Daftar 5 Pulau Terbesar di Jepang

Jepang adalah rumah bagi salah satu masyarakat paling maju di dunia. Jepang memiliki salah satu harapan hidup tertinggi di dunia dan merupakan rumah bagi salah satu kota terbesar dan terpenting di dunia, kota metropolitan Tokyo. Jepang juga sebagai salah satu negara paling homogen di planet ini (lihat disini Peta Jepang). Jepang memiliki lima pulau terbesar yang akan dibahas di artikel ini. Pulau apakah sebagai pemegang rekor pulau terbesar di Jepang? simak ulasan berikut ini.

Pemegang Rekor Pulau Terbesar di Jepang

5. Okinawa (466 mil persegi)
Okinawa terletak di antara Laut Cina Timur dan Samudera Pasifik Utara, merupakan salah satu pulau terbesar di Jepang dan terpadat di 72 pulau sebuah gugusan yang membentuk Kepulauan Ryukyu. Okinawa adalah pulau subtropis (lihat disini tentang iklim tropis) yang memiliki suhu rata-rata tahunan sekitar 68° Fahrenheit (20° Celcius). Di antara prefektur Jepang, Okinawa benar-benar memiliki populasi yang termuda dan paling cepat berkembang, terlepas dari fakta bahwa populasi Okinawa dikenal sebagai salah satu yang tertua di dunia.

Ada 34 centenarians (orang di atas umur 100) per 100.000 orang di pulau itu. Okinawa memiliki tingkat pekerjaan terendah dan pendapatan rata-rata dibandingkan dengan prefektur lain dan ekonominya terutama didorong oleh pariwisata dan kehadiran militer Amerika Serikat di pulau itu. Dua tempat wisata utama di sana adalah Okinawa Churaumi Aquarium dan Taman Nasional Hiji Falls. Ibu kota Okinawa, Naha, adalah kota terbesar di pulau itu, terhitung hampir 25% dari populasi Okinawa menempati kota itu.

4. Shikoku (7.300 mil persegi)
Shikoku memiliki iklim subtropis dengan musim dingin ringan dan musim panas yang panjang. Pulau ini juga memiliki gunung yang tinggi dan lereng curam. Shikoku adalah yang terkecil dari empat pulau utama di Kepulauan Jepang. Pulau ini memiliki sedikit sumber daya alam (lihat mengenai negara dengan sumber daya alam terbesar di dunia) atau industri skala besar, tetapi ia menghasilkan industri makanan, minuman, ternak dan tembakau yang besar.

Pulau Shikoku juga menghasilkan banyak produk seperti pulp, kertas dan kimia. Shikoku terkenal dengan 88 ziarah kuilnya yang berhubungan dengan Kukai dan festival Obon. Kota terbesar di pulau ini adalah ibu kotanya Ehime, Matsuyama.

3. Kyushu (13.760 mil persegi)
Kyushu adalah pulau yang bergunung-gunung, dengan banyak tanda aktivitas tektonik, termasuk banyak daerah dengan sumber air panas dan gunung berapi. Pulau ini memiliki gunung berapi paling aktif di Jepang, Mt. Aso (lihat mengenai gunung berapi terbesar di dunia). Produk pertanian utama yang dihasilkan pulau ini adalah beras, teh dan kedelai. Pulau ini juga banyak memproduksi sutra dan terkenal untuk berbagai jenis porselen.

Industri berat terletak di bagian utara pulau, yang meliputi pengolahan kimia dan logam. Kota terbesar di pulau ini adalah Fukuoka. Kyushu juga rumah bagi kota Nagasaki, yang sampai saat ini merupakan kota terakhir di Bumi yang mengalami serangan nuklir.

2. Hokkaido (32.222 mil persegi)
Hokkaido adalah pulau paling utara dan salah satu yang terbesar di Jepang. Pulau ini mempunyai musim panas yang sejuk dan musim dingin yang sangat dingin. Pusat pulau ini memiliki sejumlah besar gunung berapi dan gunung dan dataran pantai. Pulau ini juga memiliki sejumlah Taman Nasional dan Semi-Nasional. Pulau ini memiliki beberapa industri ringan, seperti pembuatan bir dan penggilingan kertas, tetapi sebagian besar penduduk pulau ini bekerja di sektor jasa.

pulau terbesar di jepang
Kenampakan pulau Hokkaido, Jepang.

Hokkaido juga memiliki peran utama dalam pertanian, yang merupakan peringkat pertama di Jepang dalam produksi untuk produk seperti jagung, daging sapi, dan gandum. Industri pariwisata juga memainkan peran penting dalam perekonomian di sana. Kota terbesar di pulau ini adalah ibu kotanya, Sapporo yang juga merupakan kota terbesar ke-4 di Jepang.

1. Honshu (88.017 mil persegi)
Honshu adalah pulau terbesar dan terpadat di negara Jepang serta pulau terbesar ke-7 di dunia. Pulau ini bergunung-gunung dengan status sebagai gunung berapi. Mt. Fuji adalah gunung tertinggi di Jepang, sekaligus merupakan gunung berapi aktif, seta sebagai salah satu gunung paling terkenal di dunia. Honshu memiliki banyak sungai, termasuk yang terpanjang di Jepang yaitu Sungai Shinano (lihat mengenai sungai terpanjang di dunia).

Iklim di pulau ini terbagi antara sub tropis lembab di selatan dan iklim lembab di utara. Buah-buahan, sayuran, beras, kapas, serta sebagian besar teh dan sutra Jepang semuanya berasal dari pulau ini. Pulau ini memiliki beragam pekerjaan industri berat seperti elektronik, metalurgi, kimia dan tekstil. Banyak kota terbesar dan terpenting di Jepang terletak di Honshu.

pulau terbesar di jepang
Letak pulau Honshu dan Hokkaido dalam peta.

Ada banyak pelabuhan utama dan kota-kota bersejarah seperti Osaka, Kobe, Nagoya, dan Yokohama. Selain itu Pulau terbesar di Jepang ini memiliki Hiroshima, kota pertama yang mengalami kengerian bom nuklir, Kyoto yag merupakan bekas ibukota Jepang, serta Tokyo yang merupakan ibukota Jepang, salah satu kota terpadat dan paling dikenal di dunia, juga berada di pulau ini.

Daftar Pulau Terbesar di Jepang Berdasarkan Luas Wilayahnya

  1. Honshu (luas 88.017 mil persegi)
  2. Hokkaido (luas 32.222 mil persegi)
  3. Kyushu (luas 13.760 mil persegi)
  4. Shikoku (luas 7.300 mil persegi)
  5. Okinawa (luas 466 mil persegi)
Komentar