Keistimewaan Sungai Amazon sebagai Sungai Terpanjang di Benua Amerika

Sungai Amazon - Amerika merupakan salah satu benua besar. Di dalam benua tersebut tersebar berbagai macam fenomena alam seperti gunung, sungai dan lain sebagainya. Khususnya sungai, yang paling terkenal di benua ini adalah sungai Amazon. Amazon merupakan sungai terpanjang di Benua Amerika, bahkan berdasarkan data terbaru sungai ini akan dinobatkan sebagai sungai terpanjang di dunia. Sungai ini sangat populer oleh sebagian orang, karena memiliki berbagai macam keunikan yang menarik untuk diketahui.

Sungai Amazon adalah sungai dengan beragam kekhasan yang membuat siapapun tertarik dan tercengang. Banyak sekali kejadian-kejadian menarik yang terjadi di sungai Amazon. Berikut merupakan uraian singkat keistimewaan yang dimiliki sungai terpanjang di Benua Amerika ini (lihat disini: Karakteristik Benua Amerika).

1. Sungai Amazon adalah Sungai dengan Aliran Air Terkuat di dunia
Sungai Amazon memegang "prestasi" sebagai sungai dengan aliran terkuat di dunia. Dibandingkan dengan sungai lain, sungai Amazon terkenal memiliki aliran yang sangat deras. Rata-rata debit air yang mengalir di sungai Amazon mencapai 219000 kL/s. Bayangkan apabila Anda terjebak di tengah derasnya aliran sungai Amazon, rasanya akan susah untuk berenang ke tepian.

Debit air yang bermuara ke Samudera Atlantik mencapai 184000 kL/s saat cuaca hujan. Aliran ini merupakan seperlima total aliran air tawar yang masuk ke laut dari seluruh penjuru dunia. Tidak hanya sebagai sungai dengan aliran terkuat, sungai Amazon juga memiliki sistem aliran terbesar di dunia.

2. Banyak Negara yang Dilewatinya
Sungai Amazon mengalir sejauh 6400 km sehingga pantas dijuluki sebagai sungai terpanjang di Benua Amerika. Aliran sungainya melewati 5 negara, yaitu Brazil, Peru, Bolivia, Kolombia, dan Ekuador. Brazil merupakan negara dengan persentase cakupan sungai terbesar, sedangkan Ekuador merupakan persentase cakupan sungai terkecil.

Sumber mata air sungai Amazon berasal dari Nevado Mismi yang merupakan pegunungan di Peru. Temuan ahli menyebutkan sumber mata air tersebut berasal dari gletser di Nevado Mismi yang dekat dengan Samudera Pasifik.

3. Kapal Besar dapat Melalui Sungai Amazon
Lebar sungai utama Amazon mencapai 6 mil atau sekitar 9,5 km. Sungai selebar ini dapat dilalui oleh kapal upa, kapal laut, dan kapal sungai. Setiap kapal memiliki kapasitas sendiri saat melewati sungai Amazon. Perhatikan tabel berikut untuk membedakan masing-masing kapal.

Jenis kapal Lokasi yang dapat dicapai Jarak ditempuh
Kapal uap Manaus 800 mil atau 1288 km ke hulu
Kapal laut dengan berat 3000 ton Iquitos 2300 mil atau 3700 km
Kapal sungai kecil Achual Point 486 mil atau 780 km lebih jauh
Perahu kecil Pongo de Manseriche -

4. Memiliki Hutan Hujan yang Luas
Amazon tidak hanya terdiri atas sungai, tetapi juga hutan. Wilayah basin hutan Amazon seluas 7,7 juta km2. Luas ini sama dengan 3 kali luas daratan Indonesia. Hutan Amazon disebut sebagai paru-paru dunia karena melingkupi area yang cukup luas. Saat ini, hutan Amazon menjadi obyek wisata sekaligus obyek penelitian.

5. Memiliki Banyak Fauna Unik
Hewan-hewan di sungai Amazon memiliki keunikan tersendiri. Bagi Anda penyuka film, tentunya tidak asing dengan piranha. Piranha merupakan salah satu penghuni di sungai Amazon. Ikan dengan gigi tajam ini senang hidup berkelompok dan mencari mangsa.

Selain piranha, Anda dapat menemukan ikan arapaima yang merupakan ikan air tawar terbesar di dunia. Penemuan terbesar ikan araipama dapat mencapai 200 kg dan 3 m. Fauna sungai yang bisa ditemukan lainnya adalah lele amazon, belut listrik, dan ikan candiru.

Sungai Amazon merupakan sungai yang istimewa, unik dan menarik. Banyak orang-orang berdatangan untuk melihat sungai terpanjang di Benua Amerika ini. Diharapkan orang-orang yang mengunjungi sungai Amazon dapat menjaga keasrian sungai ini, sehingga tidak mengganggu flora dan fauna yang hidup di sungai tersebut.

Keistimewaan Sungai Amazon sebagai Sungai Terpanjang di Benua Amerika