Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Negara Belanda serta Keuntungannya

Jika mendengar nama negara Belanda, maka pastinya masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi. Hal ini lantaran negara ini pernah menjadi bagian dari sejarah panjang Indonesia untuk bisa merdeka dari penjajahannya. Namun, itu sudah menjadi masa lalu. Kini hubungan Indonesia dengan Belanda sudah sangat baik dalam hal kerjasama. Belanda ada di benua Eropa (lihat disini Peta Benua Eropa) dan dikenal dengan Negeri Kincir Angin. Ibukota negara Belanda adalah di Amsterdam.

Letak Astronomis Belanda

Perlu diketahui jika nama resmi dari negara Belanda adalah Koninkrijk der Nederlanden. Selain dikenal dengan Negeri Kincir Angin, Belanja juga dikenal dengan Negeri Bunga Tulip. Bahkan negara ini juga dikenal dengan sebutan Negeri Seribu Tanggul lantaran banyaknya tanggul raksasa dengan fungsi untuk bisa menahan air laut (lihat Peta Belanda). Letak astronomis Belanda adalah:
  • Garis lintang: 50 derajat Lintang Utara sampai 53 derajat Lintang Utara.
  • Garis bujur: 3 derajat Bujur Timur hingga 7 derajat Bujur Timur.

letak astronomis, geografis dan geologis belanda

Letak Geografis Belanda

Belanda juga memiliki sebutan lain yang dikenal di seluruh dunia yakni Holland. Ternyata kata ini berasal dari kata Houtland yang bermakna tanah hutan serta Nederland yang maknanya adalah tanah rendah. Memang setengah lebih dari wilayah negara Belanda ada di bawah permukaan air laut serta air sungai Rijn, sungai Schelde dan juga sungai Mass (lihat rantai makanan di sungai). Luas negara ini adalah 41.160 km2. Negara Belanda berbatasan langsung dengan beberapa negara. Berikut ini letak geografis Belanda:
  • Wilayah Belanda utara langsung berbatasan dengan Laut Utara.
  • Wilayah Belanda selatan langsung berbatasan dengan negara Belgia.
  • Wilayah Belanda timur langsung berbatasan dengan negara Jerman.
  • Wilayah Belanda barat langsung berbatasan dengan Laut Utara.

Lihat disini tampilan Peta Belgia dan Peta Jerman untuk memahami letak geografis Belanda.

Letak Geologis Belanda

Belanda dikenal sebagai negara yang amat bersih dan indah. Iklim yang ada di Belanda yakni lunak saat musim dingin serta hangat ketika musim panas (lihat juga tentang iklim tropis). Hal ini adalah karena pengaruh arus teluk sehingga temperatur tahunan di negeri ini sekitar 10 derajat celcius. Iklim ini tentu juga pengaruh dari letak geologis Belanda. Berikut ini beberapa hal penting yang perlu diketahui:
  • Wilayah Belanda sebagian besar ada di bawah permukaan air. Daerah yang ada di bawah permukaan air ketika laut pasang dibuat menjadi daratan lantaran pembangunan tanggul atau dikenal dengan perisai bukit pasir. Selain itu daerah ini juga menggunakan pompa bertenaga kincir angin serta pompa dengan tenaga uap serta mesin diesel. Untuk luas wilayahnya adalah sekitar 300.000 ha. 
  • Ada juga daerah dengan ketinggian di antara 0 sampai 20 meter.
  • Daerah lain memiliki ketinggian di antara 20 meter hingga 100 meter dimana terbentuk dari tanah lempung, gambut dan pasir (lihat disini tentang pasir besi)
  • Untuk daerah plato kapurnya yang tertutup tanah loss tingginya lebih dari 100 meter. Pada formasi ini ada di perbatasan wilayah timur, selatan dan juga Limburg selatan.
  • Untuk puncak gunung tertinggi yang ada di Belanda yakni 321 meter di Gunung Vaalserburg.

Keuntungan Letak Geografis Belanda

Dengan letak geografisnya, Belanda memiliki keuntungan tersendiri untuk negaranya. Beberapa keuntungan letak geografis Belanda misalnya:
  • Iklim di Belanda yang tidak begitu ekstrim karena temperatur tahunannya adalah 10 derajat Celcius saja.
  • Wilayah Belanda juga memiliki beberapa hasil tambang terbaik mulai dari gas alam, minyak bumi (lihat daerah penghasil minyak bumi) hingga batu bara yang jadi pendapatannya.

Itulah sedikit ulasan tentang negara Belanda. Pariwisata Belanda juga berkembang sangat bagus sehingga tiap tahunnya banyak sekali yang berlibur ke negara ini.

Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Negara Belanda serta Keuntungannya