Profil Negara Hongaria [+Gambar Peta Lengkap]

profil negara hongaria
Hongaria (Hungary) merupakan salah satu negara di Benua Eropa, tepatnya di Eropa Tengah. Hongaria ini juga menjadi salah satu negara di Eropa yang termasuk dalam negara landlocked (negara yang terkurung daratan). Hal ini karena memang wilayahnya hanya berupa daratan dan tidak memiliki akses ke laut ataupun ke pantai. Karena itu jugalah batas-batas wilayah negara ini juga langsung berbatasan dengan wilayah negara lain di kawasan Eropa Tengah. Untuk mengenal lebih dalam negara ini, penjelasan berikut akan sedikit membantu.

Sejarah Negara Hongaria

Sebagai salah satu negara di Eropa, Hongaria pun tak lepas dari sejarah perkembangan benua ini dari mulai jaman kekaisaran Romawi, abad pertengahan, hingga kemudian merdeka dan menjadi negara sendiri. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah timeline sejarah perkembangan Negara Hongaria dari awal.

Era Sebelum Tahun 895

Sebelum tahun 895, negara ini dikuasai oleh Kekaisaran Romawi dan oleh mereka wilayah ini lebih dikenal dengan nama Pannonia. Bangsa Romawi kemudian jatuh di bawah tekanan dan migrasi dari suku-suku Jermanik serta Bangsa Karpia. Hingga kemudian banyak penyerang yang datang ke wilayah ini. Konon, nama Hongaria sendiri diambil dari nama Bangsa Hun yang membangun imperium pertama disini.

Setelah Bangsa Hun meninggalkan Pannonia, suku Jermanik lain pun mulai berdatangan, seperti suku Gepid dan Lombardi yang berkuasa hingga 100 tahun. Diikuti oleh Suku Slavia dan Avar pada tahun 560an. Avar inilah yang kemudian berkuasa hingga 200 tahun lebih. Kemudian pada abad ke-9, orang-orang Avar ini pun berhasil digulingkan oleh orang-orang Perancis yang berada di bawah Charlemagne serta orang orang-orang Bulgar. Beberapa Kerajaan dan kepangeranan sempat berdiri sebelum akhirnya ada Bangsa Magyar yang melakukan migrasi ke Hongaria.

Abad Pertengahan (Tahun 895-1526)

Tradisi dan sumber yang berkembang menyebutkan jika Bangsa Magyar yang nantinya juga dikenal dengan Hongaria ini didirikan oleh Arpad. Arpad inilah yang memimpin Bangsa Magyar ke Pannonia. Kemudian pada tahun 1000 didirikanlah Kerajaan Hongaria oleh Raja Szent Itsvan.

Pada awalnya, sejarah Hongaria tidak terlepas dari segitiga sejarah Polandia dan Bohemia, yang juga memiliki hubungan dengan kaisar dan paus dari Kekaisaran Suci Romawi. Hingga kemudian Hongaria mengalami kehancuran sebagian di tahun 1241-1242.

Namun, setelah berada di bawah kekuasaan Keluarga Arpad, Hongaria kemudian menjadi kerajaan independen yang kemudian mampu menciptakan kebudayaan Eropa Tengah yang khas dan berkaitan dengan Kebudayaan Eropa Barat. Sejak tahun 1308, Kerajaan Hongaria sempat dipimpin oleh Keluarga Angevin. Pada masa inilah Kerajaan Hongaria mulai memperluas kekuasaannya hingga Moldova dan Wallachia.

Kerajaan Hongaria kemudian dipimpin oleh Raja Matthias Corvinus mulai dari tahun 1458-1490. Di bawah kekuasaannya, pemerintahan Hongaria pun semakin berkembang bahkan menjadi pusat kebudayaan Eropa yang berperan sangat penting di masa Renaisans. Kebudayaan Hongaria disebut juga berpengaruh besar pada kebudayaan lain.

Era Ottoman (Tahun 1526-1699)

Hongaria juga pernah berada di bawah kekuasaan Kesultanan Ottoman, tepatnya pada awal abad ke 16. Sedangkan bagian lain dari Hongaria dikuasai oleh Austria yang mana penguasanya juga sebenarnya adalah raja-raja Hongaria. Wilayah ini kemudian dikenal dengan Kepangeranan Transilvania. Hingga kemudian pada akhir abad ke 17, Austria bersama para sekutunya merebut wilayah yang dikuasai Kekaisaran Ottoman tersebut.

Kekaisaran Austro-Hongaria

Sejarah perkembangan Hongaria kemudian berlanjut pada masa Kekaisaran Austro-Hongaria. Hongaria pada tahun 1867 akhirnya berhasil menjadi bagian otonom Kekaisaran Austro-Hongaria setelah mengalahkan koalisi Perancis dan Italia. Pada masa ini, pemerintah Hongaria berupaya melakukan Magyarisasi untuk mempersatukan kerajaan-kerajaan tersebut dengan bangsa lain.

Upaya tersebut terus dilakukan hingga akhir Perang Dunia I. Hingga kemudian kekaisaran Austro-Hongaria runtuh dan Republik Hongaris resmi memproklamasikan kemerdekaan pada 16 November 1918.

Republik Hongaria

Kekuasaan Hongaria kemudian diambil alih tepat satu tahun setelah kemerdekannya, yaitu pada tahun 1919 oleh komunis dan kemudian diproklamirkan sebagai Republik Soviet Hongaria. Namun pemerintahan ini pun tidak lama. Setelah itu, setengah lebih bagian dari Hongaria termasuk di dalamnya Budhapest dikuasai oleh Negara Rumania.

Perjanjian Trianon dibuat pada tahun 1920 untuk menetapkan batas wilayah Hongaria. Dibandingkan sebelumnya, wilayah yang baru ini berkurang 2/3 bagian baik luas wilayah maupun populasinya. Sejarah panjang Negara Hongaria berakhir pada tahun 1991 setelah Uni Soviet runtuh dan Hongaria kembali bergabung dengan Uni Eropa.

Geografi Negara Hongaria

peta hongaria
Gambar Peta Hongaria
Selain mengetahui tentang sejarahnya, Anda juga harus mengetahui tentang karakteristik geografi Negara Hongaria. Tentu saja negara ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan negara lain. Berikut adalah penjelasan karakteristik geografis Negara Hongaria.

Letak Astronomis dan Geografis

Dengan luas wilayah sebesar 93.028 km², Hongaria memiliki letak Astronomis dan Geografis yang cuku strategis. Secara astronomis, Hongaria berada pada garis antara 45°LU - 49°LU serta berada diantara garis bujur 16°BT - 23°BT. Selain itu, Hongaria juga berbatasan langsung dengan beberapa negara karena memang tergolong sebagai negara landlocked.
  • Utara: Slowakia
  • Timur: Ukraina
  • Selatan: Serbia, Kroasia dan Rumania
  • Barat: Slovenia dan Austria

Kenampakan Alam

Meskipun termasuk negara landlocked, namun Hongaria juga memiliki kenampakan alam yang cukup bervariasi. Secara keseluruhan landscapenya terdiri dari dataran dan tanah yang rata, membentang mulai dari Basin Karpati. Sedangkan di bagian utara di perbatasan Slowakia, terdapat gunung-gunung yang rendah dan bukit-bukit dengan titik tertingginya adalah 1.014m yang berada di Kekes.

Wilayah perbukitan utamanya bernama Transdanubia yang di dalamnya terdiri dari berbagai gunung namun dengan ketinggian yang tidak terlalu tinggi. Di dalam perbukitan ini termasuk di dalamnya juga adalah bagian paling timur Pegunungan Alpen. Dari perbukitan tersebut di dalamnya juga termasuk Pegunungan Alpokalja, serta Pegunungan Villany dan Mecsek di bagian selatannya. Titik tertingginya berada pada ketinggian 882 meter.

Aliran Sungai Danube, yang merupakan aliran utama sungai di negara ini, membagi wilayah Negara Hongaria menjadi dua bagian. Selain sungai utama ini, ada pula beberapa Sungai besar lain yang mengalir, termasuk juga Sungai Drava dan Sungai Tisza.

Wilayah di sebelah barat terdapat sebuah danau utama bernama Danau Balaton. Danau ini merupakan danau hangat terbesar yang ada di dunia. Danau kedua merupakan danau buatan, yang bisa dibilang danau buatan terbesar di Eropa, terletak di Basin Karpatia. Danau tersebut adalah Danau Tisza.

Kondisi Iklim

Kondisi Iklim Hongaria termasuk dalam kategori iklim Benua. Ketika masuk musim dingin, suhu menjadi sangat dingin, lembab dan berawan. Sedangkan ketika musim panas, bisa berlangsung hangat hingga panas. Temperatur rata-rata tahunan berkisar antara 9,7°C. Ketika musim dingin, suhunya mulai dari 0 sampai -15°C, Sedang yang paling tinggi bisa mencapai 27-32°C. Curah hujan rata-rata per tahunnya bisa mencapai 600 mm. Namun, ada satu wilayah kecil dari negara ini yang bisa menikmati iklim mediterania.

Ekonomi Negara Hongaria

Selain karakter geografis, aspek ekonomi negara ini juga harus dipelajari untuk bisa mengenal lebih dalam tentang negara Hongaria. Negara Hongaria sempat mengalami peralihan sistem ekonomi dari yang awalnya terpusat, yang merupakan ciri khas sistem ekonomi negara komunis, menjadi sistem ekonomi pasar. Saat ini bahkan pertumbuhan ekonomi negara ini terus mengalami pertumbuhan signifikan, bahkan termasuk dalam salah satu negara maju di dunia.

Hongaria memiliki Pendapatan Domestik Bruto sebesar US$ 283,6 miliar. Sedangkan pendapatan per kapitanya adalah mencapai US$ 28.900. Pada tahun 2017, pertumbuhan ekonomi Hongaria mencapai 3.2% dengan sektor utama perekonomian bergantung pada industri farmasi, pengolahan makanan dan tekstil, matalurgi, pertambangan dan industri kendaraan bermotor.

Sektor Industri

Seperti yang sudah sedikit disinggung sebelumnya, perekonomian Hongaria mayoritas bergantung pada bidang industri. Industri utama yang diandalkan oleh Hongaria adalah industri farmasi, kendaraan bermotor, pemrosesan makanan dan barang-barang listrik. Dari komoditi industri inilah Hongaria mendapatkan banyak investasi dari investor asing. Komoditi yang sudah disebutkan sebelumnya juga menjadi komoditas ekspor andalan Hongaria dengan presentase ekspor alat mesin mencapai 53%.

Pariwisata

Sektor selanjutnya yang menjadi sektor perekonomian andalan Hongaria adalah pariwisata. Meskipun tergolong negara kecil, namun Hongaria juga mengandalkan sektor pariwisata sebagai sektor ekonomi yang bisa diandalkan. Hal ini terlihat dari besarnya pengunjung atau wisatawan yang berkunjung ke negara ini. Pada tahun 2014, tercatat 12,1 juta orang wisatawan mengunjungi Hongaria. Hal ini bisa menjadi salah satu indikasi suksesnya sektor pariwisata di Hongaria.

Ekspor Impor

Sektor ekonomi sebuah negara tak akan berhasil tanpa adanya kerjasama ekonomi antar negara yang berperan di dalamnya. Begitu pula dengan Hongaria. Meskipun tergolong negara maju, Hongaria juga tetap membutuhkan aktivitas ekspor impor untuk tetap mempertahankan kestabilan ekonominya. Bisa dibilang, kegiatan impor negara ini memang lebih mendominasi dengan komoditas impor mulai dari alat mesin, produk makanan dan listrik.

Sedangkan dari kegiatan impor, ada beberapa hal yang tidak dimiliki oleh negara Hongaria dan membuatnya harus mengimpornya dari negara lain. Komoditas-komoditas tersebutlah yang membuat perekonomian Hongaria tetap stabil.

Politik dan Pemerintahan Hongaria

Berlanjut ke aspek politik dan Pemerintahan. Negara Hongaria merupakan sebuah negara dengan sistem pemerintah Republik Parlementer. Untuk mengenal lebih jelas tentang sistem pemerintahan dan politik di Hongaria, berikut penjelasan lengkapnya.

Eksekutif

Sebagai sebuah negara Republik Parlementer, kekuasaan tertinggi Hongaria berada di tangan Presiden. Meskipun sebenarnya bisa dibilang hal tersebut hanya bersifat seremonial. Kekuasaan presiden termasuk juga didalamnya adalah penunjukan perdana menteri. Disinilah perdana menteri juga memiliki peran eksekutif karena perdana menteri bertugas dan berhak untuk memilih para menteri yang yang bertugas di dalam kabinet. Perdana menteri juga mempunyai hak untuk memberhentikannya.

Legislatif

Kekuasaan legislatifnya berada di tangan dewan nasional. Dewan nasional ini merupakan parlemen satu kamar yang di dalamnya berisi 386 orang anggota. Lembaga ini merupakan lembaga pembuat undang-undang yang mengusulkan sekaligus menyetujui undang-undang yang mana undang-undang tersebut disponsori oleh perdana menteri.

Lembaga inilah lembaga pemerintahan tertinggi di Hongaria. Para anggota parlemen dipilih secara langsung melalui pemilihan umum. Pemilihan umum ini digelar setiap 4 tahun sekali. Apabila terjadi masalah dalam pelaksanaan konstitusi seperti adanya undang-undang yang tidak konstitusional, maka akan dilakukan pengadilan konstitusional. Dengan sistem, ada total 11 anggota yang menentang undang-undang tersebut.

Demografi Hongaria

Selanjutnya akan dibahas tentang persebaran penduduk Hongaria. Dengan jumlah populasi mencapai 9.850.845 jiwa. Berdasarkan sensus pada tahun 2017, jumlah ini mengalami penurunan sebesar -0.25%. Ini membuat Hongaria menjadi satu-satunya negara yang mengalami penurunan jumlah penduduk. Penurunan jumlah penduduk ini disebabkan karena tingkat kematian bayi yang cukup tinggi. Pembagian demografi penduduk Hongaria adalah sebagai berikut.

Suku Bangsa / Etnis

Etnis yang mendiami wilayah Hongaria cukup bervariasi, walaupun memang didominasi oleh etnis asli Hongaria. Sekitar 95% dari total penduduknya adalah penduduk Hongaria asli. Sisanya adalah etnis minoritas yang terdiri dari etnis Jerman 1.2%, orang Roma 2%, Rumania 0.8% dan lain sebagainya.

Bahasa

Bisa dibilang Negara Hongaria ini adalah negara multi etnis. Namun meskipun demikian, bahasa mayoritas yang digunakan adalah Bahasa Hongaria, dengan total pengguna bahasa ini adalah 99,6 persen penduduknya. Dari jumlah ini, 98,9% adalah penduduk yang menggunakan Bahasa Hongaria sebagai Bahasa ibu. Sedangkan sisanya menjadikannya sebagai bahasa kedua.

Bahasa Hongaria sendiri masuk dalam kategori rumpun bahasa Uralik. Artinya, bahasa ini sama sekali tidak memiliki hubungan dengan bahasa lain yang berada sebagai tetangga atau berkerabat dengan Hongaria. Ada pula beberapa bahasa minoritas yang digunakan di Hongaria seperti Bahasa Jerman, Romania, Kroasia dan lain sebagainya.

Agama

Berdasarkan sejarah, bisa dibilang Hongaria adalah rumah bagi para pemeluk Kristen Ortodoks. Berdasarkan berbagai sumber data, sekitar 50% penduduk Hongaria adalah penganut Ortodoks Yunani dan Katolik Roma. Selanjutnya dengan jumlah 30% adalah agama minoritas Calvinis. 5% dari populasinya menganut Lutheran dan Yahudi sebesar 1%. Data ini pun sebenarnya tidak terlalu representative, karena pada kenyataannya hanya sekitar 25% dari jumlah populasi yang taat beragama.

Seni dan Budaya di Hongaria

Berikutnya adalah kebudayaan dari Negara Hongaria ini. Ada berbagai produk kebudayaan yang menjadi ciri khas dari Negara Hongaria. Berikut adalah beberapa diantaranya.

Sastra

Sastra dari Hongaria terkenal cukup kaya, meskipun memang tidak terkenal di dunia internasional. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan tentang Bahasa Hongaria itu sendiri. Salah satu penyair terkenal dari Hongaria bernama Janos Arany. Penyair ini banyak menulis puisi terkenal, bahkan baru-baru ini juga mendapatkan hadiah nobel untuk sastra.

Arsitektur

Dalam bidang arsitektur, Hongaria terkenal dengan Great Synagogue yang merupakan sinagog terbesar di kawasan Eropa. Sinagog ini dibangun pada tahun 1859 dengan menggunakan gaya Moorish serta bisa menampung sekitar 3000 orang. Selain itu juga ada beberapa bangunan arsitektur lain yang terkenal seperti kolam pengobatan terbesar di Eropa, gedung parlemen yang menjadi gedung paling besar di Eropa dan masih banyak lagi yang lainnya.

Musik

Musik dari Negara Hongaria merupakan perpaduan antara musik rakyat dengan musik yang dibuat oleh para komponis Barok dan Romantik. Sedangkan pada musik tradisionalnya, Hongaria cenderung memiliki irama dactyl yang menjadi ciri khasnya. Hal ini juga sama seperti bahasa yang digunakan yang mana biasanya cenderung memberikan tekanan di setiap suku kata pertama.

Kuliner

Terakhir adalah kuliner Hongaria yang merupakan ciri khas dari negara ini. Ciri utamanya adalah pemberian bumbu khas seperti paprika serta penggunaan bahan yang khas seperti daging babi atau sapi pada masakan berjenis sup nya.

Demikian tadi penjelasan lengkap tentang Negara Hongaria. Mulai dari sejarah, geografi, ekonomi, politik dan Pemerintahan, demografi hingga kebudayaannya. Dengan mempelajari satu per satu aspek dari profil negara maka akan memberikan banyak informasi serta hal baru untuk mempelajari karakteristik dari sebuah negara.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel