Peta Negara Turki Lengkap dengan Kota, Sumber Daya Alam, Batas Wilayah dan Keterangan Gambar Lainnya

Dalam peta dunia, negara Turki terletak di dua Benua yaitu Asia dan Eropa atau lebih khususnya di Asia Barat Daya serta Eropa Tenggara dengan ibukota Ankara. Luas Wilayah Turki sekitar 783,562.00 km2 dimana 1.78% (13,930.00 km2) terdiri atas perairan dan 769,632.00 km2 merupakan daratan.

Gambar peta negara Turki lengkap yang diberikan dibawah ini dalam resolusi kecil, untuk melihat tampilan peta Turki dengan jelas maka anda dapat mengklik gambar tersebut.

Peta Turki

Peta Turki
Gambar Peta Turki.

Berdasarkan peta Turki diatas maka secara umum dapat diketahui batas wilayah negara Turki yaitu sebagai berikut:
  1. Sebelah Utara: Dibatasi oleh Laut Hitam
  2. Sebelah Timur-Selatan: Berbatasan dengan Negara Iran, Georgia, Azerbaijan, Irak, Syria, Siprus
  3. Sebelah Barat: Berbatasan dengan Negara Bulgaria dan Yunani.

Kota Penting di Turki

Beberapa kota penting dan besar di Turki diantaranya adalah Ankara (Angora), Mersin, Mus, Adana, Bodrum, Corum, Denizli, Manisa, Mardin, Diyarbakir, Edime, Eregli, Erzincan, Kutahya, Malatya, Gazipasa, Inebolu, Isparta, Istanbul (Constantinople), Izmir (Smyrna), Izmit, Karabuk, Karakose, Kayseri, Antalya, Antioch, Artvin, Kurtalan, Marmaris, Nigde, Ordu, Samsun, Silifke, Sinop, Amasya, Batumi, Sivas, Tarsus, Karaman, Kastamonu, Tatvan, Tekirdag, Bursa, Cankiri, Carsamba, Tokat, Adapazari, Adiyaman, Van Afyon, Trabzon, Uskudar, Erzurum, Kirklareli, Konya, Eskisebir, Kesan, Kirikkale, Gaziantep dan Zonguldak.

Sumber Daya Alam Turki

Sumber daya alam unggulan di Turki yang dapat dieksploitasi meliputi sumber daya mineral yaitu feldspar, barit, borate, tanah liat, magnesit dan strontium celestite. Beberapa sumber daya logam seperti bijih besi, tembaga, kromium, antimon, merkuri serta emas. Selain itu terdapat juga marmer, batu kapur, perlit, batu apung, pirit, sulfur, batu bara, pembangkit listrik tenaga air dan tanah yang subur.
Komentar