Peta Negara Myanmar Lengkap dengan Kota, Sumber Daya Alam, Batas Wilayah dan Keterangan Gambar Lainnya

Dalam peta dunia, negara Myanmar atau Burma terletak di Benua Asia lebih tepatnya di Asia Tenggara dengan ibukota Naypyidaw. Luas wilayah Myanmar sekitar 676,578.00 km2 dimana 3.41% (23,070.00 km2) merupakan perairan dan 653,508.00 km2 merupakan daratan, sehingga menjadikannya negara terbesar ke-39 di dunia. Myanmar memiliki ketinggian rata-rata 702 m di atas permukaan laut, memiliki iklim tropis berupa musim hujan dan musim panas. Wilayah Myanmar (Burma) pada umumnya merupakan dataran rendah dan hanya sebagian merupakan dataran tinggi.

Gambar peta negara Myanmar lengkap yang diberikan dibawah ini adalah dalam resolusi kecil, silahkan klik gambar tersebut agar mendapatkan tampilan peta Myanmar yang lebih jelas. Untuk informasi peta-peta lainnya berdasarkan benua dan negara secara terperinci silahkan lihat DISINI.

Peta Myanmar

Peta Myanmar
Gambar posisi letak negara Myanmar dalam peta dunia.

Peta Myanmar
Gambar Peta Myanmar (Burma).

Berdasarkan peta Myanmar diatas maka secara umum dapat diketahui batas wilayah negara Myanmar yaitu sebagai berikut:
  1. Sebelah Utara: Berbatasan dengan China, Bangladesh dan India
  2. Sebelah Timur: Berbatasan dengan Laos dan Thailand
  3. Sebelah Selatan: Dibatasi oleh Teluk Martaban dan Laut Andaman
  4. Sebelah Barat: Dibatasi oleh Teluk Benggala

Kota Penting di Myanmar

Beberapa kota penting dan besar di Myanmar diantaranya adalah Dawei, Hinfhada, Amarapura, Bago, Bhamo, Chauk, Laza, Magway, Hopin, Insein, Labutta, Mawlamyine, Meiktila, Man Aung, Mandalay, Moulmeingyun, Mu Se, Mogok, Mong Pan, Monywa, Mudon, Myeik, Myingyan, Pakokku, Paletwa, Myitkyina, Namtu, Naungpale, Pathein, Phyarpon, Pyin U Lwin, Pyinmanaa, Pinleibu, Putao, Pye, Pyu, Shingbiyang, Tangyan, Taro, Taunggyi, Shwebo, Sittwe (Akyab), Thaton, Thayet, Taungoo, Tazungdam, Thandwe, Thingangyun, Warazup Thongwa, Toungoo dan Yangon.

Lokasi Strategis di Myanmar

Laut Andaman, Andrew Bay, Arakan Yoma, Ayeyarwady, Bago Yoma, Teluk Bawmi, Teluk Bengal, Rentang Bilauktaung, Selat Cheduba, Bukit Chin, Sungai Chindwin, Teluk Combermere, Teluk Danson, Teluk Martaban, Teluk Gwa, Hunters Bay, Kumon Range, Rentang Mangin, Mulut Ayeyarwady, Sungai Myitha, Teluk Ngayok, Sungai Nmai, Patkai Range, Sungai Salween, Range Tanen dan Range Taungnyo.

Masalah Lingkungan di Myanmar

Myanmar memiliki masalah lingkungan seperti polusi udara, tanah, dan air. Terjadi juga sanitasi yang tidak memadai dan pengolahan air yang buruk. Isu lingkungan lainnya untuk negara ini adalah deforestasi.

Sumber Daya Alam Myanmar

Myanmar kaya akan sumber daya alam khususnya sumber daya logam seperti timah, antimon, seng, tembaga dan tungsten. Sumber daya alam lainnya yaitu minyak bumi, kayu, batubara, marmer, batu kapur, batu permata, gas alam dan hydropower (tenaga air).
Komentar