Profil Negara Portugal [+Gambar Peta Lengkap]

profil negara portugal
Portugal atau dikenal juga dengan Portugis merupakan sebuah negara republik yang berada di Eropa barat daya. Negara ini terkenal dengan prestasi sepak bolanya yang gemilang, serta menjadi rumah para pemain handal seperti Cristiano Ronaldo. Portugal ialah salah satu negara maju dengan pendapatan nasional tinggi. Berikut profil lengkap negara yang beribu kota di Lisbon ini.

Sejarah Negara Portugal

Portugal mempunyai sejarah panjang sebelum akhirnya berdiri sebagai negara republik sebagaimana hari ini. Secara de facto, Portugal berdiri sejak tahun 868 dalam bentuk kekaisaran. Kemudian pada tahun 1128 mendapatkan kedaulatan hingga menjadi Kerajaan Portugal pada 1139. Adapun Republik Portugal berdiri secara de jure pada 5 Oktober 1910.

Masa Roman Lusitania-Galacia

Roman menginvasi Iberian Peninsula pada 219 SM. Sejarah ini erat kaitannya dengan Julis Caesar yang hendak mendirikan Republik Roman. Daerah yang masa itu disebut Lusitania kemudian dikenal sebagai Galacia. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika di wilayah tersebut banyak terdapat bangunan dengan arsitektur Roman.

Masa Suebi dan Visigoth

Pada awal abad ke-5, suku Jerman yang bernama Suebi membangun aliensi dengan Sarmatian dan Alan untuk menginvasi Iberian Peninsula. Lusitania-Galacia yang sebelumnya sudah menjadi provinsi sendiri di bawah otoritas Roman diambil alih Suebi. Dengan banyaknya perang dan perebutan kekuasaan yang terjadi, Kerajaan Suebi akhirnya runtuh dan Iberian Peninsula dikuasai oleh Visigoth.

Kekhalifahan Umayyah mengalahkan Visigoth dan berhasil menaklukan Iberian Peninsula. Pada awal tahun 726, tanah yang sekarang menjadi Portugal menjadi bagian dari Kekhalifahan Umayyah yang berpusat di Damaskus. Dengan penaklukan ini banyak populasi muslim dari Syria dan Oman yang tinggal di Iberian Peninsula. Kekuasaan Islam di wilayah ini berlangsung hingga beberapa dekade.

Kerajaan Portugal dan Republik Pertama

Setelah masa Kekhalifahan Umayyah, berdirilah Kerajaan Portugal yang diawali dari penyerangan kembali Visigoth dengan membawa misionaris. Pada akhir abad ke-9, daerah Portugal yang berada di antara Sungai Minho dan Douro ditaklukkan kembali dari tangan Moor kemudian mendirikan Kerajaan Portugal yang terdiri dari suku Portugis, Galician, dan suku Kristen lainnya.

Pada tahun 1498, Vadco da Gama melampaui perjalanan Columbus dengan menjadi orang Eropa pertama yang mencapai India melalui jalur laut, kemudian membawa prospek ekonomi yang besar bagi Portugal. Renaissance Portugal terjadi dan mulai melakukan eksplorasi laut menuju daerah timur yang kaya sumber daya.

Pada masa kolonialisme Eropa di abad ke-19, Portugal telah banyak kehilangan teritorial. Dengan wilayah yang tersisa, dibuatlah konstitusi monarki yang menyatakan berdirinya negara Portugal. Meskipun di awal pembentukan republik baru terdapat banyak masalah, Portugal bangkit dan turut mendirikan NATO, OECD, serta EFTA sebagai basis militer dan ekonomi.

Geografi Portugal

peta negara portugal
Gambar Peta Portugal.

Portugal mempunyai wilayah total seluas 90.090 kilometer persegi. Selain wilayah utama yang menyatu dengan Benua Eropa, Portugal mempunyai wilayah lain terletak di daerah Madeira, Kepulauan Selvagens, dan Azores. Portugal juga kaya akan keanekaragaman hayati dan bentang alam bervariasi.

Letak dan Batas Wilayah

Secara astronomis, Polandia berada pada garis lintang 33°LU – 43°LU, serta melintang di garis bujur 32°BT – 6°BT. Posisi astronomis ini berpengaruh terhadap kondisi iklim dan zona waktu Polandia, sehingga mengikuti Waktu Eropa Barat UTC+0 dan UCT+1 sebagai waktu musim panas.

Wilayah Portugal mencakup Iberian Peninsula. Portugal berbatasan langsung dengan negara Spanyol di bagian utara dan timur. Portugal juga berbatasan dengan Samudera Atlantik di sebelah barat dan selatan. Meskipun bentang wilayah Portugal tidak terlalu luas, tapi kenampakan alam dan topografinya sangat beragam dan menarik.

Kondisi Iklim

Portugal termasuk dalam negara beriklim mediterania atau oceanic climate karena berbatasan langsung dengan Samudera Atlantik. Jika mengacu pada kategorisasi iklim Köppen-Geiger, Portugal memiliki iklim Subtropical Humid dengan suhu rata-rata harian berkisar 8–12 °C, sedangkan di daerah pegunungan utara bervariasi 16–20 °C.

Bentang Alam dan Keanekaragaman Hayati

Bentang alam Portugal sangat beragam, mulai dari pegunungan hingga pantai dan laut. Daratan utama Portugal dipisahkan oleh Sungai Tagus yang berhulu dari Spanyol, mengalir ke Lisbon sebelum akhirnya bermuara ke Atlantik. Bagian utara meliputi pegunungan dan dataran tinggi dengan puncak tertinggi Gunung Pico yang terukur 2.351 meter.

Portugal merupakan habitat alami bagi rusa Iberian dan kambing liar Iberian. Di Portugal terdapat 1 taman nasional, 12 taman alami, 9 area konservasi, 5 monumen alami, dan 7 lanskap yang dilindungi. Adapun flora endemik yang terdapat di Portugal adalah Pyrenean oak dan beberapa pohon lokal yang berada di area terlindungi.

Ekonomi Negara Portugal

Portugal merupakan salah satu negara dengan pendapatan tinggi. Pendapatan perkapita nasional mencapai 77% dari EU28 di tahun 2017 yang mana meningkat sebanyak 75% dari tahun 2012. Sebagian besar aktivitas industri terpusat di Lisbon dan area metropolitan Porto. Berdasarkan Global Competitiveness Report pada 2014—2015, Potugal berada di peringkat 36 indeks ekonomi dunia.

Sektor Primer Perekonomian

Sektor perekonomian yang utama di Portugal adalah agrikultral, perikanan, pertambangan, dan industri wine. Perkembangan agrobisnis yang menjanjikan turut mengangkat perekonomian Portugal dengan orientasi ekspor ke negara lain. Sektor kehutanan juga berkontribusi dalam industri pengolahan kertas dan manufaktur.

Estimasi pendapatan bruto nasional Portugal tahun 2019 berada di angka $345.572 miliar, sedangkan pendapatan per kapita mencapai $33,665. Pendapatan bruto tersebut menduduki peringkat 47 di dunia dalam indeks perekonomian. Angka pengangguran di negara ini relatif kecil karena pemberdayaan dilakukan pemerintah secara masif.

Perdagangan Internasional dan Transportasi

Portugal melakukan ekspor utama berupa hasil tambang, karena negara ini kaya akan lithium yang penting dalam perindustrian. Karena telah tergabung dalam Uni Eropa dan WTO semakin memudahkan Portugal dalam memperluas pangsa ekspor-impor. Aktivitas perdagangan internasional ini juga turut menyumbang devisa negara Portugal.

Di awal tahun 1970-an, pertumbuhan ekonomi Portugal yang berlangsung cepat berdampak pada perkembangan dunia transportasi. Saat ini Portugal telah mempunyai jalur kereta api nasional yang menjangkau lintas negara hingga ke Spanyol. Selain itu ada pula sistem subway Lisbon Metro yang memudahkan mobilisasi penduduk secara lebih efektif dan efisien.

Politik dan Pemerintahan Portugal

Portugal merupakan sebuah negara dengan bentuk republik demokratis yang mengadopsi sistem semi presidensial representatif sejak ratifikasi konstitusi pada tahun 1976. Ibu kota negara Portugal bertempat di Lisbon sekaligus menjadi kota terbesar dan pusat aktivitas bisnis.

Sistem Pemerintahan

Portugal dipimpin oleh seorang presiden selaku kepala negara, sedangkan kepala pemerintahan dijabat oleh perdana menteri. Portugal menjalankan fungsi multipartai yang saling bersaing untuk menduduki kursi di pemerintahan pusat maupun daerah. Presiden dipilih setiap 5 tahun sekali dengan pemilihan langsung.

Fungsi legislatif dijalankan oleh parlemen yang dipilih secara tertutup oleh partai-partai dengan mengirimkan perwakilan. Undang-undang dasar yang utama di Portugal adalah Konstitusi 1976, peraturan sipil Potugal, dan bentuk kebijakan publik lain yang disahkan oleh lembaga pemerintahan bersangkutan.

Pembagian Wilayah Administratif

Portugal terbagi atas 18 distrik dan 2 daerah otonomi yang masing-masing dipimpin oleh pemimpin daerah. Distrik tersebut kemudian dibagi lagi menjadi 308 kota madya yang selanjutnya dipecah atas 3.092 paroki sipil. Masing-masing wilayah berada dalam satu unit administratif di bawah kebijakan pemerintah pusat. 18 distrik di Portugal adalah sebagai berikut: Viana do Castelo, Braga, Porto, Vila Real, Bragança, Viseu, Aveiro, Coimbra, Guarda, Castelo Branco, Portalegre, Évora, Setúbal, Beja, Faro, Santarém, Leiria, Lisbon. Sedangkan 2 daerah otonomi yaitu Madeira Autonomous Region dan Azores Autonomous Region.

Militer dan Hubungan Luar Negeri

Kekuatan militer Portugal terbagi atas angkatan darat, angkatan udara, dan angkatan laut. Pada tahun 2008, jumlah personil aktif militer Portugal sejumlah 39,200 termasuk di antaranya 7.500 adalah perempuan. Selain tentara, Portugal juga mempunyai National Republican Guard yang berada dalam otoritas kementerian pertahanan.

Portugal bergabung menjadi anggota United Nations (PBB) sejak 1955. Sebelum itu, Portugal merupakan anggota pendiri NATO pada tahun 1949 yang menjadi basis kekuatan poros barat semasa Perang Dunia II. Portugal juga bergabung dalam OECD pada 1061, kemudian menjadi keanggotaan EFTA pada 1960.

Portugal menjalin kerja sama ekonomi dengan bergabung dalam European Economis Community (MEE) pada tahun 1986 yang selanjutnya lebih dikenal sebagai European Union (Uni Eropa). Portugal juga merupakan anggota Latin Union tergabung sejak 1983, serta Organization of Ibero-American States pada tahun 1949.

Demografi Portugal

Berdasarkan sensus yang dilakukan pada tahun 2018, jumlah penduduk Portugal diperkirakan mencapai 10,562,178 jiwa dengan komposisi 52% perempuan, 48% laki-laki. Angka kelahiran di negara ini relatif kecil, hanya 9 bayi per 1000 penduduk yang jika diprosentasekan menjadi 0,009% pertumbuhan penduduk Portugal.

Arus Perpindahan Penduduk

Pada tahun 2007, di Portugal terjadi gelombang imrigran sebanyak 332,137 dan orang tanpa tempat tinggal sejumlah 10,617,575. Sementara itu pada tahun 2017, angka imrigan kian bertambah menjadi 416,682 yang berasal dari berbagai negara dengan mayoritas pengungsi perempuan.

Sebagian besar imigran tersebut berasal dari United Kingdom dan beberapa negara Eropa Utara lainnya, yang telah melegalkan diri menjadi penghuni permanen negara Portugal.

Agama dan Bahasa

Sebagian besar masyarakat Portugal menganut agama Katolik Roma (81%), selanjutnya Kristen (3,3%), dan agama lain (0,6%). Sebagai sebuah negara liberal kebebasan untuk tidak beragama diperbolehkan. Sebanyak 6,8% penduduk Portugal tidak beragama. Terdapat pula kepercayaan minoritas di Portugal yang berasal dari suku Afrika, Yahudi dan China.

Bahasa resmi Portugal ialah bahasa Portugis. Jika dilihat dari akar sejarahnya, bahasa Portugis memiliki kekerabatan dengan bahasa Roman dan Galicia. Berdasarkan indeks kemahiran dalam berbahasa Inggris internasional diperoleh bahwa tingkat kemahiran bahasa Inggris Portugal lebih tinggi dari beberapa negara Eropa seperti Spanyol, Perancis, dan Italia.

Pendidikan dan Kesehatan

Preschool bagi anak di bawah 6 tahun, dilanjutkan pendidikan dasar pada usia 9 tahun yang terdiri dari 3 tahap. Pendidikan tinggi di Portugal berupa universitas yang telah mendapatkan pengakuan di dunia.

Mayoritas siswa yang menempuh pendidikan tinggi di Portugal mendapatkan kontribusi dari pemerintah berupa uang publik. Bidang ilmu yang banyak ditekuni di Portugal adalah sains dengan lembaga pendidikan tinggi terbesar Universitas Lisbon.

Berdasarkan laporan dari Human Development Report menunjukkan bahwa rata-rata angka bertahan hidup di Portugal cukup tinggi, bahkan pada tahun 2017 meningkat mencapai 82 tahun. Masyarakat Portugal menggunakan jasa asuransi kesehatan dan jiwa secara tertib, terutama para pekerja yang ingin mendapatkan jaminan keselamatan.

Seni dan Budaya Portugal

Sebagai sebuah negara dengan peradaban tinggi Portugal mempunyai keanekearagaman budaya yang sangat kaya. Mulai dari perfilman, gaya arsitektur bangunan, musik, sastra, hingga olahraga. Kekayaan tersebut sebanyak 17 telah dicatat dalam Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Perfilman dan Arsitektur

Dunia perfilman Portugal telah berkembang sejak lama, tercatat pertama kali diciptakan pada pertengahan hingga akhir abad ke-19. Nama-nama terkenal seperti João César, Pedro Costa, António Reis, Edgar Pêra, dan sebagainya adalah beberapa yang telah diakui sebagai legenda dunia dalam bidang sinematografi dan perfilman.

Gaya arsitektur Portugal banyak dipengaruhi oleh Menueline yang terkenal pada akhir era Gothic. Ciri khas arsitektur ini adalah ornamen yang merepresentasikan dekade pertama abad ke-16. Arsitek modern Portugal Eduardo Souto de Moura dan Álvaro Siza Vieira pernah dianugerahi Pritzker Prize sebagai apresiasi karyanya yang luar biasa.

Kuliner, Sastra dan Literatur

Sebagian besar masyarakat Portugal mengonsumsi makanan kering atau yang disebut bacalhau. Ada banyak varian bacalhau dengan resep berbeda-beda. Yang paling populer adalah resep bacalhau ikan, berupa sarden dan caldeirada. Masyarakat Portugal juga mengonsumsi daging sapi, daging babi, daging ayam, dan daging domba.

Sastra Portugal merupakan salah satu sastra barat klasik yang berkembang paling awal. Pada mulanya berupa lagu, hingga tahun 1350 orang-orang Portugis-Galician menyebarkan kesusastraan Iberian Peninsula. Beragam genre tercipta seperti drama teater dan puisi. Sastrawan Portugal José Saramago bahkan menerima Nobel Sastra pada tahun 1998.

Musik dan Olahraga

Musik Portugal terdiri dari berbagai genre. Terdapat musik tradisional yang menggunakan cerita rakyat Portugis untuk dimusikkan dengan beberapa iringan instrumen drum, fute, tamborin, ukulele, dan akordion. Musik tradisional Portugal sejatinya merupakan pembaharuan genre Fado yang menjadi urban musik melankolis pada abad ke 19.

Pada genre musik klasik, jejeran nama musisi terkenal seperti pianis Artur Pizarro, Sequeira Costa, dan João Pires telah dikenal dunia. Kesuksesan musik kontemporer Portugal tidak bisa lepas dari peran komposer kenamaan di antaranya Carlos Seixas, José Vianna da Motta, Domingos Bomtempo, dan masih banyak lagi. Portugal menyelenggarakan festival musik Festival Sudoeste dan Boom Festival. Pada genre musik modern, berkembang hip hop dan rock yang turut memeriahkan festival musik akhir tahun di Portugal.

Sepakbola merupakan olahraga paling populer di Portugal. Portugal juga berhasil meraih juara di ajang UEFA European Champhionship tahun 2016 serta tahun 2018-19 UEFA Nations League. Portugal juga unggul dalam bidang olahraga lain seperti rugby, atletik, bersepeda, hingga berbagai seni bela diri taekwondo dan judo. Portugal juga meraih medali kejuaraan paralympic cabang berenang, atletik, dan lain-lain.

Itulah profil lengkap negara Portugal yang bisa menambah wawasan, mulai dari sejarah, geografi, kondisi ekonomi, politik dan pemerintahan, demografi, hingga kebudayaan. Semua informasi profil negara yang disajikan diatas sekiranya akan sangat berguna sebagai bahan untuk pembelajaran serta menambah pengetahuan umum seputar negara Portugal.

Posting Komentar