Daftar Sungai Terpanjang di Singapura

Apa nama sungai terpanjang di Singapura? - Tidak hanya dikenal sebagai negara maju, Singapura juga dikenal karena memiliki sejumlah sungai. Sungai tersebut memang tak terlalu panjang dibanding sungai di negara lain, namun bukan berarti sungai itu tidak bernilai tinggi. Bahkan ada yang tingkat kebersihannya jauh melebihi sungai di Indonesia. Lantas apa saja sungai terpanjang di Singapura? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Sungai Kallang (10 km)
Yang pertama ada Sungai Kallang yang memiliki panjang 10 km. Sungai tersebut paling dikenal karena olahraga airnya. Sumber dari sungai ini yaitu Reservoir Pierce Bawah. Sungai Kallang mengalir dari wilayah Takungan Peirce Rendah menuju ke daerah pinggir laut di Lebuh Raya Nicoll. Muara dari Sungai Kallang adalah di Kallang Basin.

Di tahun 1977, Perdana menteri Lee Kuan Yew memberi perintah untuk membersihkan sungai ini dan juga Sungai Singapura. Biaya yang dikeluarkan untuk membersihkannya saja mencapai 300 juta dolar yang meliputi pengerukan lumpur serta sampah lain dari tepi dan dasar sungai. Relokasi besar juga dilakukan. Kurang lebih 4000 warga yang menghuni pinggiran sungai tersebut dipindahkan ke tempat lain.

Daftar 3 Sungai yang Paling Panjang di Singapura
Nama Sungai Panjang Sungai Aliran
1. Sungai Kallang 10 km Takungan Peirce Rendah ke Lebuh Raya Nicoll
2. Sungai Serangoon 8 km Tampines Road, Hougang, Sungai Pinang, Sengkang, Lorong Halus, Sungai Blukar, Pelabuhan Serangoon
3. Sungai Singapura 3 km Kim Seng Bridge, Danau Marina Bay, Clarke Quay, Boat Quay

2. Sungai Serangoon (8 km)
Selanjutnya ada Sungai Serangoon yang berada di timur laut dari negara Singapura (lihat : Peta Singapura). Sungai tersebut dimulai dari suatu kanal yang berada di dekat Tampines Road yang kemudian akan mengalir melewati Hougang dan nantinya akan bergabung dengan anak sungai Sungai Pinang yang berada sebelum Sengkang. Setelah itu alirannya akan mengalir menuju ke Lorong Halus dan bergabung lagi dengan anak sungai lain yakni Sungei Blukar sebelum berlabuh di Pelabuhan Serangoon. Karena itulah maka sungai tersebut kerap disebut pula dengan Muara Serangoon.

Dari tahun 2011 Sungai Serangoon sudah dikonveksi menjadi waduk yang bernama Serangoon Reservoir. Walaupun telah berubah menjadi waduk namun satwa liar yang hidup di sekitar sungai masih bertahan dan tidak terpengaruh. Anda masih bisa menemukan sejumlah burung seperti misalnya kingfishers, terns, dan juga bangau. Di dekat Lorong Halus merupakan daerah yang disebut-sebut sebagai tempat terbaik di Singapura untuk mengamati burung (lihat mengenai: ekosistem sungai).

3. Sungai Singapura (3 km)
Sungai terpanjang di Singapura yang terakhir adalah Sungai Singapura. Sungai Singapura mengaliri wilayah Singapura Tengah, lalu menuju ke selatan dan bermuara di laut. Sungai kecil ini memiliki sejarah yang panjang. Bisa dibilang jika sungai tersebut menjadi saksi bisu awal peradaban negara maju tersebut. Sungai tersebut mempunyai andil yang besar di perkembangan negara itu.

Di bagian tepi Sungai Singapura berdiri kampung nelayan pada abad pertengahan. Kampung nelayan itu kemudian menjelma menjadi pusat perdagangan dunia yang terus menerus bertumbuh. Karena itulah sungai ini menjadi yang paling terkenal di sana.

Demikian penjelasan mengenai 3 sungai terpanjang di Singapura (lihat juga: sungai terpanjang di Asia). Masing-masing memiliki sejarah yang unik dan berbeda. Yang bisa kita semua tiru dari sungai-sungai tersebut adalah kedisiplinan warganya dalam menjaga kebersihannya. Dengan saling menjaga kebersihan, maka sungai yang berguna tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakatnya. Semoga kelak Indonesia bisa meniru langkah penjagaan kebersihan sungai tersebut.

Daftar Sungai Terpanjang di Singapura