Rotasi dan Revolusi Bumi serta Akibat yang Ditimbulkannya

Apa itu Rotasi dan Revolusi Bumi?

Rotasi Bumi merupakan peredaran bumi yang mengelilingi sumbunya (poros) dari arah barat ke arah timur. Lamanya rotasi bumi disebut kala rotasi yang terjadi selama waktu 23 jam 56 menit 4 detik (Sehari). Sedangkan pengertian Revolusi Bumi adalah peredaran bumi yang mengelilingi matahari. Hal ini diakibatkan karena terjadinya tarik menarik antara gaya gravitasi bumi dan gaya gravitasi matahari.

Kala revolusi bumi yaitu 365 ¼ hari selama satu kali putaran. Revolusi bumi ini terjadi secara miring dengan arah yang sama membentuk sudut 23,5 derajad terhadap matahari. Sudut tersebut di ukur dari garis yang menghubungkan kutub utara dan kutub selatan yang seringkali disebut sebagai sumbu rotasi. Mengenai pembahasan singkat Rotasi dan Revolusi Bumi, berikut akan di bahas tentang apa saja pengaruh-pengaruhnya.

Akibat Terjadinya Rotasi Bumi

Untuk pembahasan yang pertama yaitu mengenai hal-hal yang di sebabkan oleh terjadinya Rotasi bumi. Berikut peristiwa – peristiwa yang dapat terjadi akibat rotasi Bumi:
  1. Terjadinya siang dan malam; Pada bagian bumi yang menghadap kearah matahari ketika berputar pada porosnya akan menyebabkan terjadinya siang dan malam. Hal ini terjadi secara bergantian dan terus menerus. Dan perbedaan waktunya akan lebih besar pada tempat tertentu yang jauh dari garis khatulistiwa.
  2. Terjadinya perbedaan waktu di berbagai tempat pada muka bumi; Pada daerah yang terletak di sebelah timur yaitu di sudut 15o akan terlebih dahulu melihat matahari terbit dalam 1 jam lebih awal. Misalkan di Nusa Tenggara Barat pukul 07.00 WITA maka untuk Jakarta yaitu pada pukul 06.00 WIB.
  3. Adanya Gerak semu harian bintang; Akibat terjadinya rotasi bumi sehingga menyebabkan Kita akan mengira mataharilah yang bergerak mengelilingi bumi, padahal sebaliknya. Dan gerak yang tidak sebenarnya inilah yang disebut sebagai gerak semu harian bintang yang dapat Kita amati setiap saat.
  4. Terjadinya perbedaan percepatan gravitasi di muka bumi.


rotasi bumi

Akibat Terjadinya Revolusi Bumi

Pembahasan di atas merupakan akibat dari terjadinya Rotasi bumi, dimana memunculkan pertanyaan, apa saja pengaruh dari Revolusi Bumi? berikut adalah pengaruh dari terjadinya Revolusi Bumi:
  1. Perbedaan dari lamanya siang dan malam
  2. Terjadinya Gerak Semu Tahunan Matahari; Sebenarnya matahari tidak bergerak melainkan akibat dari revolusi bumi dengan sumbu rotasi yang miring.
  3. Perubahan musim; Menimbulkan terjadinya perbedaan musim pada belahan bumi utara dan selatan yang terdiri dari empat musim yaitu: musim semi, musim gugur, musim panas dan musim dingin.
  4. Adanya Perubahan kenampakan rasi bintang; Rasi Bintang merupakan susunan dari bintang-bintang yang tampak dari bumi. sebenarnya walaupun kelihatan jaraknya berdekatan namun sebenarnya lokasinya sangat jauh. Rasi bintang yang Kita kenal yaitu Aquarius, Pisces, Gemini, Scorpio, Leo dll.
  5. Kalender Masehi; Lamanya waktu dalam satu tahun yaitu 365 ¼ hari. Sehingga kelebihan ¼ hari di tambahkan menjadi 366 hari untuk setiap 4 tahunnya pada tanggal 29 februari.

Rotasi dan Revolusi Bumi merupakan dua perbedaan yang sangat jauh. Yang mana Rotasi bumi merupakan peredaran bumi yang mengelilingi matahari pada pororsnya. Sedangkan Revolusi bumi yaitu peredaran bumi yang mengelilingi matahari.

Kala rotasi bumi terjadi selama waktu 24 jam atau dalam 1 hari sedangkan kala revolusi bumi terjadi selama 365 hari atau dalam satu tahun. Seperti yang telah dibahas bahwasanya terdapat beberapa kejadian yang disebabkan dari rotasi dan revolusi bumi.

Rotasi dan Revolusi Bumi serta Akibat yang Ditimbulkannya