Daftar Nama Lembah di Indonesia Berdasarkan Letaknya

lembah di indonesia
Lembah di Indonesia - Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki kenampakan alam yang cukup lengkap mulai dari daratan tinggi, pegunungan, lembah, dataran rendah hingga pantai. Berbicara tentang lembah di Indonesia, setiap pulau di Indonesia memiliki berbagai lembah dengan karakteristik yang berbeda-beda pula. Untuk Lebih lengkapnya akan dibahas di bawah ini.

Pengertian Lembah

Seperti dijelaskan sebelumnya, lembah di Indonesia sangat banyak jumlahnya dan tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Sebelumnya Anda harus tahu pengertian lembah itu sendiri. Lembah adalah bentang alam berbentuk cekungan yang memiliki ukuran sangat panjang dan dikelilingi oleh pegunungan. Bentang alam ini sering disebut dengan daratan yang terperosok karena memang dilihat dari bentuknya yang cekung dan menjorok ke bawah.


Bentuknya yang cekung ini disebabkan oleh proses pembentukannya karena faktor tektonik yang terjadi ribuan hingga jutaan tahun yang lalu. Cekungan yang terbentuk secara tektonik ini selanjutnya mengalami pengikisan oleh air, angin maupun es. Proses pengikisan inilah yang pada akhirnya membentuk kenampakan alam berupa lembah.

Lembah di Indonesia ada banyak jumlahnya seiring dengan banyaknya pegunungan yang juga bisa ditemukan di Indonesia. Berikut adalah beberapa nama lembah di Indonesia yang dapat kita jumpai berdasarkan letaknya.

Lembah di Pulau Jawa

Jawa adalah wilayah di Indonesia yang memiliki kenampakan alam yang cukup bervariasi. Salah satu yang cukup banyak dan mudah dijumpai di Pulau Jawa adalah lembah. Berikut ini adalah beberapa nama lembah di Jawa beserta karakteristiknya.

1. Lembah Dieng Plateau
Berbicara tentang kenampakan alam berbentuk lembah di Indonesia, rasanya tak akan lengkap jika tidak membahas lembah Dieng Plateau yang berada di Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di Kabupaten Wonosobo ini. Dieng Plateau ini terletak di dataran tinggi Dieng dengan karakteristik berupa keindahan alam serta hawanya yang sejuk.

Karakteristik lembah Dieng Plateau lainnya adalah letaknya yang dikelilingi oleh bukit. Selain itu, lembah ini juga memiliki karakteristik khusus karena terbentuk akibat aktivitas geologi. Salah satunya adalah terdapat telaga yang juga terbentuk akibat aktivitas gunung berapi.


2. Lembah Green Canyon
Lembah terkenal di Jawa selanjutnya adalah Lembah Green Canyon yang ada di Provinsi Jawa Barat. Green Canyon ini juga masuk sebagai lembah terindah di Indonesia. Green Canyon juga menawarkan keindahan alam yang sejuk layaknya di daerah pegunungan lainnya.

Green Canyon terbentuk dari pengikisan Sungai. Karena itu, karakteristik utama yang menjadi ciri khas lembah ini adalah masih adanya sungai yang mengalir di sepanjang lembah Green Canyon ini.

Lembah di Pulau Sumatera

Selain Jawa, Sumatera juga menjadi surga lembah di Indonesia yang memiliki keindahan yang luar biasa. Berikut ini beberapa lembah di Sumatera, yaitu:

1. Lembah Sianok
lembah di sumatera, indonesia
Lembah pertama yang sangat terkenal di Sumatera adalah Lembah Sianok. Letaknya berada di perbatasan antara Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam.

Lembah ini memiliki ciri khas berupa jurang yang dalam dan berbentuk tegak lurus. Karakteristik ini didapatkan karena proses pembentukannya yang terjadi akibat patahan yang memisahkan Sumatera menjadi 2 bagian.

2. Lembah Asahan
Selain Lembah/Ngarai Sianok, lembah Asahan juga menjadi lembah berikutnya di Sumatera yang terkenal karena keindahan panoramanya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, lembah ini bahkan sudah ada jauh sebelum terjadinya letusan Toba.

Karakteristik yang juga menjadi daya tarik lembah ini adalah tebing-tebing tinggi yang menjulang seolah menjadi dinding pembatas lembah. Dari tebing-tebing ini jugalah terdapat banyak air terjun yang indah dan jernih yang juga menjadi karakteristik dan daya tarik tersendiri bagi Lembah Asahan.

Lembah di Pulau Kalimantan

Tak kalah dengan lembah di Jawa dan Sumatera yang memang menjadi lembah di Indonesia terbaik, Kalimantan juga memiliki lembah dengan keindahan dan daya tarik tersendiri. Berikut adalah beberapa lembah di Kalimantan yang memiliki panorama menakjubkan.

1. Lembah Kahung
Lembah Kahung adalah lembah di Kalimantan yang memiliki keindahan dan panorama alam ya h menakjubkan. Lembah ini masih sangat terjaga keasriannya. Meskipun belum mendapat perhatian dari pemerintah, keindahan lembah ini sudah banyak dikenal oleh wisatawan yang ingin mengunjunginya.

Karakteristik utama lembah ini adalah masih terjaganya keanekaragaman hayati Pulau Kalimantan. Hal tersebut terbukti dengan mudahnya ditemukan satwa dan flora endemik Kalimantan di kawasan lembah ini.

2. Lembah Sungai Danum
Lembah sungai selanjutnya yang ada di Pulau Kalimantan adalah Lembah Sungai Gedang. Sedikit berbeda dengan lembah lain di daerah lain di Indonesia, lembah ini merupakan area hutan dataran rendah yang merupakan hutan dataran rendah terluas di Asia Tenggara.

Karena terletak di wilayah dataran rendah, lembah ini memang tidak memiliki ciri-ciri layaknya lembah lain di Pulau Jawa atau Sumatera yang memiliki suhu relatif rendah. Namun karakteristik lembah yang sejuk masih bisa ditemukan disini. Karakteristik utama dari lembah ini adalah area hutannya yang lebat menjadi kawasan konservasi flora dan fauna endemik dan langka di Kalimantan.

Lembah di Pulau Sulawesi

Beralih ke Pulau Sulawesi, pulau ini juga memiliki berbagai lembah yang indah dan mempesona serta memiliki daya tarik tersendiri. Seperti beberapa lembah di Sulawesi berikut ini:

1. Lembah Bada
Lembah Bada terletak di Provinsi Sulawesi Tengah, tepatnya di Kabupaten Poso dan merupakan bagian dari Taman Nasional Lore Lindu. Untuk menuju ke lembah ini tidak begitu sulit, namun membutuhkan waktu cukup lama dari pusat Kota Poso.

Hal yang menjadi karakteristik dari lembah ini adalah keunikan berupa banyaknya patung Megalitikum di area lembah ini. Tak hanya itu, lembah ini terletak di daerah yang cukup datar namun dikelilingi oleh perbukitan. Karena karakteristik geografisnya ini yang membuat lembah Bada menawarkan daya tarik dan pemandangan yang berbeda.

2. Lembah Walanae
Lembah Walanae ini terletak di Provinsi Sulawesi Selatan yaitu di Kabupaten Bone. Selain menawarkan pemandangan alam khas pegunungan yang menyejukkan, lembah ini juga memiliki karakteristik khas yang membedakannya dengan lembah lain.

Di lembah ini mengalir Sungai Walanae dimana di dalamnya tersimpan Fosil dan benda bersejarah peninggalan purbakala. Karena ciri khasnya inilah lembah Walanae juga dikenal dengan lembah Paleolitikum terbesar.

Lembah di Pulau Papua

Dari pulau paling timur Indonesia juga memiliki lembah menarik. Lembah di Indonesia bagian timur ini juga tak kalah mempesona dibandingkan lembah-lembah di wilayah lain Indonesia.

Lembah yang ada di Papua yakni Lembah Baliem. Lembah yang terletak di pegunungan Jayawijaya, terletak di ketinggian 1600m di atas permukaan laut.

Lembah ini memiliki karakteristik berupa panjang yang mencapai 80km. Lebarnya juga cukup lebar yakni mencapai 20km dan terletak di atas ketinggian 1.600 m. Dengan karakteristik ini, tak heran jika banyak yang memuji lembah Baliem sebagai lembah terindah.

Dari penjelasan banyaknya lembah di Indonesia yang dipaparkan di atas, bisa diketahui betapa kaya negeri kita ini. Dengan mengetahui tentang kekayaan dan keanekaragaman di Indonesia, semoga juga bisa memunculkan perasaan untuk menjaga dan melestarikan kekayaan tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel