Nama Lembah di Pulau Sulawesi yang Terpopuler

Lembah di Pulau Sulawesi - Indonesia terkenal dengan kenampakan alamnya yang beraneka ragam. Mulai dari pantai, dataran rendah, dataran tinggi, gunung dan pegunungan hingga stepa dan sabana. Jika berbicara tentang pegunungan, ada bagian lain dari pegunungan yaitu lembah. Lembah adalah tanah berbentuk cekungan rendah yang berada di kaki pegunungan. Lembah ini bisa terjadi akibat proses geologis di wilayah tertentu, terutama di kaki pegunungan yang kemudian menyebabkan adanya area yang tidak merata.

Di Indonesia sendiri karena memiliki banyak pegunungan, maka lembah juga tidak sulit ditemukan. Salah satu daerah yang memiliki kawasan lembah yang luas dan terkenal sehingga kemudian dijadikan tempat wisata, yaitu di Pulau Sulawesi. Berikut adalah beberapa lembah di Sulawesi yang cukup terkenal bahkan menjadi destinasi wisata favorit (lihat juga: Lembah di Pulau Sumatera).

Sulawesi merupakan satu dari diantara wilayah dataran tinggi yang ada di Indonesia. Sulawesi juga dikelilingi oleh pegunungan yang menjulang di sepanjang datarannya. Membentang dari satu wilayah menuju wilayah lainnya memberikan pemandangan alam yang menakjubkan di Sulawesi. Tidak hanya pegunungan, lembah juga menjadi daya tarik tersendiri di Sulawesi. Seperti daftar lembah di Sulawesi di bawah ini yang memiliki keindahan yang mempesona.

1. Lembah Ramma
Lembah Ramma berada di kaki gunung Lompobattang dan Gunung Bawakareang. Lokasinya berada di Kabupaten Gowa. Lokasinya yang berada di kaki gunung, untuk mencapainya Anda harus mendaki terlebih dahulu. Letaknya yang berada di kaki gunung dengan pemandangan bukit yang mengelilingi, padang rumput hijau yang membentang layaknya permadani alam membuat lembah ini banyak digunakan sebagai tempat berkemah.

2. Lembah Biru
Masih dari Sulawesi Selatan, lembah di Sulawesi satu ini juga menjadi lembah yang cukup terkenal, terutama di daerah Gowa Sulawesi Selatan. Sedikit berbeda dengan lembah-lembah lain yang ada di Sulawesi, lembah ini juga menawarkan pemandangan khas pegunungan yang sejuk dan perbukitan tinggi. Yang berbeda adalah di lembah ini sudah dikembangkan dengan menambahkan beberapa fasilitas wisata lengkap (lihat juga: Lembah di Pulau Jawa).

3. Lembah Lore
Lembah selanjutnya yang juga cukup terkenal di pulau Sulawesi adalah lembah Lore Lindu yang berada di Provinsi Sulawesi Tengah, sekitar 60km dari Kota Palu. Lembah ini selain terkenal karema pemandangan alamnya yang menakjubkan juga karena menjadi situs megalithikum tertua. Ketika berkunjung kesini Anda bisa melihat ada banyak patung megalitik yang berdiri tegak di sepanjang lembah menunjukkan adanya peradaban yang cukup besar di masanya.

4. Lembah Lemelu
Daftar terakhir lembah di Sulawesi yang cukup terkenal ditempati oleh Lembah Lemelu yang berada di Provinsi Sulawesi Tengah tepatnya di Pulau Peling Banggai, Desa Lemelu Kabupaten Banggai Kepulauan. Lembah Lemelu juga memiliki pemandangan menakjubkan khas pegunungan.

Untuk menuju ke lembah ini cukup mudah karena bisa dijangkau dengan kendaraan bermotor. Di sepanjang perjalanan pun Anda bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan. Keunikan dari lembah ini adalah adanya Danau Peling yang akan surut dalam waktu 6 bulan sekali dan di dasarnya kemudian ditumbuhi rumput (lihat juga: Lembah di Papua).

Lembah-lembah yang ada di Sulawesi yang dijelaskan di atas bisa dikelompokkan seperti dalam tabel berikut:
Nama Lembah di Sulawesi Lokasi
Lembah Ramma Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan
Lembah Biru Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan
Lembah Lore Lindu Kota Palu, Sulawesi Tengah
Lembah Lemelu Kabupaten Banggai Pulau, Sulawesi Tengah

Demikian tadi daftar beberapa lembah di Sulawesi yang memiliki pesona yang berbeda dan pastinya menakjubkan. Dengan daftar ini, Anda bisa memiliki referensi berbeda untuk menghabiskan waktu berlibur.

Nama Lembah di Pulau Sulawesi yang Terpopuler