Apakah Kanada Lebih Luas dari Amerika Serikat?

luas kanada dan amerika serikat
Kanada adalah sebuah negara yang terletak di Benua Amerika Utara dan berbatasan dengan Negara Amerika Serikat serta 3 samudera yaitu Samudra Pasifik Utara, Atlantik Utara, dan Samudra Arktik. Perbatasan Amerika - Kanada yaitu sepanjang 5.525 mil merupakan batas antar 2 negara yang paling panjang di dunia. Kanada hanya memiliki satu perbatasan darat yaitu hanya dengan Amerika Serikat, sedangkan Amerika Serikat berbagi perbatasan juga dengan Meksiko.

Luas Kanada melebihi Amerika Serikat?

Ya, luas wilayah Kanada lebih besar dari Amerika Serikat. Diketahui bahwa Luas wilayah AS sekitar 2/3 ukuran Benua Afrika atau 1/2 ukuran Rusia, dan atau lebih dari 2 kali ukuran Uni Eropa. Namun tetap saja wilayah Amerika Serikat lebih kecil dari Kanada.

Kanada menempati wilayah seluas 3.855.100 mil persegi, menjadikannya negara terluas ke-2 di dunia, sementara Amerika Serikat menempati wilayah seluas 3.796.742 mil persegi.

Kanada memiliki garis pantai yang lebih panjang daripada Amerika Serikat. Kanada tercatat sebagai negara dengan garis pantai terpanjang di dunia. Panjang garis pantai Kanada lebih dari 151.019 mil. Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Kanada dan Amerika Serikat berjarak 200 mil laut.

(Lihat disini Profil Negara Kanada)

Kondisi Geografis Kanada

Kanada terdiri dari 3 wilayah teritorial dan 10 provinsi yang membentang dari Pasifik ke Atlantik dan dari utara ke Samudra Arktik. Meskipun Kanada adalah negara terluas kedua di dunia setelah Negara Rusia, akan tetapi sebagian besar wilayahnya didominasi oleh tundra dan hutan.

Yang perlu diperhatikan disini adalah Amerika Serikat ternyata memiliki luas daratan yang lebih besar dibandingkan Kanada. Luas daratan Amerika Serikat 3.531.905 mil persegi, sedangkan Kanada sekitar 3.511.023 mil persegi.

Kanada memiliki wilayah daratan terluas ke-4 di dunia. Kanada memiliki banyak danau serta sungai besar yang menempati sekitar 8,92% dari luas wilayahnya. Dari 13 wilayah di Kanada (3 teritorial dan 10 provinsi), hanya dua wilayah yang bersifat "landlocked" (terkurung oleh daratan) yaitu Saskatchewan dan Alberta.

Di Kanada, Pulau "Stasiun Peringatan Pasukan" Ellesmere tercatat sebagai pemukiman paling utara di dunia. Sedangkan pulau Arktik, Kepulauan Ellesmere, Victoria, dan Baffin, masuk dalam peringkat sepuluh pulau terbesar di dunia.

Kondisi Iklim Kanada

Rata-rata suhu musim panas dan musim dingin di Kanada bervariasi dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Musim dingin di Kanada cukup ekstrim dimana suhunya dapat turun hingga -50°C disertai angin kencang. Tanah di daerah non-pesisir ditutupi oleh salju selama sekitar 6 bulan setiap tahun.

Pantai-pantai di British Columbia mengalami iklim sedang disertai dengan musim dingin dan hujan. Suhu rata-rata di pantai sebelah barat dan timur bisa mencapai 20°C. Akan tetapi, pada saat musim panas suhu rata-rata di pesisir sekitar 30°C. Kondisi iklim di Bagian utara negara Kanada sangatlah ekstrem, karena dapat mengalami musim salju sepanjang tahun akibat terjadinya iklim kutub.

Penduduk Kanada

Dengan populasi penduduk AS yang lebih dari 330.147.848 orang (Data Januari 2020), maka penduduk Amerika Serikat kenyataannya jauh lebih banyak dibandingkan Kanada yang hanya 37.595.970 orang (Data Januari 2020). Kepadatan populasi Kanada adalah 4 orang / kilometer persegi yang merupakan salah satu negara dengan tingkat kepadatan penduduk terendah di dunia.

Mayoritas penduduk Kanada hidup setempat-setempat (kelompok) di wilayah sepanjang 186,4 mil dari perbatasan Amerika Selatan - Kanada. Lebih dari 4/5 penduduk Kanada tinggal dalam 93 mil dari perbatasan Kanada-Amerika.

Provinsi terpadat di Kanada yaitu Ontario diikuti oleh Quebec dan British Columbia. Sejak tahun 2011 hingga saat ini populasi penduduk Kanada meningkat rata-rata sebesar 5%. Peningkatan jumlah penduduk Kanada hampir 66% dipengaruhi oleh kedatangan imigran di negara tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel