Daftar Sungai Terpanjang di Indonesia Beserta Letak Hulu dan Hilirnya

Para Pemegang Rekor Sungai Terpanjang di Indonesia - Hai sahabat geologinesia, air merupakan sumber kehidupan. semua makhluk hidup yang terdapat di dunia ini memerlukan air untuk dapat bertahan hidup. Sedangkan sungai merupakan salah satu sumber air yang memegang peranan penting dalam kehidupan manusia.

Sebuah sungai memiliki manfaat utama yaitu untuk bahan baku air minum, irigasi pertanian, sebagai saluran pembuangan air hujan dan air limbah, bahkan sebenarnya potensial untuk dijadikan objek wisata sungai. Nah, berbicara mengenai sungai, sebelumnya portal ini telah membahas mengenai sungai terpanjang di dunia, jadi untuk kali ini geologinesia akan berbagi informasi mengenai sungai terpanjang di Indonesia. Berikut urutannya dari nomor 10 hingga nomor 1, lengkap dengan letak hulu (mata air) dan hilirnya (muara).

10. Sungai Seruyan (350 km)
Sungai Seruyan adalah sungai terpanjang di Indonesia yang berada pada urutan ke-10. Sungai ini terletak di Kalimantan Tengah dan memiliki panjang mencapai 350 kilometer dengan rata-rata kedalaman 6m. Hulu atau mata air S.Seruyan berada di bagian utara provinsi Kalimantan Tengah.

9. Sungai Indragiri (500 km)
Sungai di sumatera ini juga termasuk kedalam daftar sungai paling terpanjang di Indonesia. Sungai ini terletak di provinsi Riau. Indragiri memiliki panjang 500 kilometer dengan aliran yang berasal dari 2 sungai yang bernama S.Batang Ombilin dan S.Batang Sinamar. Hilir dari Sungai Indragiri berada di Selat Malaka.

8. Sungai Digul (525 km)
Sungai lain yang terletak di Papua dan menjadi salah satu sungai paling panjang di Indonesia adalah Sungai Digul. Panjang dari sungai ini mencapai 525 kilometer, dengan mata air dari Pegunungan Merauke dan berhilir di Laut Arafuru.

7. Sungai Bengawan Solo (548 km)
sungai terpanjang di indonesia
S. Bengawan Solo, urutan ke-7 sungai terpanjang di Indonesia

Mungkin kamu sudah cukup familiar dengan Sungai Bengawan Solo ini. Sungai yang namanya dijadikan judul sebuah lagu ini ternyata termasuk ke dalam jajaran sungai-sungai terpanjang di Indonesia yaitu dengan panjang 548 kilometer. Letaknya di Pulau Jawa, melewati Provinsi Jawa Tengah dan juga Jawa Timur.

6. Sungai Mamberamo (670 km)
Salah satu sungai terpanjang yang terletak di Papua adalah Sungai Mamberamo. Panjang Mamberamo mencapai 670 kilometer. Mata airnya berasal dari pertemuan beberapa anak sungai yaitu S.Tariku, S.Taritatu dan S.Van Daalen. Sedangkan hilir Mamberamo berada pada Samudera Pasifik.

5. Sungai Musi (750 km)
Sungai Musi memiliki panjang 750 kilometer dan terletak di Pulau Sumatera, lebih tepatnya di Sumatera Selatan. Sungai ini merupakan sungai terpanjang ke-2 disana setelah sungai batang hari. Mata airnya terletak di daerah Kepahiang, Bengkulu.

4. Sungai Batang Hari (800 km)
Sungai Batang Hari adalah salah satu sungai paling panjang di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatera. Sungai ini memiliki panjang 800 kilometer, bermata air di Gunung Rasan dan berhilir di Muara Sabak yaitu bagian timur Pulau Sumatera.

3. Sungai Barito (909 km)
Selanjutnya ada Sungai Barito yang menduduki posisi ketiga sebagai sungai terpanjang di Indonesia. Barito terletak di Kalimantan, tepatnya di Kalimantan Tengah. Sungai ini memiliki panjang 900 kilometer. Mata air sungai ini sama dengan mata air sungai panjang lainnya di kalimantan lainnya yaitu dari pegunungan muller. Hilirnya terletak di Laut Jawa.

2. Sungai Mahakam (920 km)
Pemegang rekor selanjutnya adalah Sungai Mahakam yang berada pada posisi kedua dari daftar sungai terpanjang di Indonesia. Sungai ini juga terletak di Pulau Kalimantan, lebih tepatnya di Kalimantan Timur. Panjang dari sungai ini mencapai 920 kilometer. Hilirnya terletak pada Selat Makassar

1. Sungai Kapuas (1.143 km)
sungai paling panjang di indonesia
S. Kapuas, pemegang rekor sungai terpanjang di Indonesia.

Sungai kapuas merupakan pemegang rekor sungai terpanjang di indonesia dengan panjang mencapai 1.143 kilometer. Sungai ini terletak di pulau kalimantan, bermata air di pegunungan muller dan berhilir di Selat Karimata. Kapuas berperan sangat vital utamanya bagi para penduduk disekitar aliran sungai ini. Selain pemegang rekor terpanjang di Indonesia, sungai ini juga menempati urutan ke-50 sungai terpanjang di Asia.

10 sungai tersebut di atas hanyalah beberapa contoh kekayaan alam yang bisa ditemukan di Indonesia. Sungai-sungai ini menjadi tempat hidup berbagai jenis spesies makhluk hidup, bahkan spesies-spesies langka atau hampir punah sekalipun. Beberapa bahkan menjadi denyut nadi kehidupan masyarakat sekitar karena pada umumnya digunakan sebagai sarana transportasi sebagai penunjang ekonomi masyarakat.

Daftar Sungai Terpanjang di Indonesia Beserta Letak Hulu dan Hilirnya