Terjadinya Proses Fotosintesis | Faktor, Tahapan dan Hasilnya

Proses Fotosintesis - Tanaman hijau memberikan peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia karena menjadi sumber oksigen yang dibutuhkan manusia. Namun, tahukah Anda jika oksigen yang dihasilkan oleh tumbuhan hijau ini harus melalui proses panjang sebelum bisa memberikan manfaat bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Proses panjang inilah yang dikenal dengan nama proses fotosintesis. Dalam proses ini tumbuhan hijau membutuhkan beberapa bahan dan bantuan faktor lain agar prosesnya bisa berlangsung dan bisa memberikan hasil yang maksimal.

Semua makhluk hidup memiliki karakteristik umum, yaitu berkembang biak, bernafas dan bergerak. Tumbuhan sebagai salah satu jenis makhluk hidup memiliki satu karakteristik spesial, yakni bisa membuat makanannya sendiri. Saat melakukan proses ini, tumbuhan membutuhkan bahan berupa cahaya matahari, air, karbon dioksida dan klorofil.

Melalui proses fotosintesis, tumbuhan tidak hanya bisa membuat makanan untuk dirinya sendiri namun juga menjadi sumber makanan untuk makhluk hidup lain. Lalu apa saja yang terjadi di dalam proses ini?

1. Tumbuhan menyerap Karbon Dioksida
Tahapan fotosintesis dimulai dari penyerapan karbondioksida yang berasal dari proses pernapasan manusia melalui lubang stomata. Meskipun berasal dari bahan sisa respirasi, namun jika sudah diolah melalui fotosintesis, maka akan menghasilkan zat Oksigen yang nantinya sangat dibutuhkan dalam proses pernapasan manusia. Bahan lain yang dibutuhkan adalah air yang berasal dari dalam tanah (lihat disini tentang: Siklus Air). Air ini akan masuk ke tumbuhan, tepatnya ke bagian daun, melalui akarnya dan disalurkan melalui batang.

2. Penangkapan Cahaya Matahari untuk Memulai Proses Fotosintesis
Proses kemudian dilanjutkan dengan penangkapan cahaya matahari yang menjadi peran penting dari klorofil (zat hijau daun). Cahaya matahari (lihat tentang: bagian bagian matahari) yang jatuh ke atas daun akan langsung ditangkap oleh klorofil dan menjadi energi yang akan mengubah air (hidrogen) dan karbon dioksida menjadi zat gula dan oksigen dalam fotosintesis.

3. Hasil Fotosintesis Diedarkan ke Seluruh Bagian Tumbuhan
Jika proses pemasakan atau fotosintesis ini selesai maka akan menghasilkan oksigen dan glukosa. Oksigen yang dihasilkan dikeluarkan kembali sebagai bahan utama untuk manusia bernapas, sedangkan zat glukosa dialirkan kembali ke seluruh tubuh tumbuhan sebagai cadangan makanan.

Berdasarkan proses dan tahap-tahap yang dijelaskan di atas, faktor yang mempengaruhi fotosintesis pada tumbuhan adalah sebagai berikut:

Nama Substansi Dapat Diperoleh di
Air (H2O) Di dalam tanah
Karbon dioksida (CO2) Di udara, sisa pernapasan manusia
Klorofil Terdapat pada tumbuhan berwarna hijau
Sinar matahari Sinar matahari di siang hari

Dari tahapan fotosintesis tersebut setiap faktor berperan penting dalam proses ini. Air dan karbon dioksida yang didapat dari sisa proses pernapasan manusia ditambah klorofil (zat hijau daun) menjadi bahan utama dalam fotosintesis. Sedangkan cahaya matahari digunakan sebagai energi untuk memasak bahan tersebut. Setelah proses berlangsung, fotosintesis akan menghasilkan produk berupa glukosa dan oksigen. Karena itulah, dalam proses ini hanya tumbuhan hijau yang memiliki klorofil (zat hijau daun) saja yang bisa melakukan fotosintesis. Termasuk di dalamnya adalah ganggang hijau.

Setelah melalui tahap yang panjang, fotosintesis akan menghasilkan produk yang berperan penting bagi organisme di bumi. Oksigen digunakan sebagai bahan utama untul respirasi, baik oleh manusia maupun hewan. Sedangkan zat gula (glukosa) menjadi bahan makanan untuk tumbuhan itu sendiri serta disimpan sebagai cadangan makanan yang nantinya juga dimanfaatkan oleh organisme lain.

Itulah tahapan lengkap dalam proses fotosintesis serta faktor-faktor yang mempengaruhinya dan juga hasil dari proses tersebut. Karena itulah disebutkan jika fotosintesis adalah proses yang sangat penting dan mempengaruhi kehidupan di bumi.

Terjadinya Proses Fotosintesis | Faktor, Tahapan dan Hasilnya