Contoh Fenomena Alam dalam Kehidupan Sehari-Hari dan Sifatnya

Apa saja contoh fenomena alam? - Sebagai makhluk yang hidup di bumi, manusia pasti sudah tidak asing dengan fenomena alam. Dalam kehidupan sehari-hari manusia pasti berhubungan dan terpengaruh oleh kenampakan alam yang satu ini. Istilah fenomena alam sendiri merupakan setiap peristiwa di alam yang terjadi, kejadian yang tidak bisa diciptakan oleh manusia, namun peristiwa itu bisa mempengaruhi kehidupan manusia. Fenomena seperti ini ada yang bersifat membahayakan atau menimbulkan kerugian ada juga yang bersifat tidak membahayakan.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa fenomena alam selalu terkait dengan kehidupan manusia. Meskipun ada beberapa fenomena yang sifatnya tidak membahayakan, ada juga yang sifatnya membahayakan. Seperti misalnya beberapa contoh fenomena alam berikut ini yang pasti sering Anda jumpai atau rasakan dalam kehidupan sehari-hari.

Fenomena Hujan

Hujan adalah contoh pertama dari sebuah fenomena di alam yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Fenomena hujan yang terjadi juga bisa disebut salah satu dari rangkaian proses siklus air.

Hujan terjadi ketika uap-uap air yang tertampung di atmosfer dalam bentuk awan tidak lagi mampu menahan dan kemudian jatuh dalam bentuk hujan. Bagi masyarakat Indonesia, hujan memang sering terjadi, namun intensitas terbesarnya terjadi saat musim penghujan antara bulan Oktober-April.

Fenomena Pelangi

Contoh fenomena alam selanjutnya yang juga sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah pelangi. Pelangi adalah fenomena yang terjadi akibat pembiasan cahaya matahari oleh air hujan. Karena itulah pelangi hanya muncul setelah hujan.

Pelangi merupakan fenomena ilusi optik yang terkadang dapat terlihat sesaat setelah hujan, meskipun saat ini sudah sangat jarang dijumpai. Hal ini tidak lain karena dampak perubahan iklim dan dampak akibat semakin banyaknya polusi udara.

Fenomena Banjir

Fenomena alam satu ini adalah fenomena yang sifatnya sebenarnya cukup berbahaya, namun kenyataannya justru sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Ya, bagi masyarakat Indonesia, banjir adalah hal yang sudah biasa terjadi, baik saat musim hujan ataupun tidak.

Selain karena dampak hujan deras yang terus menerus turun sehingga menyebabkan air sungai meluap, banjir di Indonesia juga disebabkan karena aliran sungai yang terbendung oleh sampah. Ada juga beberapa kejadian banjir yang disebabkan karena meluapnya air laut.

Fenomena Angin

Angin adalah peristiwa alam pergerakan udara dari tempat yang memiliki tekanan udara tinggi menuju tempat bertekanan udara yang rendah. Fenomena alam ini bisa memberikan manfaat namun juga bisa bersifat membahayakan. Angin bermanfaat jika berhembus pelan karena membuat udara menjadi sejuk.

Dalam kekuatan tertentu, angin juga bisa memberikan manfaat menggerakkan kincir sebagai sumber energi terbarukan (energi alternatif). Namun, dalam kekuatan yang sangat besar angin sangat berbahaya dan merugikan karena bisa mengakibatkan bencana alam.

Berdasarkan penjelasan di atas, ada beberapa fenomena di alam yang sering kita temui maupun rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Fenomena tersebut pun bisa bersifat menguntungkan ataupun merugikan, seperti yang dirangkum dalam tabel berikut:
Fenomena AlamSifat
Hujan Menguntungkan, dalam jumlah dan skala besar bisa merugikan
Pelangi Menguntungkan
Banjir Merugikan
Angin menguntungkan jika berhembus tidak terlalu kencang, merugikan jika hembusannya sangat kencang

Penjelasan tentang contoh fenomena alam di atas adalah contoh peristiwa alam yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan jika fenomena alam adalah hal yang tidak bisa diciptakan maupun dihindari oleh manusia. Selain itu, fenomena yang terjadi alami di alam juga bisa menguntungkan atau merugikan, tergantung intensitasnya dan bagaimana sikap manusia itu sendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel