Dataran Rendah di Kalimantan yang Tersebar di 4 Provinsi

Nama daerah di Kalimantan dengan morfologi dataran rendah - Indonesia terdiri atas berbagai kondisi wilayah yang beragam. Mulai dari Sabang sampai Merauke, kondisi geografis Indonesia berbeda-beda. Ada beberapa wilayah yang terkenal dengan dataran tingginya, ada juga wilayah yang terkenal dengan dataran rendahnya (lihat: Ciri Ciri Dataran Rendah). Pulau Kalimantan merupakan pulau yang hampir keseluruhan wilayahnya berada di dataran rendah. Terdapat banyak dataran rendah di Kalimantan yang sangat terkenal.

Pulau Kalimantan adalah salah satu pulau di Indonesia. Pulau Kalimantan terkenal karena wilayahnya yang paling luas dibandingkan pulau lain di Indonesia. Pulau Kalimantan disebut dengan Pulau Seribu Sungai karena memiliki banyak sungai (lihat pada: Sungai Terpanjang di Indonesia).

Tidak hanya terkenal akan sungainya, Kalimantan juga terkenal sebagai pulau yang berdataran rendah atau wilayah yang berada tidak lebih dari ketinggian 200 m di atas permukaan laut (lihat lebih lengkap: Contoh Dataran Rendah di Indonesia). Berikut merupakan nama daerah dari berbagai provinsi di Kalimantan yang terkenal dengan dataran rendahnya serta penjelasan lebih lengkap mengenai masing-masing lokasi.

Provinsi Daerah yang ada di dataran rendah
Kalimantan Timur Pasir, Redeb, dan Selor
Kalimantan Selatan Lanjutan rawa-rawa dan lereng pegunungan Meratus
Kalimantan Barat Teluk Melano, dan Ketapang
Kalimantan Tengah Kuala Pembuang, Kuala Kapuas, Pangkalan Bun

1. Kalimantan Timur
Kalimantan Timur berbatasan langsung dengan laut yang menghubungkan dengan Pulau Sulawesi, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Malaysia. Kalimantan Timur adalah wilayah yang memiliki perbukitan hampir di seluruh kabupatennya.

Meskipun begitu, Kalimantan Timur masih dianggap sebagai provinsi yang banyak memiliki dataran rendah. Daerah di Kalimantan Timur dengan dataran rendah antara lain Pasir, Redeb, dan Selor. Pasir merupakan kabupaten yang ada di bagian selatan, sedangkan Redeb dan Selor merupakan kabupaten yang ada di bagian utara.

2. Kalimantan Selatan
Provinsi dengan ibukota Banjarmasin memiliki populasi hampir 3,7 juta jiwa yang tersebar di wilayah seluas 37.530,52 km2. Kondisi geografis provinsi Kalimantan Selatan sebagian berupa dataran tinggi dan dataran rendah. Dataran tinggi ini dibentuk oleh Pegunungan Meratus. Bagian lereng Pegunungan Meratus ada di bagian timur Kalimantan Selatan. Dataran rendah di provinsi ini berupa lahan gambut dan rawa-rawa yang sebagian ada di Kalimantan Tengah.

3. Kalimantan Barat
Dataran rendah di Kalimantan Barat cukup luas. Berdasarkan topografi, Kalimantan Barat berada di ketinggian tidak lebih dari 500 m di atas permukaan laut. Dataran rendah yang terkenal adalah Teluk Melano yang berada di Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara. Teluk Melano sering dijadikan sebagai destinasi wisata baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Selain Teluk Melano, dataran rendah yang terkenal di Kalimantan Barat adalah Ketapang yang merupakan kabupaten di delta Sungai Pawan.

4. Kalimantan Tengah
Provinsi Kalimantan Tengah berada di bagian selatan pulau Kalimantan. Kalimantan Tengah terdiri atas dataran rendah dan dataran tinggi. Sama seperti Kalimantan Barat, topografi Kalimantan Tengah kebanyakan tidak mencapai 500 m di atas permukaan laut terutama di bagian selatan.

Di wilayah inilah dataran rendah seperti rawa-rawa dan paya-paya berkumpul. Daerah yang terkenal dengan dataran rendahnya adalah Kuala Pembuang, Kuala Kapuas, dan Pangkalan Bun. Kuala Pembuang dan Kuala Kapuas merupakan daerah yang dilalui oleh sungai besar yaitu Sungai Pembuang dan Sungai Kapuas. Sedangkan Pangkalan Bun adalah daerah yang berada di tepi sungai Bun.

Dataran rendah di Kalimantan cukup banyak dan tersebar karena kondisi geografisnya yang tidak bervariasi. Daftar di atas merupakan nama-nama dataran rendah yang terkenal di Pulau Kalimantan serta penjelasan singkatnya.

Dataran Rendah di Kalimantan yang Tersebar di 4 Provinsi