Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Contoh Dataran Rendah di Indonesia, Dari Pulau Sumatera Hingga Kalimantan

contoh dataran rendah di indonesia
Kenampakan dataran rendah yang ada di Indonesia

Dataran Rendah di Indonesia - Dataran rendah merupakan permukaan bumi yang berupa tanah yang datar atau landai mendekati rata. Dataran rendah sendiri mempunyai hamparan tanah lapang dengan ketinggian yang relatif rendah, sekitar 0 - 200 meter di atas permukaan laut.

Walaupun memiliki definisi berbeda namun beberapa orang menganggap dataran rendah sama dengan dataran aluvial, karena kebanyakan jenis dataran ini tersusun oleh material-material hasil erosi dan sedimentasi. Sebagai contoh material sedimen yang terbawa oleh sungai bisa menghasilkan hamparan tanah datar yang luas. Selain di sekitar DAS sungai, dataran rendah juga dapat terlihat di daerah pantai.

Posisi letak dataran rendah sebenarnya merupakan wilayah yang rawan mengalami banjir. Khusus di Indonesia, suhu yang ada di dataran rendah berkisar antara 23 derajat sampai 28 derajat celcius. Suhu di dataran rendah tercipta sangat berkaitan dengan pengaruh iklim di wilayah tempat dataran tersebut berada.

Lihat lebih lengkap mengenai: Ciri Ciri Dataran Rendah

Dataran rendah biasanya digunakan sebagai tempat tinggal dan sering menjadi kawasan yang padat penduduk. Mengapa banyak orang yang tinggal dataran rendah? ya, karena dataran rendah mempunyai tanah yang relatif landai dan subur, sehingga pengelolaan lahan menjadi lebih mudah.

Tanah yang subur dan relatif landai pada akhirnya akan mempengaruhi kualitas hidup masyarakat yang tinggal di wilayah sekitar dataran tersebut, sehingga roda perekonomian akan berjalan dengan baik.

Berikut ini geologinesia memberikan beberapa contoh nama-nama dataran rendah di Indonesia yang tentunya mungkin sudah pernah Anda kunjungi. Dataran yang disebutkan di bawah merupakan dataran rendah populer di beberapa pulau besar di Indonesia.

1. Dataran Rendah Pantura (Pulau Jawa)
Dataran rendah pantai utara yang sering di sebut dengan Dataran Pantura yang terletak membentang dari ujung barat bagian utara Pulau Jawa, kabupaten Serang Provinsi Banten sampai Kabupaten Gresik.

Lihat lebih detail mengenai: Manfaat Dataran Rendah

Pada wilayah Dataran Pantura ini mempunyai kepadatan penduduk yang sangat banyak. Selain itu lahan Dataran Rendah Pantura yang ada di Jawa ini mempunyai lahan yang di gunakan sebagai tempat tinggal dan pertanian padi untuk membantu perekonomian penduduk disana.

2. Dataran Rendah Pantai Timur Sumatera (Pulau Sumatera)
Dataran rendah pantai Timur Sumatera ini terletak yang membentang dari pesisir timur Sumatera Utara sampai pesisir timur pulau Lampung. Dataran rendah yang ada di timur Sumatera ini dialiri oleh berbagai sungai seperti sungai Musi, Kampar, dan lain-lain.

Dataran rendah yang ada di timur Sumatera ini tidak bisa dibandingkan dengan dataran rendah yang ada di Sumatera Barat karena wilayah ini pada umumnya berupa hutan hujan tropis dan rawa-rawa. Namun dengan adanya banyak dataran rendah saat ini dirubah menjadi lahan perkebunan kelapa sawit.

3. Dataran Rendah di Pulau Kalimantan
Dataran rendah yang ada di Pulau Kalimantan yang membentang pada pesisir barat selatan dan timur Pulau Kalimantan. Dataran rendah disini mempunyai karakteristik ciri khas tipe jenis tanahnya berupa gambut.

Lihat juga disini mengenai: Pengertian Dataran

Selain disusun oleh tanah gambut, dataran rendah di Pulau Kalimantan juga mempunyai pH tanah yang tinggi dan tanahnya kebanyakan terendam oleh air. Namun seiringnya waktu, wilayah ini banyak digunakan sebagai lahan pertanian dan pemukiman.

4. Dataran Rendah di Sumatera Utara
Dataran rendah di Sumatera Utara mempunyai lebar kurang lebih 20 kilometer yang terletak di daerah Melabon atau Singkel. Pada sisi timur dari pantai Sumatera terdapat sebuah lapisan tersier yang sangat luas dengan berbukit-bukit.

Daerah dataran rendah ini juga mempunyai banyak penduduk yang ada disana karena daerah ini juga sebagai tempat pencarian material untuk membantu ekonomi penduduk disana.

Dataran Rendah merupakan hamparan tanah yang mempunyai ketinggian relatif yang rendah dimana dataran rendah ini terjadi karena adanya sedimentasi sungai. Namun sungai ini bisa membuat tanah yang ada di dataran rendah ini menjadi subur.

Dengan kesuburan yang di miliki oleh tanah yang berada di daerah dataran rendah menjadi sumber mata pencaharian untuk penduduk yang ada di sana. Selain itu orang yang bertempat tinggal di dataran rendah mempunyai kualitas hidup yang baik daripada penduduk perkotaan.