Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kondisi Iklim di Negara India

Iklim Negara India - India merupakan salah satu negara yang terletak di Asia Selatan. Iklim Negara India sendiri merupakan iklim tropis panas. Negara ini berbatasan dengan beberapa negara lain seperti Nepal, Bhutan, Burma dan Bangladesh.

India terbagi menjadi 3 wilayah geografis, yaitu wilayah Himalaya di bagian utara dimana terdapat gunung tertinggi di dunia. Wilayah kedua adalah Dataran Gangga dan wilayah di bagian tengah dan selatan adalah dataran tinggi. India memiliki tiga sistem sungai besar, yaitu Gangga, Indus dan Brahmaputra.

iklim negara india

Bagaimana Iklim di India?

Iklim Negara India diklasifikasikan iklim tropis panas, kecuali negara bagian di Utara Himachal Pradesh dan Jammu, Sikkim di perbukitan timur laut dan Kashmir di utara. Negara bagian tersebut memiliki iklim yang dipengaruhi benua dan cenderung lebih sejuk.

Bentuk wilayah dari Negara India yang memiliki topografi tidak biasa menyebabkan India memiliki perbedaan iklim yang signifikan. Negara ini memiliki jenis iklim tropis dan subtropis dengan perbedaan suhu antara kedua musimnya juga sangat signifikan.

Sebagian besar Negara India memiliki musim panas yang sangat panas. Musim panasnya dimulai pada Bulan April, kemudian berlanjut sampai awal Oktober saat hujan monsun mulai turun. Puncaknya adalah di Bulan Juni dengan suhu mencapai 45°C di daratan barat dan utara, bahkan lebih.

Musim hujan di India sebenarnya juga terjadi pada periode ini. Dimulai pada 1 Juni saat seharusnya menemukan pantai Kerala lalu bergerak lebih jauh menuju pedalaman. Angin ini juga terkadang membawa hujan yang sangat lebat sehingga menyebabkan kerusakan dan banjir.

Dataran di utara yang tandus setiap bulan Desember-Januari mengalami gelombang dingin. Suhu minimumnya bahkan bisa turun hingga di bawah 5°C. Namun, suhu maksimum tidak turun hingga lebih rendah dari 12°C.

Jika menganut pada klasifikasi Koeppen-Geiger, iklim Negara India terbagi dalam zona yang berbeda. Di bagian pantai barat dan timur, diklasifikasikan sebagi iklim Aw. Iklim ini adalah iklim tropis yang panas. Semua bulan suhunya bisa di atas 18°C. Periode keringnya terjadi di musim dingin.

Sementara itu, di ujung selatan India diklasifikasikan iklim Am. Iklim ini adalah iklim hutan hujan tropis yang panas. Hujan monsun juga terjadi dan semua bulan memiliki suhu di atas 18°C.

India bagian barat laut dan tengah diklasifikasikan sebagai iklim BSh. Iklim BSh ini adalah iklim stepa kering. Suhu rata-rata tahunannya berkisar hingga di atas 18°C.

Daerah pegunungan utara India dikelompokkan sebagai iklim Cfa. Iklim ini termasuk iklim sedang dan lembab. Bulan terpanasnya memiliki suhu rata-rata hingga di atas 22°C.

Kondisi Geografi Negara India

Negara-negara bagian India yang berada di timur laut dan utara terbentuk oleh Banjaran Himalaya. Sementara wilayah lainnya terdiri atas hamparan Indo-Gangetik yang sifatnya subur. Wilayah sebelah barat yang berbatasan dengan Negara Pakistan bagian tenggara terdapat Gurun Thar.

Semenanjung India di bagian selatan hampir keseluruhannya adalah bagian dari hamparan Deccan. Pada kedua sisi hamparan tersebut terdapat banjaran pesisir yang bentuknya berbukit-bukit. Dua banjaran yang dimaksud itu bernama Ghats Timur dsb Ghats Barat.

Negara India terkenal memiliki beberapa sungai besar. Ada Sungai Gangga, Sungai Brahmaputra, Godavari, Yamuna dan Krishna. Adanya sungai-sungai dan kondisi iklim negara India inilah yang membuat hamparan-hamparan yang terletak di bagian utara India menjadi subur dan cocok dijadikan sebagai lahan pertanian.