Amerika Selatan Lengkap dengan Keterangannya

peta benua amerika selatan lengkap dengan keterangan
Negara-negara di Benua Amerika Selatan: Venezuela, Uruguay, Suriname, Peru, Paraguay, Kolombia, Guyana Prancis, Guyana, Ekuador, Chili, Brazil, Bolivia, Argentina.

Kota Penting di Benua Amerika Selatan

Beberapa kota penting dan besar di Benua Amerika Selatan adalah Valparaiso, Teresina, Sucre, Sao Paulo, Sao Luis, Santiago, Santa Fe, Santa Cruz, San Miguel de Tucuman, Salvador, Salta, Rosario, Rio De Janeiro, Recife, Quito, Porto Alegre, Paramaribo, Montevideo, Merida, Medellin, Maturin, Maracaibo, Mar del Plata, Manizales, Manaus, Londrina, Lima, La Paz, Ibague, Guayaquil, Goiania, Georgetown, Fortaleza, Curitiba, Cuiaba, Cuenca, Cucuta, Cordoba, Concepcion, Cochabamba, Cayenne, Cartagena, Caracas, Cali, Buenos Aires, Brasilia, Bogota, Belo Horizonte, Belem, Asuncion.

Wilayah Strategis di Amerika Selatan

Sungai Amazon di Brasil, Samudra Atlantik, Cordillera de los Andes di sepanjang pantai timur, Danau Maracaibo di Venezuela, Danau Titicaca antara Peru dan Bolivia, Laguna Mar Chiquita di Argentina, Samudra Pasifik, Sungai Parana di Brasil, Rio de la Plata antara Uruguay dan Argentina dan Salar de Uyuni di Brasil.

Sumber Daya Alam Amerika Selatan

Amerika Selatan memiliki sejumlah besar sumber daya alam. Silakan melihat daftar sumber daya alam negara-negara yang ada di benua Amerika Selatan (pada tautan di atas) untuk memperoleh informasi yang lebih spesifik.

Peta Benua Amerika Selatan Lengkap dengan Negara, Batas Wilayah, Sumber Daya Alam dan Keterangan Gambar Lainnya