Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Negara Jerman serta Keuntungannya

Jerman menjadi salah satu negara Eropa yang memiliki peran cukup besar dalam perekonomian global terutama dalam hal penghubung transportasi darat. Pendidikan di negara ini juga sangat maju. Satu-satunya permasalahan yang dihadapi adalah menurunnya angka kelahiran sehingga jumlah penduduk usia produktif lebih sedikit. Pemerintah bertanggung jawab penuh kepada mereka yang berusia tua dengan memberikan tunjangan (lihat disini tampilan lengkap Peta Jerman).

Perekonomian negara Jerman juga sangat maju karena didukung oleh kebijakan yang fleksibel. Pertanian dan perkebunan pun menunjukkan perkembangan yang tak kalah pesatnya. Untuk mengetahui lebih rinci mengenai bentang alam negara ini, simak ulasan singkatnya dibawah ini.

Letak Astronomis Jerman 

Jika dilihat dari penampang atas, sebagian besar wilayah ini berupa dataran rendah (lihat manfaat dataran rendah) dan juga pegunungan. Topografi inilah yang membuat kebudayaan penduduknya beragam. Meski kepadatan terbesar ada di Kota, namun beberapa penduduk lokal juga memanfaatkan lahan kosong untuk digarap. Kekurangan tenaga kerja dari dalam nyatanya tidak membuat kegiatan ekonomi Jerman mandek. Jerman memiliki letak astronomis yang sangat strategis, yaitu:
  • Ditarik dari garis lintang yang membentang dari utara ke selatan, letak jerman berada di 47  LU-55  LU
  • Ditarik dari garis bujur yang melintasi Jerman dari barat ke timur, letaknya berada di 6  BT-15  BT

letak astronomis, geografis, dan geologis jerman

Letak Geografis Jerman

Bentang alam negara ini terhitung cukup luas dan sebagian besar berupa dataran rendah. Besarnya wilayah Jerman adalah 357.093 Km2 dengan jumlah penduduknya mencapai 82.702.384 jiwa. Bentuk negaranya adalah federasi dengan 16 negara bagian. Kepala pemerintahannya adalah kanselir dan kepala negaranya adalah presiden federal yang dipilih selama 5 tahun sekali.

Ibu kota Jerman berada di Berlin yang menjadi salah satu wilayah terpadat di Jerman. Secara geografis, negara ini berbatasan langsung dengan beberapa negara tetangga, beberapa diantaranya adalah:
  • Sebelah barat berbatasan langsung dengan negara Belanda, Luksemburg, Belgia, dan Perancis
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Austria dan Swiss
  • Sebelah timur berbatasan dengan Polandia dan Ceko
  • Sebelah utara berbatasan dengan Laut Baltik, Laut Utara, dan Denmark.

Lihat disini tampilan Peta Belanda, Peta Belgia, dan Peta Perancis untuk memahami letak geografis Jerman.

Letak Geologis Jerman

Tidak memiliki wilayah laut, membuat topografi Jerman cukup seragam. Bisa dikatakan antara bagian negara yang satu dengan yang lain tidak memiliki banyak perbedaan seperti di negara kepulauan. Daratannya yang cukup luas, menjadikan Jerman sebagai negara yang kerap dilalui transportasi dari beberapa negara. Secara umum, bentang alam negara ini dibagi menjadi 4 wilayah, yaitu:
  • Dataran tinggi sebagian besar berada di Jerman bagian tengah. Wilayahnya terdiri dari bebatuan yang kurang subur
  • Dataran rendah terletak di Jerman Utara dan dilalui oleh beberapa sungai besar seperti Elbe, Ems, dan sungai Weser (lihat tentang sungai terpanjang di dunia).
  • Black Forest merupakan wilayah hutan cemara yang lebat dan berwarna gelap
  • Pegunungan Alpen yang sebagian besar wilayahnya tertutup oleh salju sepanjang musim.

Keuntungan Letak Geografis Jerman

Meski wilayahnya cenderung seragam, namun banyak keragaman yang dimiliki oleh negara ini yang dilihat dari beberapa aspek dan memberikan banyak keuntungan bagi Jerman, diantaranya:

1. Kemajuan Pendidikan dan Budaya
Negara ini menggratiskan biaya sekolah sehingga penduduknya bisa menuntut ilmu dengan baik. Kebudayaannya pun beragam seperti filosofi, musik, dan sastra.

2. Hasil hutan yang melimpah
32% wilayah Jerman berupa hutan yang ditanami oleh pohon berdaun lebar. Komoditasnya meningkat dengan pesat dan sebagian besar berupa Norway spruce.

3. Kebutuhan pertambangan untuk dalam negeri
Lahan pertambangan di negara ini, memang tidak terlalu besar namun sudah bisa mencukupi kebutuhan dalam negeri kecuali besi yang harus mengimpor dari negara lain.

Jerman memiliki letak yang cukup strategis baik dari astronomis, geografis, dan geologis. Meski begitu ada beberapa sektor yang masih bergantung pada negara lain. Semoga dengan adanya info tersebut bisa menambah pengetahuan Anda mengenai negara-negara Eropa.

Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Negara Jerman serta Keuntungannya