Peta Negara Mesir Lengkap dengan Kota, Sumber Daya Alam, Batas Wilayah dan Keterangan Gambar Lainnya

Dalam peta dunia, negara Mesir terletak di benua Afrika atau lebih khususnya di Afrika Utara dengan ibukota Kairo (lihat disini Peta Benua Afrika). Luas Wilayah Mesir sekitar 1,001,450.00 km2 dimana 0.60% (6,000.00 km2) terdiri atas perairan dan 995,450.00 km2 merupakan daratan, sehingga menjadikannya negara terbesar ke-29 di dunia.

Mesir memiliki ketinggian rata-rata 321 m di atas permukaan laut, memiliki iklim padang pasir dengan musim panas, kering dan semi dingin (baca juga tentang iklim tropis). Wilayah Mesir pada umumnya merupakan dataran tinggi gurun yang luas.

Gambar peta negara Mesir lengkap yang diberikan dibawah ini adalah dalam resolusi kecil, silahkan klik gambar tersebut agar mendapatkan tampilan peta Mesir yang lebih jelas. Untuk informasi peta-peta lainnya berdasarkan benua dan negara secara terperinci silahkan lihat DISINI.

Peta Mesir

Peta Mesir
Gambar Peta Mesir.

Berdasarkan peta Mesir diatas maka secara umum dapat diketahui batas wilayah negara Mesir yaitu sebagai berikut:
  1. Sebelah Utara: dibatasi oleh Laut Mediterania
  2. Sebelah Barat: berbatasan dengan Libya
  3. Sebelah Selatan: berbatasan dengan Sudan
  4. Sebelah Timur: dibatasi oleh Laut Merah
  5. Sebelah Timur laut: berbatasan dengan Israel

Kota Penting di Mesir

Beberapa kota penting dan besar di Mesir diantaranya adalah El Qahira (Kairo), Abu Sunbul, Al Arish, Al Bawiti, El Mahalla el Kubra, El Minya, Al Fayyum, Suhaj, Tanta, Zagazig, Damanhur, Dumyat (Damietta), Al Ghardaqah, Al Jizah, Baranis, Baris, Benha, Al Kharijah, Mut, Sharm ash Shaykh, Al Minya, Al Qusayr, Al Tur, Qina, Ra's Gharib, Asyut, Elat, Helwan, Idfu, Baltim, Bani Suwayf, Beni Suef, Bur Safajah, Bur Said (Port Said), Cairo, El Giza, El Iskandariya (Alexandria), El Suweis (Suez), Isma'ilia, Luxor, Marsa al 'Alam, As Sallum, Aswan, Marsa Matruh, Shibin el Kom, Siwah, Sudr, Suez dan Zifta.

Lokasi Strategis di Mesir

Bahr el Nil (Sungai Nil), Buheirat al Manzala, Gurun Timur, Teluk Foul, Danau Bitter Besar, Teluk Aqaba, Teluk Suez, ibaya Plateau (Ad Diffah), Khalig el Arab, Buheirat el Burullus, Khalig el Salum, Danau Nasser, Gurun Libya, Laut Mediterania, Munkhafad el Qattara (Qattara Depression), Laut Merah dan Gurun Barat.

Masalah Lingkungan di Mesir

Mesir memiliki banyak masalah lingkungan. Tanah pertanian di negara ini hilang karena urbanisasi, pasir yang tertiup angin, penggurunan dan salinasi tanah. Mesir memiliki pencemaran air yang dari pestisida, limbah mentah, dan limbah industri (lihat cara mengatasi pencemaran air). Polusi oleh minyak mengancam terumbu karang, pantai, dan habitat laut. Negara ini memiliki sumber air tawar alami yang sangat terbatas jauh dari Sungai Nil (lihat juga sungai terpanjang di Asia), yang merupakan sumber mata air satu-satunya yang abadi. Selain itu, Mesir memiliki pertumbuhan populasi yang cepat sehingga akan berdampak pada sumber daya alam-nya.

Sumber Daya Alam Mesir

Sumber daya alam unggulan di Mesir yang dapat dieksploitasi meliputi bijih besi, mangan, timbal dan seng. Sumber daya mineral meliputi talk, gipsum serta asbes. Beberapa sumber daya komersial yang sangat penting bagi negara ini adalah minyak bumi (lihat disini daerah penghasil minyak bumi), gas alam, fosfat juga batu kapur.

Peta Negara Mesir Lengkap dengan Kota, Sumber Daya Alam, Batas Wilayah dan Keterangan Gambar Lainnya