Musim Gugur : Ciri-Ciri dan Faktanya

Apa itu musim gugur? - Berbeda dengan Indonesia yang hanya memiliki 2 musim, ada beberapa belahan dunia yang mengalami 4 musim berbeda setiap tahunnya. Hal tersebut bisa terjadi akibat rotasi dan revolusi bumi. Keempat musim yang bisa terjadi di beberapa negara tersebut diantaranya adalah musim dingin, musim semi, musim panas, dan musim gugur.

Salah satu musim yang indah dan tidak ada di Indonesia adalah musim gugur. Jika Anda penasaran dengan musim tersebut, berikut ini dibahas berbagai hal mengenai apa itu musim gugur.

Fakta Tentang Musim Gugur

Untuk mengenal apa itu musim gugur, Anda harus mengetahui beberapa fakta mengenai musim satu ini. Berikut ini beberapa fakta mengenai musim gugur yang harus Anda ketahui.
  1. Merupakan salah satu dari empat musim yang hanya terjadi di negara dengan iklim sedang.
  2. Hanya terjadi pada bagian utara dan bagian selatan bumi.
  3. Merupakan masa peralihan dari musim panas ke musim dingin.
  4. Merupakan musim panen untuk tanaman yang bersemi atau ditanam pada musim semi di wilayah beriklim sedang.
  5. Dalam bahasa inggris dikenal dengan sebutan Autumn, sedangkan di USA dikenal dengan sebutan Fall.
  6. Waktu terjadinya musim gugur dibedakan menjadi dua yaitu berdasarkan kalender astronomi dan meteorologi. Kalender astronomi memperhitungkan waktu melalui benda-benda langit. Sedangkan meteorologi memperhitungkan waktu berdasarkan uap air, temperatur, dan tekanan udara.
  7. Menurut kalender astronomi, bagian Utara Bumi seperti Eropa mengalami musim gugur mulai dari tanggal 23 September hingga 21 Desember. Sedangkan di bagian Selatan bumi dimulai dari tanggal 21 Maret hingga 21 Juni.
  8. Menurut sudut pandang Meteorologi, bagian Utara Bumi mengalami musim gugur sejak tanggal 1 September dan berakhir pada 30 November. Sedangkan di bagian Selatan, terjadi sejak tanggal 1 Maret hingga 31 Mei.

Ciri-Ciri Musim Gugur

Meskipun musim gugur dapat diketahui dari tanggal Masehi, namun ada beberapa ciri-ciri yang menandai datangnya musim ini. Berikut ciri-ciri datangnya musim gugur yang harus Anda ketahui.

1. Presipitasi Meningkat
Presipitasi yaitu semacam hujan atau penguapan akibat matahari yang mengenai perairan di kerak bumi. Jika presipitasi meningkat itu tandanya musim gugur akan segera datang.

2. Tanaman Akan Terlihat Layu dan Daun Mulai Terlihat Merah Kecoklatan
Tanaman yang terlihat layu merupakan tanda akan menggugurkan daunnya. Sedangkan daunnya akan terlihat merah kecoklatan jika akan gugur.

musim gugur

3. Hawa Akan Terasa 40% Panas dan 60% Dingin
Jika akan datang musim gugur maka hawa akan terasa dingin sekaligus panas. Porsi hawa panas dan dingin adalah 40:60. Namun di beberapa negara, musim gugur bisa berhawa hangat.

4. Kadang-Kadang Suasana Akan Terlihat Lebih Gelap
Musim gugur yang akan segera datang menyebabkan matahari tidak bersinar secerah biasanya. Oleh sebab itu, suasana terkadang terlihat lebih gelap dari biasanya.

5. Hewan-Hewan Terlihat Bersiap Kembali Ke Sarang
Ciri-ciri datangnya musim dingin yang terakhir terlihat melalui tingkah laku binatang. Karena banyak binatang yang bermigrasi saat musim panas serta musim dingin, dan kembali ke sarangnya saat musim gugur. Jadi jika hewan bersiap kembali ke sarang maka itu tandanya musim gugur akan dimulai.

Itulah berbagai penjelasan mengenai musim gugur mulai dari fakta hingga ciri-ciri yang terjadi ketika musim gugur akan tiba. Jika ingin menikmati musim gugur, Anda bisa mengunjungi negara seperti Kanada, Paris, Jepang, atau Selandia Baru. Semoga informasi berkaitan dengan musim gugur tersebut bermanfaat dan menambah pengetahuan.

Musim Gugur : Ciri-Ciri dan Faktanya