Karakteristik Samudra Hindia : Letak, Batas Wilayah dan Kondisi Geografis

Samudra Hindia - Wilayah perairan di bumi adalah wilayah dengan luas yang lebih besar dibandingkan wilayah daratan di bumi. Berdasarkan pengamatan, wilayah perairan itu bahkan mencapai 2/3 wilayah bumi. Wilayah perairan itu terdiri dari berbagai jenis perairan seperti salah satunya adalah samudra.

Air di samudera salah satunya berasal dari perairan darat seperti sungai yang membawa mineral ke laut ketika bermuara di samudra sehingga inilah yang membuat air samudra berasa asin. Setiap samudra yang ada di permukaan bumi ini juga memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Seperti yang akan dijelaskan di bawah ini tentang karakteristik Samudra Hindia.

Letak dan Batas Wilayah Samudra Hindia

Samudra Hindia adalah salah satu samudera terbesar di dunia karena menyumbang 20% air di bumi. Nama Hindia berasalah dari kata India . Dengan garis pantai sepanjang 68.526 km, Samudra Hindia memiliki kekayaan geografis berupa banyaknya punggung laut. Secara geografis, Samudra Hindia bisa dijelaskan seperti berikut.

1. Letak Samudra Hindia
Sama seperti kenampakan geografis lainnya, Samudra Hindia juga terletak pada dua garis yang membelah bumi, yaitu garis lintang dan garis bujur. Pada garis lintang, Samudra Hindia terletak di 20°BT yang memisahkannya dengan Samudra Atlantik dan 147° BT yang memisahkannya dengan Samudra Pasifik. Karena letaknya jugalah yang membuat Samudra ini menjadi samudra paling panas di dunia.

karakteristik samudra hindia

2. Batas Wilayah Samudra Hindia
Samudera Hindia ini juga berbatasan langsung dengan beberapa negara, bahkan garis pantainya berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Negara tersebut adalah negara-negara Asia Selatan di bagian utara. Sebelah Selatan berbatasan dengan Benua Antartika, sebelah Barat berbatasan langsung dengan Benua Afrika dan negara-negara Jazirah Arab, dan bagian Timur berbatasan dengan Pulau Jawa, Sumatera, Semenanjung Malaya, dan Benua Australia.

Karakteristik Samudra Hindia yang Membedakan dengan Samudra Lain

Setiap kenampakan alam pasti memiliki karakteristik masing-masing yang membedakannya dengan kenampakan alam lain. Seperti juga halnya pada Samudra Hindia. Berikut ini adalah karakreristik Samudra Hindia yang mampu membedakannya dengan samudra lainnya.

1. Memiliki Gelombang Tinggi dan Arus Besar
Karakteristik utama dari Samudra Hindia ini adalah gelombang dan arus lautnya. Samudra Hindia memiliki jenis gelombang yang cukup tinggi dengan arus air yang cukup besar. Namun meskipun demikian, samudra ini justru samudra yang jarang mengalami badai. Namun sekalinya terjadi gelombang besar, maka daerah terdekat seperti Maladewa, Sri Lanka dan beberapa negara lain mengalami banjir.

2. Daerah yang Labil Karena menjadi Pusat Tunjaman Lempeng Bumi
Karakteristik selanjutnya adalah di Samudra Hindia ini terdapat lempeng Indo-Australia yang merupakan pusat dari terjadinya tunjaman antar lempeng Benua. Letaknya tepat berada di dasar Samudra Hindia di bagian utara.

Karena kondisi geografis (letaknya) yang demikian inilah kawasan di sekitar Samudra Hindia menjadi kawasan yang termasuk labil karena mudah bergoncang. Belum lagi Samudra ini juga menjadi pertemuan 3 buah lempeng tektonik, termasuk lempeng Indo-Australia. Karena itulah di sekitar samudra ini rawan mengalami gempa.

Samudra Hindia merupakan samudra dengan posisi ketiga samudra terbesar di dunia. Dengan kapasitas 20% air dari total air di bumi, menjadikan samudra ini sebagai sumber kehidupan makhluk di bumi. Letaknya yang seperti dijelaskan di atas membuat banyak terjadi fenomena alam disana. Kondisi suhu panas di Samudra Hindia juga bisa mempengaruhi terjadinya musim pada negara-negara di sekitarnya.

Karakteristik Samudra Hindia : Letak, Batas Wilayah dan Kondisi Geografis