Contoh Lengkap Sumber Energi Terbarukan

Energi terbarukan adalah energi yang terdiri dari sumber daya alam alami yang tidak dapat habis. Sumber daya terbarukan dapat menyediakan energi untuk pembangkit listrik, transportasi, pemanas air / pendingin, dan energi listrik di pedesaan.

Daftar Isi:
1. Contoh Utama Sumber Energi Terbarukan
1.1. Tenaga Asal Angin
1.2. Tenaga Asal Panas Bumi
1.3. Tenaga Asal Sinar Matahari
2. Contoh Lain Sumber Energi Terbarukan

contoh sumber energi terbarukan

Contoh Utama Sumber Energi Terbarukan

Sumber energi terbarukan biasanya digunakan sebagai energi pengganti. Jenis utama sumber energi ini adalah panas bumi, tenaga angin, energi matahari, tenaga gelombang/ombak, biomassa, dan tenaga air. Beberapa energi terbarukan ini bergantung pada sinar matahari. Misalnya, hidroelektrik dan tenaga angin diproduksi karena permukaan bumi yang memanas. Ketika bumi memanas, ia akan menghasilkan angin dan menghasilkan pembentukan presipitasi ketika udara naik.

Tenaga Asal Angin

Tenaga angin adalah hasil dari berbagai perubahan suhu permukaan bumi ketika terkena sinar matahari. Tenaga mekanis ini dimanfaatkan ketika angin dikumpulkan melalui turbin angin; pada gilirannya, daya yang dihasilkan akan digunakan untuk mengoperasikan generator listrik.

Tenaga angin juga berguna dalam memompa air. Energi hidroelektrik juga menggunakan udara yang naik dari laut (karena sinar matahari) untuk membentuk curah hujan. Sedangkan tenaga air berasal dari energi air, yang kemudian digunakan untuk irigasi dan dalam mengaktifkan perangkat mekanis seperti lift domestik, pabrik tekstil, maupun di industri lainnya.

Tenaga Asal Panas Bumi

Tenaga panas bumi (geothermal) adalah energi terbarukan yang terakumulasi dari bawah permukaan bumi. sumber energi ini berasal dari dekomposisi bahan radioaktif dan pembentukan planet. Geothermal merupakan sumber energi ramah lingkungan dan ekonomis. Namun, geothermal hanya bisa ditemukan di daerah terbatas, dimana ada batas lempeng tektonik. Energi panas bumi kebanyakan digunakan untuk listrik.

Tenaga Asal Sinar Matahari

Matahari merupakan contoh sumber energi terbarukan lainnya. Energi ini berasal dari cahaya dan panas dari matahari. Panas dikumpulkan menggunakan peralatan modern yang meliputi panel fotovoltaik, solar collector, dan solar attic fans. solar collector kebanyakan digunakan untuk mengumpulkan panas yang digunakan untuk memanaskan air, sedangkan solar attic fans lebih banyak digunakan untuk pendinginan. Panel fotovoltaik mengubah sinar matahari menjadi listrik secara langsung.

Contoh Lainnya dari Sumber Energi Terbarukan

Contoh lain dari sumber energi terbarukan adalah biomassa dan kekuatan gelombang/ombak/arus. Energi biomassa biasanya dikumpulkan dari pembusukan limbah hewan dan tanaman. Sebagai sumber energi, limbah hewan maupun tanaman ini dapat dibakar untuk menghasilkan panas atau diubah menjadi biofuel dan biogas. Biofuel termasuk biodiesel dan etanol.

Etanol terbentuk ketika tanaman seperti tebu dan jagung difermentasi. Etanol kemudian dapat dipakai sebagai sumber energi untuk kendaraan. Biodiesel, yang dibuat dari lemak hewani dan minyak nabati juga dapat digunakan sebagai minyak pemanas dan juga untuk bahan bakar kendaraan.

Dan yang terakhir, kekuatan kecepatan angin yang menghasilkan gelombang laut maupun arus laut dapt dikumpulkan untuk diubah menjadi energi. Energi yang dihasilkan oleh kekuatan ini diukur oleh tinggi, kecepatan, dan panjang gelombang.

Fungsi energi gelombang diantaranya adalah untuk desalinasi air, pembangkit listrik, dan pemompaan air. Daya dari gelombang dikumpulkan oleh mesin yang biasa disebut dengan konverter energi gelombang.

Contoh Lengkap Sumber Energi Terbarukan