14+ Bentang Alam Benua Eropa Terpopuler

bentang alam benua eropa
Bentang Alam Benua Eropa - Nama "Eropa" berasal dari mitologi Yunani. Benua ini sebenarnya diberi nama "Europa" yaitu merupakan nama dari seorang putri Fenisia yang di culik oleh dewa Zeus. Ukuran Benua eropa adalah 9.938.000 km persegi atau 3.837.081 mil persegi dan diatasnya membentang berbagai bentukan alam yang bervariasi (lihat Peta Eropa). Bentang Alam Benua Eropa yang paling populer diantaranya yaitu Pegunungan Ural, Alpen, dan Carpathian. Lalu bagaimana sebenarnya kondisi bentang alam benua eropa ini? silahkan simak penjelasannya.

1. Pegunungan Carpathian
Pegunungan Carpathian merupakan Susunan gunung-gunung yang membentuk perbatasan alami antara Slovakia dan Polandia Selatan. Pegunungan ini terletak di Eropa Timur dan menjadi sumber Sungai Dnister, Tisza, dan Vistula serta membentang keselatan melalui Ukraina dan Romania. Puncak tertinggi berada pada Gunung Gerlachovkain di Slovakia Utara dengan ketinggian 8.711 kaki (2,6 km).

2. Barisan Pegunungan Appenine
Appenine memiliki panjang 830 mil membentang di sepanjang Semenanjung Italia. Sehingga biasa juga dijuluki sebagai tulang punggung Negara. Dan menjadi sumber sungai yang berada di Italia termasuk S.Arnold, Thiber dan Volturnu. Titik tertinggi berada pada Gunung Corno dengan ketinggian mencapai 9.560 kaki (2.914 m).

(Baca juga mengenai fenomena alam langka yang pernah terjadi di dunia)

3. Pegunungan Balkan
Pegunungan Balkan terdiri dari gunung-gunung yang membentang dari Yugoslavia melintasi Bulgaria dan melewati Albania, Yunani dan Makedonia.

Diantara gunung-gunung yang ada pada Pegunungan Balkan, salah satu gunung yang memiliki puncak yang paling tinggi dan paling terkenal di Yunani adalah Gunung Olympus. Dari mitos yang ada pada jaman kuno gunung tersebut menjadi rumah Zeus dan pada tahun 1979 menjadi taman nasional pertama di Yunani.

4. Barisan Pegunungan Pyreness
Pengunungan ini menjadi pembatas alami antara Perancis dan Spanyol. Dengan bentang sekitar 270 mil panjangnya dari Teluk Biscau ke Laut Mediterania. Pico De Aneto adalah gunung tertinggi dengan titik ketinggian 3.164 kaki.

5. Pegunungan Ural
bentang alam benua eropa
Gambar salah satu puncak Pegunungan Ural.
Bentang alam Benua Eropa yang terkenal selanjutnya adalah Pegunungan Ural. Pegunungan Ural berbatasan langsung dengan negara asia dan eropa. Pegunungan ini memiliki panjang sekitar 2.640 mil dan memanjang dari ujung Utara Federasi Rusia melewati Kazakhstan. Gunung tertinggi yang berada pada Pegunungan Ural adalah Mt. Naridnaya dengan ketinggan sekitar 6.214 Kaki.

6. Dataran Rendah Eropa Utara
Dataran Eropa Utara berbatasan dengan Laut Baltik, Denmark dan Finlandia, Nowergia dan Swedia, hingga mencapai 2.500 mil ke bagian timur Negara Rusia. Dengan bentuk tanah yang datar dan subur, sehingga penduduknya lebih dominan bertani atau bercocok tanam.

7. Perisai Skandinavia
Perisai Skandinavia adalah daerah kuno yang berasal dari tanah berbatuan dilapisi dengan batu granit yang kemudian dihancurkan oleh surutnya lapisan es. Tanah tersebut ditutupi oleh ribuan danau dan di selingi oleh Sungai.

8. Dataran Tinggi Mesata
Mesata dikelilingi oleh beberapa pegunungan yakni di bagian Utara terdapat Gunung Cantabrian, di bagian Tengah terdapat Sierra De Gata dan Sierra Guadarrama. Selanjutnya, di bagian Selatan terdapat Sierra Morena dan Sierra Nevada, sehingga Costa Verde, Lembah Ebro, Mediterania dan Lembah Andalucia terpisah dari Mesata. Dataran tinggi Mesata hampir mencakup seluruh negara spanyol, dengan rata-rata 2.300 kaki (700 M) pada bagian Utara dan 2.000 Kaki (600 M) pada bagian Selatan.

9. Pegunungan Kjolen
Pegunungan Kjolen membentang di sepanjang perbatasan antara Norwegia Timur dan Swedia Barat. Sistem Gunung yang bergerigi dan memiliki puncak tertinggi yang terdapat pada Gunung MT. Kebnekaise dengan ketinggian sekitar 6.965 Kaki (2.123 m).

10. Massif Central
Massif Central adalah rangkaian Pegunungan yang terdapat di Perancis bagian Utara yang merupakan sumber dari Allier, Creuse dan Loire. Luas pegunungan tersebut sekitar 32.189 mil atau 85.001 km persegi. Puncak tertinggi dari pegunungan tersebut terdapat pada gunung Puy De Sancy, dengan ketinggian sekitar 6.286 kaki (1.885 m).

11. Pegunungan Alpen
Pegunungan Alpen merupakan salah satu bentang alam di Benua Eropa yang sangat terkenal. Pegunungan ini membentang sekitar 700 mil dari garis pantai Perancis bagian Selatan melewati Swiss, Italia Utara dan Austria. Sedangkan bagian tenggara melewati Slovenia, Kroasia, Herzegovina dan Albania. Salah satu puncak tertinggi terdapat pada gunung Mont Blanc dengan ketinggian sekitar 15.771 kaki (4.807 m).

Beberapa keindahan alam yang terdapat pada Pegunungan Alpen, diantaranya gletser, danau, dan lembah serta beberapa anak sungai seperti Danube, Po, Rhine dan Rhoni. Sehinggga tak heran kalau banyak wisatawan yang berkunjung ketempat tersebut.

(Lihat disini sungai terpanjang di Eropa)

12. Dataran Tinggi Atlantik
Dataran ini terbentuk sejak pembentukan Gunung Caledonian atau pada saat tumbukan lempeng antara lempeng bagian barat dengan Perisai Skandinavia. Pegunungan yang terdapat pada Dataran tersebut adalah Kjolen di Nowergia dan Swedia, serta Pennines yang terbentang luas hingga Inggris Tengah.

13. Pegunungan Kaukasus
bentang alam yang ada di benua eropa
Kaukasus sebagai salah satu bentang alam populer di Benua Eropa.
Pegunungan Kaukasus terletak di antara Laut Hitam dan Laut Kaspia. Puncak tertinggi dari pegunungan tersebut terletak di Eropa diantaranya Mt. Elbrus dengan ketinggian 18.506 kaki atau 5.642 m.

14. Dataran Tinggi Hongaria
Dataran Tinggi ini dikelilingi oleh pegunungan dan letaknya di Eropa Tenggara. Ada beberapa hutan kecil dan bagian rumput yang luas. Dataran tersebut terletak 100 meter dari atas permukaan laut. Tak heran kalau Kondisi masyarakatnya sering menderita kekeringan dan hanya mengandalkan salju yang mengalir dari Pegunungan Alpen dan Pegunungan Carpathian, pada saat musim salju.

Demikian beberapa bentang alam benua eropa yang dipilih oleh geologinesia untuk mewakili kenampakan alam dari benua biru tersebut. Setidaknya beberapa bentang alam yang disebutkan diatas cukup familiar kita dengar sehari-hari, sehingga diharapkan nantinya Anda bisa menjelaskan bentang alam benua Eropa ke orang-orang yang belum mengetahuinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel