Sifat-Sifat Air dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

sifat-sifat air
Sifat-Sifat Air - Air merupakan senyawa terbesar yang melingkupi permukaan bumi. Lebih dari 70% wilayah bumi terdiri dari perairan, baik perairan darat maupun laut. Bagi makhluk hidup, air memiliki peran yang sangat penting, sehingga tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Tanaman membutuhkan air untuk proses fotosintesis, manusia dan hewan membutuhkan air untuk minum. Pada pembelajaran kita kali ini akan dijelaskan secara lengkap tentang sifat-sifat air. Tetapi sebelumnya sebaiknya Anda paham dahulu tentang definisi air dan jenis-jenis air yang ada di Bumi.

Daftar isi


Definisi Air

Secara umum, air bisa didefinisikan sebagai unsur yang memiliki peran sangat penting bagi makhluk hidup di bumi. Sedangkan secara ilmiah, definisi air adalah sebagai senyawa kimia yang tersusun atas dua unsur, yaitu Hidrogen (H2) dan Oksigen (O2) dan menghasilkan senyawa Hidrogen atau air (H2O).

Air secara ilmiah juga bisa didefinisikan sebagai zat pelarut yang bersifat melarutkan sehingga memiliki peran sangat penting bagi proses metabolisme. Air adalah senyawa yang memiliki manfaat dan peran yang sangat penting bagi makhluk hidup di bumi.

Jenis Air di Bumi

Air yang terdapat di muka bumi terdiri atas beberapa jenis yang keterdapatannya sangat dipengaruhi oleh proses daur air. Berikut ini adalah 4 jenis air di Bumi, yaitu:

1. Air Atmosfer
Air atmosfer ini lebih umum dikenal dengan air hujan. Air atmosfer ini pada dasarnya mengandung kotoran karena sudah terkontaminasi oleh polusi, debu dan lainnya. Meskipun demikian air hujan yang masih murni tergolong sangat bersih. Karena itu, jika ingin memanfaatkan air hujan, sebaiknya jangan menampung air hujan yang baru turun karena masih mengandung kotoran.


2. Air Laut
Sumber air selanjutnya adalah air laut yang memiliki sifat berasa asin karena di dalamnya memiliki kandungan NaCl. Karena banyak mengandung garam (NaCl) air laut tidak memenuhi syarat sebagai air konsumsi.

3. Air Permukaan
Air permukaan ini merupakan sumber air yang tergolong paling bersih, namun di sisi lain juga paling sering dan paling mudah tercemar. Sumber air permukaan ini di bagi menjadi dua jenis yaitu, air sungai dan air rawa.

Air sungai termasuk sumber air yang paling sering tercemar oleh limbah industri maupun limbah lainnya. Oleh karena itu, jika ingin memanfaatkan air sungai harus melalui proses pengolahan terlebih dahulu. Sedangkan air rawa adalah sumber air dengan warna kuning kecoklatan karena banyaknya kandungan organisme yang membusuk yang terlarut di dalam air.

4. Air Tanah
Sumber air selanjutnya adalah air tanah. Air tanah adalah air hujan yang sudah mencapai permukaan bumi lalu diserap oleh tanah dan mengalir di bawah permukaan tanah. Air ini juga terbentuk mengikuti siklus hidrologi yang merupakan siklus atau proses alami terbentuknya air.

Sifat-Sifat Air

Air termasuk dalam kategori barang bebas, yakni untuk mendapatkannya bisa dengan bebas karena tersedia dalam jumlah banyak di alam dan bisa didapatkan secara gratis. Meskipun demikian, di waktu tertentu mungkin ada kalanya air sulit didapatkan sehingga untuk mendapatkan air harus membayar.

Air termasuk dalam kategori benda cair, dimana benda cair ini sudah pasti memiliki Karakteristik sifat yang berbeda dengan benda padat maupun gas. Nah, berikut ini adalah sifat-sifat yang dimiliki oleh air.

1. Mudah Berubah Wujud
Sifat pertama yang dimiliki oleh air adalah dapat berubah wujud. Sifat ini juga banyak dimanfaatkan oleh manusia. Maksudnya berubah wujud adalah, ketika air dipanaskan pada suhu tertentu, maka air akan berubah wujud menjadi uap.

Sebaliknya, ketika air didinginkan pada suhu tertentu pula, maka air akan berubah wujud menjadi es. Es ini sendiri merupakan bentuk padat. Sifat ini juga banyak dimanfaatkan oleh manusia untuk kebutuhan sehari-hari.

2. Mengalir dari Tempat yang Tinggi ke Tempat Lebih Rendah
Sifat air yang selanjutnya adalah mengalir dari tempat yang lebih tinggi menuju ke tempat lebih rendah. Hal ini bisa dilihat dari bukti fenomena alam yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti misalnya aliran sungai yang mengalir dari hulu yang terletak di daerah pegunungan menuju ke hilir yang berada di kawasan lautan. Contoh lain bisa dilihat dari air terjun yang mengalir dari atas ke bawah.

3. Dapat Meresap Melalui Celah Kecil
Air merupakan partikel berbentuk liquid yang bersifat fleksibel. Salah satunya adalah dapat meresap bahkan melalui celah berukuran kecil sekalipun. Molekul air yang berukuran kecil dapat meresap melalui celah-celah kecil. Hal ini bisa dibuktikan ketika air disiramkan ke area tertentu di tanah, maka area lainnya akan ikut basah.

4. Memiliki Permukaan yang Datar
Sifat air yang berikutnya adalah permukaannya relatif tenang dan datar. Sifat ini bisa dibuktikan saat mengamati danau, kolam atau air yang berada di dalam gelas. Di tempat dimana tidak ada aliran air, permukaan air akan cenderung datar dan tenang.

Begitupun dengan kemiringannya. Misalnya saat air di dalam gelas dimiringkan, maka permukaannya akan tetap datar dan tenang. Namun, sifat ini tidak berlaku di tempat-tempat hampa udara atau tempat tanpa gravitasi.

5. Menempati Ruang
Sifat dan juga ciri khas air selanjutnya adalah bahwa air bersifat menempati ruang. Bisa juga dikatakan jika air berbentuk menyerupai tempatnya. Sifat ini hanya dimiliki oleh air dan tidak dimiliki oleh jenis zat lain seperti zat padat.

Sebagai contoh, ketika ditempatkan di dalam gelas, maka air akan berbentuk seperti gelas begitu juga yang lainnya. Air menempati ruang juga bisa bermakna, dimanapun air diletakkan, maka tidak ada lubang yang tidak bisa dimasuki air meskipun ukurannya sekecil apapun.

6. Dapat Menekan ke Segala Arah
Selanjutnya, air juga memiliki sifat menekan ke segala arah atau ke berbagai penjuru. Sifat ini bisa dibuktikan ketika Anda menuang air ke suatu wadah dengan permukaan yang datar, maka air akan menyebar ke berbagai arah dan memenuhi ruang tersebut.

Pembuktian lainnya adalah ketika air dimasukkan ke dalam wadah yang sudah dilubangi di berbagai sisi, dengan arah yang berbeda-beda pula, maka air akan keluar dari semua lubang yang dibuat tanpa melihat posisi lubang.

7. Melarutkan Zat
Sifat terakhir dari air yang juga menjadi manfaat adalah bersifat melarutkan zat. Bagi manusia, sifat air yang dapat melarutkan zat ini bermanfaat untuk melarutkan zat-zat yang tidak dibutuhkan di dalam tubuh sehingga membantu proses metabolisme.

Contoh Sifat Air dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh sederhana dari sifat air ini yang bisa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari adalah air dapat melarutkan gula saat diaduk sehingga membuat air kemudian menjadi manis. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah tabel ringkasan sifat air beserta contohnya dalam kehidupan sehari-hari.

Sifat-Sifat AirContoh dalam Kehidupan Sehari-Hari
Bisa Berubah wujud Air menjadi uap saat dipanaskan dan menjadi es saat didinginkan.
Mengalir menuju tempat yang lebih rendah Air terjun mengalir dari tempat yang tinggi.
Meresap melalui celah kecil Air tumpah diteteskan di ujung tisu membuat bagian lain ikut basah.
Permukaannya datar Air di kolam atau di dalam gelas permukaannya datar dan tenang.
Menempati ruang Air dituangkan di dalam ember, menyebar dan menempati ember.
Menekan ke segala arah Air yang diletakkan di dalam botol yang sudah dilubangi, akan keluar dari berbagai arah dimana lubang berada.
Melarutkan zat Air melarutkan gula saat diaduk sehingga berubah menjadi manis.

Demikian tadi adalah penjelasan lengkap tentang sifat-sifat air dan contohnya yang dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai senyawa terbesar dari bumi, air memiliki peran sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup di Bumi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel