11 Ciri-Ciri Planet Mars Yang Wajib Kamu Ketahui!

ciri-ciri planet mars
Ciri-Ciri Planet Mars - Planet Mars merupakan salah satu planet yang letaknya bertetangga dengan Bumi dengan luas permukaannya sekitar 144 juta km persegi. Ciri ciri planet mars jika dilihat dari satelit akan terlihat berwarna merah sehingga seringkali disebut sebagai planet merah. Warnanya yang merah karena di sebabkan oleh permukaan Mars yang mengandung besi dan dioksida. Selain dari hal itu, planet Mars memiliki banyak gunung berapi, diantaranya adalah Olympus Mons dengan ketinggian mencapai 24 km.

Mengenal Planet Mars

Awal mulanya Planet Mars terlihat gelap, hingga kemudian warnanya mulai berubah menjadi merah setelah besi yang permukaannya teroksidasi. Beberapa ahli mengatakan hal itu bisa jadi disebabkan oleh badai yang terjadi pada saat Mars masih dan membuat besi dan oksigennya bereaksi.

Planet Mars memiliki 2 buah satelit yang bisa Anda temukan yaitu phobos dan deimos. Dan untuk jaraknya dengan Matahari yaitu sekitar 249.000.000 km sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk mengelilingi Matahari yaitu 687 hari dalam satu putaran. Pada tahun 2023 telah direncanakan sebuah misi untuk mengirimkan Manusia kesana. Namun karena suhu dan tekanan udaranya rendah sehingga menyebabkan manusia yang ingin tinggal disana akan membutuhkan alat bantu pernafasan.

ciri ciri planet mars
Satelit Mars: Phobos dan Deimos.

Karakteristik dan Ciri Ciri Planet Mars

Setelah mengenal secara singkat tentang planet mars berikut adalah karakteristik dan ciri ciri planet mars:
  1. Memiliki warna yang kemerah-merahan karena kandungan besi oksida pada permukaan mars sehingga memiliki julukan planet merah.
  2. Ukurannya lebih besar dari planet markuris yaitu sekitar 6.500 km
  3. Suhu permukaannya mencapai 50 – 60 derajat celcius dan suhu terendahnya mencapai -100 derajat celcius.
  4. Kala rotasi planet mars yaitu 24,6 jam hampir sama seperti Bumi. Kala revolusi Mars 2x lipat dibandingkan dengan Bumi yaitu 687 hari.
  5. Memiliki 2 satelit alami yaitu Phobos dan Deimos dan memiliki ukuran kecil seperti asteroid.
  6. Memiliki gunung tertinggi di tata surya dikenal dengan nama Olympus Mons yang mempunyai ketinggian 24 km.
  7. Jarak rata ratanya 249,7 juta km dari Matahari (lihat disini bagian bagian matahari).
  8. Massanya lebih rendah dari Bumi yaitu 0,107.
  9. Diameter planet ini yaitu 6.779 dengan volumenya 1,632 x 1011 km3.
  10. Memiliki permukaan yang terdapat kawah, lembah, gurun, gunung berapi dan bagian kutubnya ditutupi oleh kubah es.
  11. Lapisan atmosfernya lebih tipis dari atmosfer Bumi dan tersusun atas gas karbondioksida (95%), nitrogen (3%), oksigen, argon dan uap air.

Itulah beberapa pengenalan tentang Planet Mars serta karakteristik dan ciri ciri planet mars. Dalam sistem urutan planet, mars berada pada urutan keempat dari Matahari. Direncanakan sebuah misi untuk tahun 2023 yang katanya planet ini akan di kirim manusia untuk tinggal disana. Mitos atau faktanya dapat Kita buktikan sendiri pada tahun 2023 telah tiba. Karena di katakan lama semakin lama planet mars sudah dapat ditinggali oleh manusia walaupun masih memerlukan alat bantu pernafasan.

Dilihat dari penjelasan ciri ciri planet Mars diatas maka kesimpulan yang dapat diambil yaitu semakin lama planet mars ternyata dapat ditinggali oleh manusia. Namun untuk orang yang tinggal disini masih memerlukan suatu alat bantu pernafasan. Hal ini terjadi karena tekanan suhu dan udara pada planet mars masih rendah sehingga lebih baiknya untuk menyediakan alat bantu pernafasan. Jika dibandingkan dengan planet Markurius planet mars masih memiliki potensi yang lebih baik untuk ditinggali manusia setelah Bumi.

11 Ciri-Ciri Planet Mars Yang Wajib Kamu Ketahui!