Urutan Susunan Planet di Tata Surya Kita

Planet merupakan salah satu bagian penting dalam sistem tata surya. Dengan matahari sebagai pusatnya, ada sekitar 8 planet yang mengitarinya. Apa sajakah planet-planet tersebut? Selain itu, dari sejumlah planet tersebut, planet manakah yang paling dekat dengan pusat tata surya alias matahari? Bagaimana pula dengan planet terjauh dari tata surya? Anda bisa mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut melalui ulasan tentang urutan planet berikut ini.

Dari 8 planet yang ditentukan oleh International Astronomical Union, ada dua klasifikasi planet. Kedua pengelompokan tersebut adalah 4 planet dalam dan 4 sisanya merupakan planet luar. Secara runtut, berikut susunan planet dalam tata surya dimulai dari yang paling dekat dengan pusat tata surya, yaitu matahari.


1. Merkurius
Urutan planet yang pertama adalah Merkurius atau yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Mercury. Planet yang paling dekat dengan pusat tata surya ini juga termasuk planet yang paling kecil dibanding ketujuh planet lainnya. Merkurius berjarak 58 juta km ke matahari. Karakteristik lainnya dari planet yang tidak memiliki satelit ini adalah permukaannya yang memiliki energi panas dan kering.

Ketika siang hari, suhu dari planet ini bisa melebihi 427 derajat Celsius. Sedangkan, pada malam harinya, suhu permukaan planet sekitar 184 derajat Celsius. Karakteristik permukaan yang berkawah dan berlubang pada Merkurius kemungkinan besar disebabkan oleh tabrakan permukaan planet dengan benda langit lain seperti komet dan meteor.

2. Venus
Planet di urutan berikutnya adalah planet Venus. Planet terdekat kedua dari pusat tata surya ini merupakan planet yang juga tidak memiliki satelit seperti halnya planet Merkurius. Terkait ukuran diameternya, sebenarnya planet Venus memiliki diameter yang tidak jauh berbeda dengan diameter Bumi.

Venus membutuhkan waktu revolusi sekitar 225 hari. Sementara itu, untuk periode rotasinya planet ini membutuhkan waktu 243 hari. Venus diliputi oleh awan tebal yang berguna untuk menyamarkan radiasi sinar matahari. Apabila ingin menyaksikan planet ini, Anda bisa melihat langit saat fajar dan senja seperti ketika hendak menyaksikan Merkurius.


3. Bumi
Bumi merupakan planet dalam sekaligus planet terdekat ketiga dari pusat tata surya. Seperti yang telah banyak orang ketahui, periode rotasi bumi adalah 24 jam sedangkan periode revolusinya adalah 365 hari.

Planet yang memiliki satu satelit bernama Bulan ini merupakan planet yang paling dinamis (lihat tentang struktur bulan). Mengapa? Hal ini karena kemampuan Planet Bumi untuk mendaur ulang diri agar suhu dan tekanan pada permukaannya memungkinkan keberadaan air yang bisa berubah zat ke padat atau gas.

4. Mars
Mars merupakan kelompok planet dalam yang terakhir sehingga bisa dikategorikan sebagai batas planet dalam dan luar. Dalam daftar urutan planet di tata surya, mars tergolong sebagai planet yang berukuran lebih kecil dibanding matahari. Planet ini memiliki periode rotasi 24.6 jam, revolusi 687 hari, serta diameter 6800 km.

Terkait jaraknya dengan matahari, planet ini berjarak sekitar 228 juta km. Karakteristik dari Planet Mars adalah permukaannya yang memiliki banyak lubang ledakan. Selain itu, berdasarkan sebuah penelitian, planet yang memiliki dua satelit bernama Phobos dan Deimos ini juga ditemukan memiliki cairan air. Lihat lebih lengkap mengenai ciri ciri Planet Mars.

5. Jupiter
Planet luar pertama sekaligus kelima dalam tata surya ini merupakan planet yang memiliki karakteristik berupa ikat pinggang warna merah. Ikat pinggang planet tersebut berasal dari gas berwarna merah di sekitar planet.

Tidak seperti Merkurius dan Venus yang sulit disaksikan kasat mata, Jupiter justru mudah untuk dilihat karena berukuran lebih besar dibandingkan dengan planet lainnya. Selain itu, planet yang memiliki 16 satelit ini juga memantulkan 70% cahaya dari pusat tata surya yang diterimanya.

urutan planet di tata surya

6. Saturnus
Urutan planet yang keenam adalah Saturnus. Planet tercantik di tata surya ini dijuluki demikian karena cincin planet yang dimilikinya. Planet ini memiliki periode rotasi 10 jam dan revolusi 29 tahun. Karena periode rotasinya yang cepat serta kerapatannya yang rendah, planet yang memiliki 21 satelit ini berbentuk pipih.

7. Uranus
Planet kedua terluar dari pusat tata surya ini bernama Uranus. Planet Uranus sendiri memiliki keunikan, yaitu salah satu kutubnya menghadap ke matahari. Keunikan ini sendiri disebabkan oleh tabrakan dengan obyek besar sehingga terjadi pergeseran sisi. Obyek yang bertabrakan dengan Uranus sendiri hancur dan membentuk awan yang melingkupi planet berlima satelit ini.

8. Neptunus
Di urutan planet yang terakhir ada Neptunus atau yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Neptune. Planet yang memiliki banyak kesamaan karakteristik dengan Uranus ini adalah planet yang selalu diliputi badai serta angin. Seperti planet luar lainnya, Neptunus juga memiliki banyak satelit. Dari 8 satelit yang dimiliki Neptunus, salah satunya bernama Triton.

Itulah informasi mengenai planet-planet yang ada dalam tata surya. Dari urutan planet yang disebutkan di atas, adakah informasi yang ingin Anda tambahkan?.
Komentar