4 Contoh Dataran Rendah di Indonesia, Dari Pulau Sumatera Hingga Kalimantan

contoh dataran rendah di indonesia
Dataran Rendah di Indonesia - Dataran rendah merupakan permukaan bumi yang berupa tanah yang datar atau landai mendekati rata. Dataran rendah sendiri mempunyai hamparan tanah lapang dengan ketinggian yang relatif rendah, sekitar 0 - 200 meter di atas permukaan laut. Dataran rendah ini juga sering di sebut dengan dataran aluvial. Dataran ini terjadi karena adanya sedimentasi sungai. Sungai bisa membuat tanah dataran rendah menjadi subur.

Dataran rendah ini juga biasanya letaknya berdekatan dengan daerah pantai dan hilir sungai. Sehingga posisi dataran rendah itu membuat rawan untuk banjir. Suhu yang ada di daerah dataran rendah berkisar anatar 23 derajat samapi 28 derajat celcius. Selain itu cuaca pada dataran rendah mempunyai curah hujan yang tinggi.

Dataran rendah biasanya di gunakan sebagai tempat tinggal dan termasuk kawasan padat penduduk. Mengapa banyak orang yang tinggal dataran rendah? Karena dataran rendah mempunyai tanah yang subur dan mempunyai suhu yang tidak terlalu dingin sehingga banyak orang yang ingin tinggal di sana dan orang yang tinggal disana pada umumnya mempunyai kualitas hidup yang lebih baik secara perekonomian.

Lihat juga disini secara lengkap mengenai: Ciri-Ciri Dataran Rendah

Berikut ini disajikan beberapa contoh dataran rendah yang ada di Indonesia

1. Dataran Rendah Pantai Utara (Pantura) Jawa
Dantaran rendah pantai utara yang sering di sebut dengan dataran panturan yang terletak membentang dari ujung barat bagian utara Pua Jawa, kabupaten Serang Provinsi Banten sampai Kabupaten Gresik. Pada wilayah Dataran pantura ini mempunyai kepadatan penduduk yang sangat banyak. Selain itu lahan Dataran Rendah Pantura yang ada di jawa ini mempunyai lahan yang di gunakan sebagai tempat tinggal dan pertanian padi untuk membantu perekonomian penduduk di sana.

2. Dataran Rendah Pantai Timur Sumatera
Dataran rendah pantai Timur Sumatera ini terlentak yang membentang dari pesisir timur Sumatera Utara samapi pesisir timur pulau Lampung. Dataran rendah yang ada di timur sumatera ini dialiri oleh berbagai sungai  seperti subgai Musi, Kampar, dll.

dataran rendah yang ada di timur sumatera ini tidak bisa dibandingkan dengan dataran rendah yang ada di sumatera barat karena wilayah ini pada umumnya berupa hutan hujan tropis dan rawa – rawa. Namun dengan adanya banyak dataran rendah saat ini di rubah menjadi lahahn perkebunan kelapa sawit.

3. Dataran Rendah di Pulau Kalimantan
Dataran rendah yang ada di pulau kalimantan yang membentang pada pesisir barat selatan dan timur pulau Kalimantan. Dataran Rendah ini mempunyai lahan gambut yang menjadi ciri khas tanahnya mempunyai keasaman yang tinggi dan tanahnya terendam oleh air. Namun dengan seiringnya waktu wilayah ini banyak digunakan sebagai lahan pertanian dan pemukiman.

4. Dataran Rendah di Sumatera Utara
Dataran rendah di Sumatera utara mempunyai lebar kurang lebih 20 kilometer yang terletak di daerah Melabon atau Singkel. Pada sisi timur dari pantai Sumater terdapat sebuah lapisan tersier yang sangat luas dengan berbukit – bukit. Daerah dataran rendah ini juga mempunyai banyak penduduk yang ada disana karena daerah ini juga sebagai tempat pencarian material untuk membantu ekonomi penduduk disana.

Dataran Rendah merupakan hamparan tanah yang mempunyai ketinggian relatif yang rendah dimana dataran rendah ini terjadi karena adanya sedimentasi sungai. Namun sungai ini bisa membuat tanah yang ada di dataran rendah ini menjadi subur.

Dengan kesuburan yang di miliki oleh tanah yang berada di daerah dataran rendah menjadi sumber pencarain mata uang untuk penduduk yang ada di sana. Selain itu orang yang bertempat tinggal di dataran rendah mempunyai kualitas hidup yang baik daripada penduduk perkotaan.

4 Contoh Dataran Rendah di Indonesia, Dari Pulau Sumatera Hingga Kalimantan