Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Negara Perancis serta Keuntungannya

Negara Prancis atau Perancis adalah salah satu negara di Eropa yang cukup terkenal. Salah satunya adalah karena ikonnya yang terkenal, Menara Eiffel. Negara yang memiliki luas wilayah terluas diantara negara-negara di Eropa ini tergolong negara yang maju dengan dukungan perekonomian yang kuat.

Untuk mengenal lebih baik tentang negara yang terkenal romantis ini bisa dimulai dengan mengetahui informasi letak negara Prancis itu (lihat disini Peta Prancis). Berikut adalah informasi tentang letak negara Prancis baik dari letak astronomis, geografis dan geologisnya serta keuntungan letak-letak tersebut.

Letak Astronomis Prancis

Terletak di kawasan Eropa Barat, Prancis memiliki ciri fisik yang tidak begitu jauh dengan negara-negara Eropa lainnya. Kondisi fisik Prancis secara umum memiliki iklim yang bervariasi pada sebagian besar wilayahnya (lihat tentang ciri-ciri iklim tropis). Kondisi iklim itu dimulai dari sejauh sampai dingin.

Musim panas di Prancis lebih hangat sedangkan musim dinginnya lebih dingin apalagi di daerah-daerah yang terletak di sebelah selatan Mediterania. Kondisi iklim Prancis ini disebabkan karena letak astronomis dan geografisnya, yaitu:
  • Secara astronomis, Prancis terletak pada garis lintang 42° LU - 51° LU
  • Sedangkan pada garis bujur terletak pada 5°BB - 9°BT

letak astronomis, geografis, dan geologis Prancis

Letak Geografis Prancis

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa negara Prancis terletak di kawasan Eropa Barat dengan luas mencapai 643.801 km2. Dengan luas ini membuat Prancis menjadi negara terluas dan terbesar di Benua. Dari luas wilayah itu, Prancis terdiri dari beragam fitur Geografis yang membedakannya dengan negara lain.

Sedangkan untuk letak geografis, Prancis berada di lokasi yang cukup strategis. Negara ini berbatasan langsung dengan beberapa fitur geografis potensial dan negara-negara maju lain di Eropa. Berdasarkan letak geografisnya, bisa digambarkan sebagai berikut:
  • Utara: Berbatasan dengan Selat Inggris
  • Selatan: berbatasan dengan Laut Tengah dan negara Spanyol
  • Barat: Berbatasan dengan Samudera Atlatantik dan Teluk Biscay
  • Timur: berbatasan dengan Negara Italia dan Swiss
  • Timur Laut: berbatasan dengan Negara Belgia, Luxemburg dan Jerman

Lihat disini tampilan Peta Spanyol, Peta Italia, Peta Belgia dan Peta Jerman untuk memahami letak geografis Prancis.

Letak Geologis Prancis

Dilihat berdasarkan letak geologisnya bentang alam negara Prancis dibagi ke dalam 3 bagian, yaitu:
1. Dataran Tinggi Purba
Yang dimaksud dengan dataran tinggi purba ini meliputi Pegunungan Voges, dataran tinggi Armorika, Ardenes, serta Pegunungan Cevenes (lihat disini karakteristik dataran tinggi).

2. Lipatan Pegunungan Muda
Lipatan pegunungan muda ini adalah perbatasan antara Prancis di bagian barat daya serta bagian tenggara. Perbatasan ini meliputi pegunungan Alpen, Pyrenes, dan Pegunungan Jura. Di kawasan ini juga terdapat sebuah puncak yang merupakan puncak tertinggi di wilayah Eropa Barat, yaitu puncak Mont Blanc dengan ketinggian 4.870m.
3. Dataran Rendah
Wilayah lipatan pegunungan muda ini meliputi lembah Paris. Lembah Paris ini berlokasi memanjang dari bagian utara ke bagian selatan. Sedangkan untuk bagian barat daya terdapat daerah pasir Landes dan dataran rendah Guyene.

Keuntungan Letak Geografis Prancis

Berdasarkan letak geografisnya, negara Prancis cukup diuntungkan, baik dalam bidang perekonomian maupun sosial. Berikut adalah beberapa keuntungan yang dimiliki oleh Prancis karena letak geografisnya:

1. Hasil Tambang melimpah
Dengan kondisi geografisnya, Prancis menjadi negara yang banyak memberikan hasil tambang. Hasil tambangnya pun bervariasi, mulai dari batubara (lihat proses pembentukan batubara), minyak bumi, gas alam, bijih besi dan lainnya. Beberapa bahkan menjadi komoditas ekspor seperti batu bara dan minyak bumi.

2. Potensi Wisata yang Cukup Besar
Letak geografisnya membuat negara Prancis memiliki banyak potensi wisata yang bisa dimanfaatkan. Barisan pegunungan, laut, dan dataran rendah, semuanya memberikan potensi wisata yang cukup baik untuk negara Prancis.

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang negara Prancis mulai dari letak astronomis, geografis geologis dan keuntungan yang dimiliki Prancis karena letak-letak tersebut.
Komentar