Karakteristik Benua Amerika | Ciri Fisik, Geografis Hingga Sosial Budaya

Apa karakteristik Benua Amerika yang khas? - Benua Amerika adalah satu dari sekian banyak benua yang ada di bumi. Benua ini tergolong benua besar meskipun tidak sebesar atau seluas Benua Asia (lihat: Karakteristik Benua Asia). Setiap benua yang ada di bumi juga memiliki karakteristik yang membedakannya dengan benua-benua lain.

Karakteristik Benua Amerika ini juga berbeda dengan benua lain, salah satunya diakibatkan karena letak astronomis dan geografisnya. Benua Amerika sendiri tergolong benua baru karena baru ditemukan pada tahun 1492 oleh Columbus. Karena itulah benua ini juga dikenal dengan sebutan the New World.

Seperti yang disebutkan sebelumnya jika karakteristik Benua Amerika ini tentu berbeda dengan karakteristik benua lainnya. Perbedaan ini biasanya disebabkan oleh faktor letak benua tersebut baik secara geografis maupun astronomis. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah karakteristik dari benua yang ditemukan oleh Columbus tersebut.

1. Luas dan Letak Benua Amerika
Karakteristik pertama yang harus diketahui dari sebuah benua adalah letaknya serta luas benua tersebut. Benua Amerika sendiri diakui sebagai benua terbesar kedua di dunia setelah Benua Asia. Luasnya mencapai 42.575 526km2.

Sedangkan untuk letaknya sendiri, Benua Amerika terletak pada posisi 163°BB-360°BB. Sedangkan pada garis lintang terletak pada posisi 72°LU-59°LS. Benua Amerika secara geografis juga dibatasi oleh beberapa kenampakan alam seperti Samudera Arktik di bagian utara, Samudera Atlantik di bagian timur dan batas lainnya (lihat: Peta Benua Amerika Selatan dan Peta Benua Amerika Utara).

2. Bentang Alam yang Bervariasi
Karena bentuknya yang sangat luas, Benua Amerika juga memiliki bentang alam yang bervariasi. Mulai dari dataran tinggi hingga dataran rendah. Pegunungan utama di Benua Amerika ini adalah Pegunungan Rocky. Puncak tertingginya berada di gunung Aconcague. Ada juga bagian yang lebih landai di bagian timur. Karena itulah di bagian ini banyak ditemukan dataran rendah.

Di Benua Amerika terdapat sebuah celah yang memisahkan rangkaian pegunungan di Guetamala, Nicaragua dan El Salvador. Karena itu celah ini disebut celah Nicaragua. Sedangkan di bagian utara benua banyak dijumpai cekungan. Di bagian ini juga terdapat danau utama yang terbentuk karena cekungan ini, yakni danau The Great Lake (lihat: Danau Terbesar di Dunia).

3. Iklim di Benua Amerika
Benua Amerika yang terbagi ke dalam beberapa wilayah membuat iklim di Benua Amerika juga jadi lebib bervariasi. Di bagian tengah Benua Amerika zona suhunya terbagi menjadi 3 zona yaitu suhu dingin, panas dan beku.

Di bagian selatan iklimnya cenderung lebih kering yang memiliki curah hujan hanya 100-500mm setiap tahunnya. Berdasarkan ketinggian wilayahnya, bisa dikatakan 2/3 bagiannya masuk dalam iklim tropis. Sedangkan sebagian lagi merupakan iklim musim.

4. Sosial Budaya
Penduduk di Benua Amerika, berdasarkan penelitian didominasi oleh suku Bangsa Inca, Astec dan Cebche. Suku bangsa ini pun kian bervariasi setelah bangsa Eropa datang. Ditambah lagi dengan ras Mongoloid dari Asia yang juga semakin memperkaya suku bangsa di Benua Amerika.

Sebagian besar penduduknya menganut keyakinan Katholik Roma, namun ada juga pemeluk Kristen Protestan. Sedangkan Bahasa resmi yang digunakan adalah Bahasa Inggris dan Perancis serta Bahasa Spanyol di beberapa wilayah.

Karakteristik dari Benua Amerika ini bisa disimpulkan dalam sebuah tabel seperti berikut:
Karakteristik Penjelasan
Luas Wilayah 42.575 526km2
Letak Astronomis 72°LU-59°LS 163°BB-360°BB
Iklim 2/3 bagian Iklim Tropis, sisanya Iklim Musim
Sosial Budaya Suku bangsa kebanyakan suku Astec, Inca, bangsa Eropa dan Ras Mongoloid. Agama mayoritas Katholik Roma. Bahasa Resmi bahasa Inggris dan Perancis.

Demikian penjelasan lengkap karakteristik Benua Amerika, mulai dari karakteristik fisik, geografis hingga sosial budaya. Dengan penjelasan tersebut Anda jadi banyak tahu tentang Benua Amerika serta apa yang membedakannya dengan benua lain.

Karakteristik Benua Amerika | Ciri Fisik, Geografis Hingga Sosial Budaya