Ciri-Ciri Planet Venus : Karakteristik Geografis, Iklim, Hingga Astronomisnya

Ciri khas Planet Venus - Tata surya terbentuk dari beberapa planet dengan satu orbit yang mengelilingi bintang paling besar, yaitu matahari. Ada sekitar 9 planet yang ada di dalam tata surya, salah satunya adalah planet Venus (lihat: Urutan Planet). Setiap planet memiliki karakteristiknya masing-masing yang membedakannya antar satu planet dengan planet lain. Termasuk juga planet Venus yang memiliki ciri-ciri atau karakteristik khusus. Berikut ini akan dijelaskan tentang beberapa karakteristik yang menjadi ciri-ciri planet Venus.

ciri-ciri planet venus

Venus merupakan salah satu planet dalam daftar tata surya yang letaknya paling dekat dengan bumi. Ciri umum dari setiap planet adalah tidak bisa memancarkan cahaya sendiri seperti bintang atau matahari, namun hanya bisa memantulkan cahaya dari matahari. Sedangkan untuk setiap planet tentu saja memiliki karakteristik yang berbeda. Di bawah ini adalah karakteristik atau ciri-ciri Planet venus yang merupakan satu dari 9 planet dalam tata surya (lihat juga: Ciri-Ciri Planet Mars).

1. Karakteristik Geografis Planet Venus
Ciri-ciri planet yang dikenal dengan planet "kembaran bumi" ini memang hampir mirip dengan bumi. Hal ini karena komposisinya yang hampir sama dengan bumi. Seperti banyaknya gunung yang ada di planet ini. Selain itu, disebut demikian karena ukuran planet Venus juga hampir sama dengan bumi, hanya berbeda 605 km, yaitu memiliki diameter 12.105km. Jarak planet Venus dari matahari sendiri adalah 108 juta 200 kilometer.

2. Atmosfer dan Iklim di Planet Venus
Aspek selanjutnya yang juga menjadi ciri-ciri planet Venus yang istimewa dan membedakannya dengan planet lain adalah unsur atmosfer dan iklimnya. Meskipun jaraknya adalah 108,2 juta km dari matahari, namun planet ini memiliki suhu yang sangat tinggi mencapai 462-500°C. Suhu ini bahkan lebih tinggi dibandingkan planet Merkurius. Ciri khusus lainnya adalah atmosfer dari planet ini.

Atmosfer Venus terdiri dari 96,5% Karbon Dioksida dan 3,5% bagiannya adalah Nitrogen. Selain itu, planet ini juga diliputi oleh awan tebal berwarna putih yang membuat matahari memantul sempurna dan membuatnya tampak putih. Karena itu planet ini juga dikenal dengan planet putih. Banyaknya kandungan karbon dioksida juga membuat efek rumah kaca yang besar di planet ini.

3. Gerak Rotasi Planet Venus
Setiap planet di tata surya juga pasti bergerak sesuai orbitnya atau lintasannya dan juga bergerak mengelilingi planet lain, dalam hal ini venus bergerak mengelilingi matahari. Lama waktunya juga berbeda-beda setiap planet. Untuk planet Venus, waktu revolusinya adalah 224,7 hari atau bisa juga dibulatkan menjadi 225 hari. Sedangkan waktu rotasinya selama 243 hari. Kala rotasi ini merupakan kala rotasi paling lama diantara kala rotasi planet lain di dalam tata surya.

4. Inti Planet dan Medan Magnet
Ciri-ciri planet Venus yang terakhir adalah medan magnet serta inti buminya. Dimana planet venus tidak seperti planet lain karena tidak memiliki medan magnet. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal, bisa jadi karena planet Venus tidak memiliki inti planet atau karena inti planetnya tidak mengalami proses pendinginan (lihat juga: Ciri-Ciri Planet Saturnus).

Secara keseluruhan, ciri-ciri atau karakteristik Planet Venus bisa dikelompokkan seperti dalam tabel berikut.
Ciri-Ciri Planet Venus Keterangan
Geografis Diameter : 12.105 km, Jarak dengan matahari : 102,8 juta km
Iklim dan atmosfer Suhu : 500°C, Atmosfer : 95% CO² 3,5% Nitrogen
Gerak Rotasi dan Revolusi Revolusi : 225 hari , Rotasi : 243 hari

Penjelasan di atas adalah penjelasan lengkap tentang planet Venus. Termasuk juga ciri-ciri planet Venus dan fenomena-fenomena yang ada di dalamnya. Setiap planet yang ada di tata surya memiliki karakteristik yang berbeda. Untuk mengenal lebih baik tentang planet tersebut bisa dimulai dengan mempelajari karakteristik atau ciri-cirinya.

Ciri-Ciri Planet Venus : Karakteristik Geografis, Iklim, Hingga Astronomisnya