Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kondisi Geografi Pakistan dan Fakta Menarik Lainnya

Negara Pakistan, secara resmi disebut Republik Islam Pakistan, terletak di kawasan Timur Tengah berdekatan dengan Laut Arab dan Teluk Oman, serta berbatasan langsung dengan Afghanistan, Iran, India, dan China. Walaupun dipisahkan oleh koridor Wakhan di Afghanistan, sebenarnya Pakistan sangat dekat dengan negara Tajikistan.

Pakistan memiliki jumlah penduduk terbesar keenam di dunia, dan populasi Muslim terbesar kedua setelah Indonesia. Pakistan dibagi menjadi empat provinsi, satu wilayah teritorial, dan satu wilayah ibukota sebagai lokal administrasi.

Fakta Geografi Negara Pakistan

Fakta Geografis Pakistan
Nama Resmi Republik Islam Pakistan
Ibukota Islamabad
Populasi 207.862.518 (2018)
Bahasa Resmi Bahasa Urdu, Bahasa Inggris
Mata uang Rupee Pakistan (PKR)
Bentuk Pemerintahan Republik Parlementer Federal
Letak Astronomis 20°-37°LU dan 66°-75°BT
Iklim Sebagian besar gurun panas dan kering; iklim sedang di barat laut; iklim Arktik di utara
Batas Antar Negara Tiongkok, Afganistan, Iran, dan India
Luas Area 307.373 mil persegi (796.095 kilometer persegi)
Titik Tertinggi K2 (Gunung Godwin-Austen) pada 28.251 kaki (8.611 meter)
Titik Terendah Laut Arab pada 0 kaki (0 meter)

Lihat disini: Profil Lengkap Negara Pakistan

Bentang Alam dan Iklim Pakistan

Pakistan memiliki topografi yang bervariasi yang terdiri dari dataran, dataran Indus di timur dan dataran tinggi Balochistan di barat. Selain itu, Karakoram Range, salah satu pegunungan tertinggi di dunia, berada di bagian utara dan barat laut negara itu.

geografi pakistan
Kenampakan bentang alam Pakistan.

Gunung tertinggi kedua di dunia yaitu K2, juga berada di dalam perbatasan Pakistan, dan juga ada Gletser Baltoro yang terkenal sepanjang 38 mil (62 km). Gletser ini dianggap sebagai salah satu gletser terpanjang di luar wilayah kutub bumi.

Iklim Pakistan bervariasi dengan topografinya, tetapi sebagian besar terdiri dari gurun panas dan kering, sedangkan barat laut beriklim sedang. Di utara pegunungan, iklimnya keras dan dianggap Arktik.

Ekonomi dan Penggunaan Lahan di Pakistan

Pakistan dianggap sebagai negara berkembang dan memiliki ekonomi yang sangat terbelakang. Ini sebagian besar karena ketidakstabilan politik selama beberapa dekade dan kurangnya investasi asing.

Tekstil adalah ekspor utama Pakistan, tetapi juga memiliki industri yang mencakup pengolahan makanan, farmasi, bahan bangunan, produk kertas, pupuk, dan udang. Pertanian di Pakistan meliputi kapas, gandum, beras, tebu, buah-buahan, sayuran, susu, daging sapi, daging kambing, dan telur. Sumber daya termasuk cadangan gas alam dan minyak bumi terbatas.

Lebih dari sepertiga populasi tinggal di daerah perkotaan (36,7 persen), meskipun jumlah itu sedikit meningkat. Sebagian besar penduduk tinggal di daerah dekat Sungai Indus dan anak-anak sungainya, dengan Punjab provinsi yang paling padat penduduknya.

Gempa Bumi

Pakistan terletak di atas dua lempeng tektonik dunia, lempeng Eurasia dan India. Aktivitas kedua lempeng tersebut menjadikan pakistan sebagai wilayah yang rawan kejadian gempa. Gempa bumi di atas 5,5 pada skala Richter relatif umum terjadi di negara ini.

Lokasi gempa yang dari pusat-pusat pemukiman menentukan apakah akan ada banyak korban jiwa ataukah hanya sedikit. Sebagai contoh, gempa berkekuatan 7,4 pada 18 Januari 2010, di barat daya Pakistan, tidak menyebabkan kematian, tetapi satu lagi di provinsi yang sama yang terjadi pada 7,7 pada September 2013 menewaskan lebih dari 800 orang. Empat hari kemudian, 400 orang lainnya tewas di provinsi itu dalam gempa berkekuatan 6,8 skala Richter.

Yang terburuk dalam ingatan kita baru-baru ini adalah di Kashmir di utara pada Oktober 2005. Dengan kekuatan gempa 7,6 skala Richter telah menewaskan 80.000 jiwa, dan menyebabkan 4 juta orang kehilangan tempat tinggal. Lebih dari 900 gempa susulan bergulir setelah itu selama hampir tiga minggu.