Peta Negara Papua Nugini Lengkap dengan Kota, Sumber Daya Alam, Batas Wilayah dan Keterangan Gambar Lainnya

Dalam peta dunia, negara Papua Nugini (Papua New Guinea) terletak di Benua Australia/Oceania dengan ibukota Port Moresby. Luas wilayah Papua Nugini sekitar 462,840.00 km2 dimana 2.16% (9,980.00 km2) merupakan perairan dan 452,860.00 km2 merupakan daratan, sehingga menjadikannya negara terbesar ke-54 di dunia. Papua Nugini memiliki ketinggian rata-rata 667 m di atas permukaan laut, memiliki jenis iklim subtropis berupa musim hujan dan musim panas. Wilayah Papua Nugini pada umumnya merupakan pegunungan dengan dataran rendah pada pesisirnya.

Gambar peta negara Papua Nugini lengkap yang diberikan dibawah ini adalah dalam resolusi kecil, silahkan klik gambar tersebut agar mendapatkan tampilan peta Papua Nugini yang lebih jelas. Untuk informasi peta-peta lainnya berdasarkan benua dan negara secara terperinci silahkan lihat DISINI.

Peta Papua Nugini

Peta Papua Nugini
Gambar posisi letak negara Papua Nugini dalam peta dunia.

Peta Papua Nugini
Gambar Peta Papua Nugini.

Berdasarkan peta Papua Nugini diatas maka secara umum dapat diketahui batas wilayah negara Papua Nugini yaitu sebagai berikut:
  1. Sebelah Utara: Dibatasi oleh Samudra Pasifik dan Laut Bismark
  2. Sebelah Timur: Berbatasan dengan Kepulauan Salomon dan Laut Salomon
  3. Sebelah Selatan: Berbatasan dengan Australia dan Laut Koral
  4. Sebelah Barat: Berbatasan dengan Indonesia

Kota Penting di Papua Nugini

Beberapa kota penting dan besar di Papua Nugini diantaranya adalah Port Moresby, Abau, Aiyura, Barakau, Bensbach, Amanab, Arawa, Balmuru, Cape Rodney, Bogia, Boku, Buin, Daru, Ihu, Kainantu, Kalalo, Gagan, Goroka, Hutjena, Kambof Mission, Kimbe, Kiunga, Karkar, Kavleng, Kerema, Komo, Koripobi, Kundiawa, Madang, Maprik, Lae, Londolovit, Lorengau, Lumi, Nadzab, Namatanai, Matukar, Morehead, Mount Hagen, Paili, Pomio, Tefehui, Usino, Popondetta, Rabaut, Samarai, Sibidiro, Wafam, Wau, Vanimo, Wabag, Wabo, Wonenara dan Wewak.

Lokasi Strategis di Papua Nugini

Pantai Astrlabe, Laut Bismark, Central Range, Laut Koral, Pantai Fangalawa, Sungai Fly, Selat Goschen, Teluk Papua, Pantai Kali, Pantai Kimbe, Danau Herbert Hoover, Danau Murray, Pelabuhan Montagu, Pantai Open, Owen Stanley Range, Samudra Pasifik , Sungai Sepik, Laut Solomon, Terusan St. George's, Selat Vitiaz, Pantai Wide Bay dan Terusan Ysabet.

Masalah Lingkungan di Papua Nugini

Papua Nugini memiliki sejumlah masalah lingkungan, hutan hujan di Papua Nugini banyak mengalami deforestasi sebagai akibat dari permintaan komersial kayu tropis. Masalah lingkungan lain adalah polusi yang disebabkan oleh aktivitas pertambangan. Negara ini juga baru-baru ini mengalami kekeringan yang parah.

Sumber Daya Alam Papua Nugini

Papua Nugini kaya akan sumber daya alam khususnya sumber daya logam seperti emas, tembaga dan perak. Negara ini juga memiliki cadangan bahan bakar fosil seperti gas alam dan minyak bumi. Sumber daya alam lainnya yang bisa ditemukan di negara ini adalah kayu dan perikanan.

Peta Negara Papua Nugini Lengkap dengan Kota, Sumber Daya Alam, Batas Wilayah dan Keterangan Gambar Lainnya