Peta Negara Jerman Lengkap dengan Kota, Sumber Daya Alam, Batas Wilayah dan Keterangan Gambar Lainnya

Dalam peta dunia, negara Jerman terletak di Benua Eropa atau lebih tepatnya di Eropa Tengah dengan ibukota Berlin. Luas wilayah Jerman sekitar 357,022.00 km2 dimana 2.34% (8,350.00 km2) merupakan perairan dan 348,672.00 km2 merupakan daratan, sehingga menjadikannya negara terbesar ke-62 di dunia. Jerman memiliki ketinggian rata-rata 263 m di atas permukaan laut, memiliki iklim berupa musim dingin dan musim panas. Wilayah Jerman pada umumnya merupakan dataran rendah di sebelah utara, dataran tinggi di tengah dan pegunungan di bagian selatan.

Gambar peta negara Jerman lengkap yang diberikan dibawah ini adalah dalam resolusi kecil, silahkan klik gambar tersebut agar mendapatkan tampilan peta Jerman yang lebih jelas. Untuk informasi peta-peta lainnya berdasarkan benua dan negara secara terperinci silahkan lihat DISINI.

Peta Jerman

Peta Jerman
Gambar posisi letak negara Jerman dalam peta dunia.

Peta Jerman
Gambar Peta Jerman.

Berdasarkan peta Jerman diatas maka secara umum dapat diketahui batas wilayah negara Jerman yaitu sebagai berikut:
  1. Sebelah Utara: Berbatasan dengan Denmark, Laut Baltik dan Laut Utara (North Sea)
  2. Sebelah Timur: Berbatasan dengan Polandia dan Republik Ceko
  3. Sebelah Selatan: Berbatasan dengan Austria, Swiss dan Perancis
  4. Sebelah Barat: Berbatasan dengan Luxemburg, Belgia dan Belanda

Kota Penting di Jerman

Beberapa kota penting dan besar di Jerman diantaranya adalah Berlin, Aachen, Bonn, Braunschweig, Bremen, Am Main, Augsburg, Bielefeld, Dessau, Dortmund, Bremerhaven, Chemnitz, Cottbus, Darmstadt, Dresden, Duisburg, Freiburg, Furth, Erfurt, Essen, Flensburg, Gera, Gorlitz, Hannover, Heilbronn, Gottingen, Halle, Hamburg, Kassel, Kiel, Kobienbz, Hof, Jena, Kaiserslautern, Karlsruhe, Konstanz, Leipzig, Munchen (Munich), Lubeck, Magdeburg, Mainz, Partenkirchen, Passau, Munster, Nurnberg, Osnabruck, Potsdam, Regensburg, Salzburg, Schwerin, Remagen, Rostock, Saarbrucken, Siegen, Ulm, Wiesbaden, Wolfsburg, Stuttgart, dan Zwickau.

Lokasi Strategis di Jerman

Allgauer Alpen, Ammersee, Laut Baltik, Pegunungan Alpen Bavaria, Chiemsee, Sungai Danube, Sungai Elbe, Sungai Ems, Sungai Fulda, Grosser Ploner See, Sungai Havel, Sungai Inn, Sungai Isar, Kummerewer See, Danau Constance, Sungai Lech, Malchiner See, Sungai Moselle, Sungai Neckar, Laut Utara, Parsteiner See, Plauer See, Sungai Rhine, Schaalsee, Schweriner See, Selenter See, Sungai Spree, Starnberger See, Steinhuder Meer, Tegernsee, Tollensesee, Unterueckersee, Werbellinsee, Sungai Werra, dan Sungai Weser.

Masalah Lingkungan di Jerman

Jerman memiliki sejumlah masalah lingkungan seperti polusi udara karena emisi peralatan dan industri batubara. Hasil dari emisi sulfur dioksida adalah hujan asam yang dapat merusak hutan. Terjadi juga polusi di Laut Baltik akibat limbah mentah, dan juga di sungai-sungai Jerman timur akibat limbah industri. Pemerintah negara ini telah membuat komitmen untuk mengakhiri penggunaan tenaga nuklir selama 15 tahun ke depan. Mereka juga bekerja sama untuk memenuhi komitmen Uni Eropa dalam hal mengidentifikasi kawasan pelestarian alam, yang sejalan dengan peraturan Flora, Fauna, dan Habitat Uni Eropa (UE).

Sumber Daya Alam Jerman

Jerman kaya akan sumber daya alam khususnya sumber daya bahan bakar seperti batubara, lignit, gas alam dan uranium. Ada juga sumber daya mineral seperti bijih besi, tembaga dan nikel. Garam, kalium, material konstruksi, kayu dan tanah yang subur juga merupakan beberapa sumber daya unggulan di negara ini.

Peta Negara Jerman Lengkap dengan Kota, Sumber Daya Alam, Batas Wilayah dan Keterangan Gambar Lainnya