Karakteristik Samudera Pasifik yang Khas dan Berbeda dengan Samudera Lain

Bagaimanakah karakteristik Samudera Pasifik? - Bumi terdiri dari lautan dan daratan dengan komposisi lautan yang lebih besar. Lautan luas atau samudera di bumi juga ada beberapa macam. Salah satunya adalah Samudera Pasifik. Samudera Pasifik ini adalah satu dari dua samudera yang mengapit Indonesia.

Setiap samudera yang ada di bumi memiliki karakteristik sendiri-sendiri yang membedakannya antara satu samudera dengan samudera lainnya. Nah berikut ini akan dijelaskan tentang karakteristik Samudera Pasifik yang harus Anda ketahui dan akan menambah wawasan Anda tentang samudera ini.

Samudera Pasifik memiliki luas mencapai 165 juta km². Panjang samudera ini adalah 15.500km dengan lebar mencapai 19.800km. Selain itu, Samudera pasifik juga memiliki karakteristik khusus. Berikut ini adalah karakteristik Samudera Pasifik yang khas dan membedakan dengan samudera lain.

1. Samudera Terluas dengan Nama yang 'Tenang'
Seperti penjelasan di atas, Samudera Pasifik memiliki luas wilayah kurang lebih mencapai 165 juta km², yang kemudian menobatkan Samudera Pasifik sebagai samudera terbesar dan terluas di dunia. Saking luasnya, Samudera ini bahkan memenuhi 1/3 dari luas bumi.

Selain terkenal karena luasnya, Samudera Pasifik juga terkenal karena namanya sendiri. Nama Pasifik berasal dari Bahasa Italia yaitu 'pacifio' yang memiliki arti tenang. Karena itulah samudera ini juga dikenal dengan nama lautan tenang.

2. Memiliki Palung Laut Paling Dalam
Karakteristik dari Samudera Pasifik yang paling khas adalah adanya palung terdalam di samudera ini. Palung sendiri merupakan jurang yang ada di dasar laut berbentuk V. Di samudera Pasifik ada palung yang dikenal dengan nama Palung Mariana, yaitu sebuah palung paling dalam di dunia. Karena dalamnya, belum ada satupun yang bisa mencapai kedalaman dari palung Mariana ini.

3. Dilalui Garis Tanggal atau Time Zone
Karakteristik berikutnya dari Samudera Pasifik yang membedakannya dengan samudera lain adalah adanya garis tanggal internasional atau yang lebih dikenal dengan nama Time Zone yang melewati samudera ini. Garis tanggal internasional ini sendiri merupakan titik pertemuan antara garis Bujur Barat (BB) dan garis Bujur Timur (BT) yang menjadi titik pergantian waktu (lihat juga: Pembagian Waktu di Indonesia).

4. Terdapat Banyak Kepulauan dan Karang Terpanjang di Dunia
Dibandingkan samudera lainnya, samudera Pasifik adalah satu-satunya samudera yang diatasnya terdapat banyak pulau, baik pulau-pulau kecil maupun pulau besar. Mayoritas pulau-pulau itu berada di garis khatulistiwa dengan jumlah mencapai 25.000 pulau. Dengan jumlah yang begitu besar ini tak heran jika Samudera Pasifik dikenal sebagai samudera dengan kepulauan terbesar.

Selain kepulauan, di atas samudera pasifik juga membentang gugusan karang paling panjang yang ada di dunia. Gugusan karang yang dikenal dengan nama Great Barrier Reef ini juga tercatat sebagai warisan dunia UNESCO. Saking panjangnya gugusan karang ini, bahkan gugusan karang ini pun bisa dilihat dari satelit luar angkasa.

Berdasarkan penjelasan tersebut, karakteristik dari Samudera Pasifik dapat diulas dalam tabel berikut:

Karakteristik Keterangan
Samudera Terluas Luas Samudera Pasifik 165 juta km²
Arti nama pasifik Pasifik berarti teduh, Samudera Pasifik berarti lautan teduh
Dilalui Garis Tanggal Internasional Titik pergantian waktu di dunia
Memiliki gugusan karang terpanjang Great Barrier Reef

Samudera merupakan wilayah lautan yang ada di muka bumi. Di bumi sendiri ada beberapa samudera dengan karakteristik yang berbeda-beda. Termasuk juga Samudera Pasifik ini yang banyak memiliki ciri khusus sehingga bisa dikenali dengan mudah. Karakteristik Samudera Pasifik seperti yang dijelaskan di atas adalah karakteristik yang hanya dimiliki oleh Samudera Pasifik. Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan Anda tentang kenampakan alam yang ada di bumi.

Karakteristik Samudera Pasifik yang Khas dan Berbeda dengan Samudera Lain