Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Negara Mesir serta Keuntungannya

Mesir merupakan salah satu negara di dunia yang terletak di dua benua yaitu Asia dan Afrika. Meski sebagian besar wilayahnya berupa padang pasir, namun perekonomian warganya cukup maju. Persebaran penduduk di negara ini sangat tidak merata, hanya 4% wilayahnya saja yang ditinggali sisanya berupa lahan kosong. Beribu kota di Kairo, bentuk pemerintahan Mesir adalah Republik yang dipimpin oleh Presiden sementara kepala pemerintahannya adalah perdana menteri (lihat disini Peta Mesir).

Selain terkenal akan pertambangan minyak buminya, negara mesir juga banyak dikunjungi oleh wisatawan yang ingin melihat dua peninggalan bersejarah yaitu piramida dan spinx. Keragaman iklim (lihat tentang iklim tropis) dan perekonomian yang terjadi sebagian besar dipengaruhi oleh bentang alam serta letak geografisnya.

Letak Astronomis Mesir

Negara ini memiliki letak yang cukup strategis. Garis bujur dan lintang yang membentang serta melingkari bumi berfungsi untuk mendapatkan titik pasti suatu negara. Kedua garis bersifat khayal namun memiliki peran yang penting dalam menentukan sebuah lokasi. Dari data tersebut dapat diketahui posisi negara Mesir lebih tepatnya. Posisi detail negara ini jika dilihat dari penampang kedua garis tersebut adalah:
  • Ditarik dari garis lintang yang membentang dari utara ke selatan, Mesir terletak di 22 LU – 31 LU
  • Ditarik dari garis bujur yang membentang dari barat ke timur, letak Mesir berada di 25 BT – 36 BT

letak astronomis, geografis, dan geologis mesir

Letak Geografis Mesir

Mesir merupakan negara yang memiliki luas yang cukup besar yaitu 997.739 km2. Lokasinya berada diantara dua benua yaitu Asia dan Afrika. Kondisi tersebut sedikit banyak mempengaruhi persebaran penduduk dimana sebagian besar hidup di lokasi yang subur dan perkotaan. Mata pencahariannya pun beragam bergantung pada tempat mereka tinggal. Secara geografis, letak negara ini adalah:
  • Sebelah selatan Mesir berbatasan langsung dengan negara Sudan
  • Sebelah utara berbatasan dengan laut tengah
  • Sebelah barat berbatasan dengan negara Libya
  • Sebelah timur berbatasan dengan laut merah

Karena kondisi alamnya yang cukup kering, tidak banyak warga pendatang yang tinggal di Mesir. Meskipun begitu, negara ini juga dilewati oleh sungai Nil yang menjadi sumber mata air utama penduduk yang tinggal di lokasi terdekat.

Lihat disini tampilan Peta Arab Saudi dan Peta Turki yang merupakan salah satu negara terdekat untuk memahami letak geografis Mesir.

Letak Geologis Mesir

Mesir merupakan negara yang cukup luas dengan bentang alam yang sangat bervariatif. Secara garis besar, geologis dari negara ini dibagi menjadi 5 kawasan yaitu:
  • Lembah sungai nil: Kawasan yang menjadi pusat pemukiman penduduk yang panjangnya mulai dari perbatasan sudan hingga laut merah
  • Delta sungai nil: Daerah tersubur di Mesir dan menjadi pusat pertanian negara tersebut
  • Semenanjung sinai: Dataran tinggi yang berada di sebelah timur terusan suez hingga perbatasan Yordania
  • Gurun Barat: Luasnya hampir mencapai tigaperempat wilayah mesir dan berada disebelah timur libya
  • Gurun timur: Kawasan ini terletak disebelah timur sungai nil dan membentang hingga ke laut tengah

Keuntungan Letak Geografis Mesir

Negara ini memiliki sumber daya alam (lihat negara dengan sumber daya alam terbesar di dunia) yang cukup melimpah sehingga perekonomiannya sangat tinggi. Faktor dari letak geografis yang berbatasan dengan negara lain serta laut tengah dan merah memberikan beberapa keuntungan diantaranya:

1. Memiliki iklim sub tropis kering
Jenis iklim ini memiliki perbedaan antara musim dingin dan panas yang sangat besar dimana iklim panas lebih panjang yaitu pada Mei - Oktober.

2. Kemajuan di bidang pertanian
Meski termasuk daerah gersang, namun pertanian di negara ini cukup maju dan pusatnya berada di sekitar lembah sungai Nil (lihat sungai terpanjang di dunia). Tanaman yang dihasilkan seperti padi, gandum, kapas, tebu, jagung, dan lain-lain.

3. Kemajuan di bidang pertambangan
Jenis material tambang yang dihasilkan negara ini diantaranya seperti minyak bumi (baca juga tentang destilasi minyak bumi), fosfat, bijih besi, dan mangan. Daerah penghasil tambang berada di kawasan gurun barat.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai letak Mesir berdasarkan astronomi, geografis, geologis, serta pengaruhnya terhadap kehidupan penduduknya. Semoga memberikan manfaat kepada Anda mengenai seluk beluk negara ini.

Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Negara Mesir serta Keuntungannya