Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Arab Saudi serta Keuntungannya

Arab Saudi terkenal dengan pusat ibadah umat muslim karena memiliki Mekkah dan Madinah yang dijadikan sebagai tempat melakukan ibadah haji bagi umat muslim sedunia. Arab Saudi masih berada dalam kawasan Benua Asia (lihat Peta Benua Asia), lebih tepatnya di bagian Timur Tengah.

Arab Saudi sangat terkenal di kalangan masyarakat dunia karena beberapa hal. Diantaranya adalah sebagai negara penghasil minyak bumi terbesar dunia, merupakan negara tempat lahirnya Nabi Muhammad SAW, dan tempat pertama di dunia dimana agama Islam lahir. Untuk mengenal kondisi negara Arab Saudi lebih dalam, Anda perlu mengetahui lebih dulu tentang letak astronomis dan geografisnya.

Letak Astronomis Arab Saudi

Arab Saudi memang dikenal sebagai negara yang istimewa terutama dilihat dari kondisi perekonomiannya karena memiliki sumber daya alam minyak bumi yang sangat melimpah. Keadaan wilayah Arab yang istimewa tentu tak lepas dari kondisi letak astronomisnya. Letak astronomis Arab Saudi berdasarkan garis lintang dan garis bujurnya adalah sebagai berikut:
  • Berdasarkan garis lintangnya, Arab Saudi terletak pada 15° LU - 32°LS
  • Berdasarkan garis bujurnya, Arab Saudi terletak pada 34° BT - 57° BT

Dalam letak astronomis Saudi Arabia terdapat garis lintang utara dan lintang selatan, sehingga wilayah Arab dilalui oleh garis khatulistiwa, tapi tidak dilalui oleh garis meridian. Berdasarkan letak astronomisnya, sebagian besar wilayah di Arab Saudi memiliki kondisi iklim yang tropis.

letak astronomis, geografis, dan geologis arab saudi

Letak Geografis Arab Saudi

Selain letak astronomisnya, sangat penting untuk mengetahui kondisi atau letak geografisnya agar Anda bisa tahu negara-negara apa saja yang berbatasan dengan Arab Saudi. Negara yang berbatasan dengan Arab Saudi ini tentunya memiliki pengaruh besar untuk sosial dan budaya masyarakatnya. Kebanyakan negara Arab berbatasan dengan negara-negara tetangga sebagai berikut:
  • Dari sebelah utara berbatasan dengan Negara Iran, Yordania dan Kuwait
  • Dari sebelah selatan berbatasan dengan Negara Yaman dan Oman
  • Dari sebelah barat berbatasan dengan Laut Merah, dan
  • Dari sebelah timur berbatasan dengan Teluk Persia, Qatar dan Bahrain, dan Uni Emirat Arab

Lihat disini tampilan Peta Qatar dan Peta Bahrain untuk memahami letak geografis Arab Saudi.

Kondisi geografis di Arab Saudi memiliki bentang alam yang sebagian besar terdiri dari gurun dan padang pasir. Oleh karena itu hanya tumbuhan palem seperti kurma dan kaktus yang dapat tumbuh dan bertahan hidup. Karena kondisi wilayahnya sangat jarang terdapat tumbuhan hijau yang rindang, tak heran jika iklimnya cenderung panas.

Letak Geologis Arab Saudi

Perlu diketahui bahwa letak geografis berbeda dengan letak geologis. Letak geologis ditentukan berdasarkan susunan batuanyang ada di bumi. Berdasarkan letak geologisnya, Arab Saudi terbagi ke dalam dua wilayah yaitu bagian barat dan bagian timur. Kedua wilayah tersebut memiliki kondisi geologis yang berbeda (lihat juga letak geologis indonesia).

Kondisi geologis Arab Saudi sebelah barat terdiri dari batuan yang terbentuk dari kristalisasi magma sejak zaman pra-kambrium. Sedangkan kondisi geologis Arab sebelah timur terdiri dari batuan yang berasal dari endapan lapisan dasar magma yang kompleks.

Keuntungan Letak Geografis Arab Saudi

Letak geografis Arab Saudi memberikan keuntungan untuk perekonomian masyarakatnya. Beberapa sumber daya alam yang terdapat di wilayah Arab Saudi adalah gas alam, minyak bumi, tambang logam, emas, tembaga, dan bijih besi. Sumber daya alam yang paling dominan adalah minyak bumi, sehingga tak heran jika Arab dikenal sebagai penghasil minyak bumi terbesar di dunia (lihat juga daerah penghasil minyak bumi di Indonesia).

Itulah beberapa informasi mengenai letak astronomis, geografis, geologis beserta keuntungannya. Karena semua keistimewaan yang ada di Arab Saudi tak lepas dari pengaruhi kondisi alamnya.

Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Arab Saudi serta Keuntungannya