Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Negara Brazil serta Keuntungannya

Negara Brazil cukup terkenal dengan berbagai aspek, salah satunya adalah memiliki keadaan alam yang cukup menguntungkan. Salah satunya adalah terdapat sungai Amazon yang dapat mempengaruhi kondisi alamnya menjadi subur. Maka dari itu, Negara Brazil memiliki banyak hutan tropis yang ditumbuhi oleh tumbuhan yang sangat beragam. Karena sebagian besar wilayah di Brazil memiliki hutan yang lebat, maka kondisi iklim di sebagian besar wilayahnya adalah iklim tropis.

Letak Astronomis Brazil

Negara Brazil memiliki luas yang mencapai 8.511.970 dan menempati posisi ke lima sebagai negara terluas di dunia setelah Rusia, Amerika, Cina, dan Kanada. Letak astronomis Brazil ditentukan oleh garis lintang dan garis bujurnya, berikut adalah penjelasannya:
  • Berdasarkan garis lintangnya, Brazil terletak diantara 5°16 LU - 33°45 LS
  • Beradasarkan garis bujurnya, Brazil terletak diantara 46°45 BB - 74°03 BB

Brazil memiliki kondisi alam yang sebagian besar terdiri dari lembah sungai dan daratan tinggi. Hal ini dikarenakan wilayah Brazil yang terbentang dari garis khatulistiwa hingga ke garis balik selatan.

Wilayah Brazil juga memiliki daerah yang panas di sebelah timurnya namun daerah ini tidak ditempati oleh penduduk. Penduduk di wilayah Brazil dominan menempati di daerah dataran tinggi yang dikelilingi oleh hutan-hutan tropis.

letak astronomis, geografis, dan geologis brazil

Letak Geologis Brazil

Dataran tinggi di Negara Brazil tersusun dari bebatuan geologis kuno yang cenderung naik karena diakibatkan oleh gaya tektonik. Brazil memiliki lima pembagian wilayah yaitu dataran rendah di Amazon, dataran tinggi di Guyana, daerah pantanal di bagian tengah, dan dataran tinggi Brazil serta dataran rendah yang dekat dengan Samudera Atlantik (lihat juga letak geologis Indonesia).

Letak Geografis Brazil

Berdasarkan kondisi geografisnya, Brazil merupakan negara terbesar dan terluas di Benua Amerika Selatan. Selain itu Brazil juga dikenal sebagai negara yang memiliki hutan hujan tropis terbesar di dunia. Hutan hujan tersebut adalah Amazon. Brazil berbatasan dengan beberapa negara, berikut adalah keterangannya:
  • Di sebelah utara, Brazil berbatasan dengan Venezuela, Guyana, Suriname
  • Di sebelah selatan, Brazil berbatasan dengan Uruguay, Paraguay, dan Argentina
  • Di sebelah barat, Brazil berbatasan dengan Kolombia, Bolivia, dan Peru
  • Di sebelah timur, Brazil berbatasan dengan Samudera Atlantik

Lihat disini tampilan jelas Peta Brazil dan Peta Argentina untuk memahami letak geografis Brazil.

Dengan kondisi geografis alamnya yang strategis karena terletak di garis khatulistiwa, Brazil memiliki sumber daya alam melimpah yang berasal dari hutan hujan tropis tersebut (lihat negara dengan sumber daya alam terbesar di dunia). Banyak sekali aneka tumbuhan dari hutan yang dapat dijadikan sumber perekonomian negara tersebut.

Keuntungan Letak Geografis Brazil

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, karena Brazil terletak di sekitar garis khatulistiwa, maka akan sangat menguntungkan karena memiliki daerah yang subur, salah satunya hutan Amazon. Dari hutan-hutan yang ada Brazil dapat memanfaatkan hasil hutan untuk dijual. Berikut adalah beberapa keuntungan dari letak geografis Brazil:

1. Kaya akan sumber daya alam hayati
Sumber daya alam hayati yang banyak terdapat di wilayah Brazil adalah berbagai pepohonan seperti kayu putih, karet, dan jenis pohon lainnya. Untuk itu kayu yang dihasilkan dari hutan Brazil memiliki kualitas yang tinggi di pasaran.

2. Memiliki sektor pertambangan yang melimpah
Selain kaya akan sumber daya alam hayati, Brazil juga memiliki sektor pertambangan yang sangat melimpah. Jenis tambang yang dihasilkan adalah batu mulia, bijih besi, emas, dan lain-lain.

Brazil, selain terkenal dengan hutan Amazon-nya, negara tersebut juga terkenal sebagai penghasil kopi berkualitas terbesar di dunia. Demikianlah informasi terkait dengan letak geografis, astronomis, geologia, dan kondisi alam Brazil serta pengaruhnya terhadap sektor ekonomi yang menguntungkan.

Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Negara Brazil serta Keuntungannya