Peta Negara Spanyol Lengkap dengan Kota, Sumber Daya Alam, Batas Wilayah dan Keterangan Gambar Lainnya

Dalam peta dunia, negara Spanyol terletak di Benua Eropa atau lebih tepatnya di Eropa Barat Daya dengan ibukota Madrid. Luas wilayah Spanyol sekitar 505,370.00 km2 dimana 1.26% (6,390.00 km2) merupakan perairan dan 498,980.00 km2 merupakan daratan, sehingga menjadikannya negara terbesar ke-51 di dunia.

Spanyol memiliki ketinggian rata-rata 660 m di atas permukaan laut, memiliki iklim monsoon tropis dengan monsun timur laut dari bulan Desember hingga Maret dan angin musim barat daya dari bulan Juni hingga Oktober. Wilayah Spanyol terdiri dari dataran rendah yang dikelilingi oleh bukit-bukit terjal dan pegunungan di sebelah utara.

Gambar peta negara Spanyol lengkap yang diberikan dibawah ini adalah dalam resolusi kecil, silahkan klik gambar tersebut agar mendapatkan tampilan peta Spanyol yang lebih jelas. Untuk informasi peta-peta lainnya berdasarkan benua dan negara secara terperinci silahkan lihat DISINI.

Peta Spanyol

Peta Spanyol
Gambar posisi letak negara Spanyol dalam peta dunia.

Peta Spanyol
Gambar Peta Spanyol.

Berdasarkan peta Spanyol diatas maka secara umum dapat diketahui batas wilayah negara Spanyol yaitu sebagai berikut:

  1. Sebelah Utara: Dibatasi oleh Bay Biscay dan Perancis
  2. Sebelah Timur: Dibatasi oleh Laut Belearik
  3. Sebelah Selatan: Dibatasi oleh Laut Mediterania dan Selat Giblartar
  4. Sebelah Barat: Berbatasan dengan Portugal dan Laut Utara


Kota Penting di Spanyol

Beberapa kota penting dan besar di Spanyol diantaranya adalah Madrid, Albacete, Alcala, Algeciras, Antequera, Aranda de Duero, Alicante, Almendralejo, Almeria, Avamonte, Avila, Burgos, Caceres, Badajoz, Barcelona, Bilboa, Cadiz, Calatayud, Cartagena, Cordoba, Castropol, Ceuta, Ciudad Real, Elche, Gerona, Donostia-San Sebastian, Getafe, Gijon, Granada, La Coruna, Leon, Guadalajara, Huelva, Jaen, Lerida, Linares, Merida, Murcia, Logrono, Lugo, Malaga, Orense, Oviedo, Salamanca, Santander, Pamplona, Pontevedra, Port-Bou, Santiago, Sevilla, Toledo, Valencia, Valladolid, Tarancon, Tarragona, Teruel, Zamora, Zaragoza, Vigo dan Vitoria.

Lokasi Strategis di Spanyol

Laut Alboran, Samudera Atlantik, Laut Balearik, Embalse de Garcia de Sola, Teluk Biscay, Embalse de Camporredondo, Embalse de la Cuerda del Pozo, Embalse del Ebro, Golfo de Almeria, Embalse de Ricobayo, Embalse de Santa Teresa, Golfo de Cadiz, Golfo de Sant Jordi, Laguna de Antela, Golfo de Valencia, Lago de Sanabria, Laut Mediterania, Pegunungan Pyrenees, Rio Esta, Rio Gadatimar, Rio Genil, Ria de Betanzos, Rio Duera, Rio Ebro, Rio Segura, Rio Jucar, Rio Mino, Rio Pisuerga, Sierra de Gredos, Selat Gibraltar Sierra de Guadarrama, Sierra de Segura dan Sungai Tagus.

Masalah Lingkungan di Spanyol

Spanyol memiliki masalah lingkungan mengenai kuantitas dan kualitas air. Hal ini termasuk pencemaran Laut Mediterania dari limbah mentah dan limbah produksi minyak dan gas lepas pantai. Selain itu masalah pencemaran udara dan penebangan hutan mewarnai isu lingkungan di negara ini.

Sumber Daya Alam Spanyol

Spanyol kaya akan sumber daya alam khususnya sumber daya mineral dan logam seperti magnesit, gipsum, sepiolit, kaolin, fluorspar, bijih besi, tembaga, timbal, seng, uranium, tungsten, merkuri dan pirit. Selain itu ada juga sumber daya bahan bakar seperti batu bara, lignit dan hydropower. Negara ini juga memiliki sumber daya potasium dan lahan garapan yang luas.
Komentar