Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Negara Myanmar serta Keuntungannya

Myanmar atau Burma adalah salah satu negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara dan masuk dalam salah satu negara anggota ASEAN. Negara yang dulu juga dikenal dengan nama Burma ini adalah negara di Asia Tenggara yang juga pernah merasakan dijajah oleh bangsa asing, yaitu Perancis. Hingga akhirnya pada tanggal 4 Januari 1948 Myanmar merdeka dan resmi menjadi negara sendiri. Untuk mengenal lebih dalam tentang Myanmar, berikut ini adalah informasi tentang negara Myanmar yang dilihat dari letak astronomis, geografis dan geologisnya (lihat disini Peta Myanmar).

Letak Astronomis Myanmar

Jika membicarakan tentang kondisi fisik suatu negara maka tidak akan bisa dilepaskan dari dua buah garis maya yang membagi bumi menjadi dua bagian, bagian utara dan selatan serta timur dan barat. Dua garis yang dimaksud tersebut adalah garis lintang dan garis bujur.

Letak suatu negara berdasarkan pada posisi lintang dan bujurnya ini biasa disebut dengan letak astronomis. Lalu bagaimanakah letak negara Myanmar secara astronomis atau dilihat berdasarkan garis lintang dan garis bujurnya? Berikut ini adalah penjelasannya.
  • Secara astronomis, Myanmar terletak di titik 10° LU - 29° LU
  • Sedangkan dilihat dari garis bujurnya, Myanmar berada di 92° BT - 101° BT

letak astronomis, geografis dan geologis myanmar

Letak Geografis Myanmar

Selain dilihat dari astronomisnya, Myanmar juga bisa dilihat secara geografis. Secara geografis Myanmar terletak diantara negara-negara Asia Tenggara lain serta dibatasi juga dengan fitur geografi. Negara yang juga dikenal dengan nama Burma ini terletak di Teluk Benggala (lihat pengertian teluk). Secara geografis, Myanmar terletak paling utara diantara negara Asia Tenggara lainnya. Negara ini juga berbatasan secara langsung dengan negara-negara Asia lainnya seperti yang dijelaskan di bawah ini.
  • Utara: berbatasan dengan RRC serta kawasan Otonomi Tibet
  • Selatan: berbatasan dengan Laut Andaman
  • Barat: berbatasan dengan Teluk Benggala
  • Timur: berbatasan dengan RRC
  • Tenggara: berbatasan dengan Thailand dan Laos
  • Barat Daya: Bangladesh, dan India

Lihat disini tampilan Peta Thailand, Peta Bangladesh dan Peta China untuk memahami letak geografis Myanmar.

Letak Geologis Myanmar

Berdasarkan kondisi atau letak geologisnya, wilayah di negara Myanmar dikelilingi oleh barisan pegunungan raksasa. Barisan pegunungan ini membentang dari utara, barat dan timur sehingga membentuk sebuah kipas aluvial besar. Pegunungan tertingginya terletak di bagian utara dengan puncak tertinggi yaitu Gunung Hkoda Razi dan juga menjadi gunung tertinggi di Myanmar sekaligus di Asia tenggara. Di Myanmar sendiri terdapat tiga rantai pegunungan yang mana juga membagi tiga sistem sungai di Myanmar (lihat disini sungai terpanjang di Asia).

Keuntungan Letak Geografis Myanmar

Sama seperti negara-negara lain yang ada di kawasan Asia Tenggara yang bergantung pada hasil pertanian, Myanmar juga demikian. Hal tersebut juga disebabkan karena lokasi geografis yang cukup menguntungkan bagi masyarakat Myanmar untuk melakukan kegiatan agraris. Nah, ada beberapa keuntungan yang dimiliki oleh negara Myanmar dengan letak geografisnya, yaitu:

1. Hasil Pertanian Melimpah
Diapit oleh kawasan pegunungan, Myanmar mengandalkan dianugerahi tanah yang subur yang banyak dimanfaatkan sebagai sumber mata pencaharian penduduknya. Karena hasil pertaniannya yang melimpah, beberapa bahkan menjadi komoditi andalan untuk ekspor seperti karet.

2. Keragaman Budaya karena Multietnis
Berdasarkan letak geografisnya yang berbatasan langsung dengan beberapa negara, baik dari negara Asia Tenggara maupun Asia selatan dan Timur membuat Myanmar menjadi negara yang multietnis. Karena itulah Myanmar juga memiliki kekayaan budaya dari beragamnya etnis yang mendiami wilayah negara Myanmar.

Nah, itu tadi penjelasan lengkap dari letak astronomis dan geografis negara Myanmar. Dari letak astronomis dan geografis itu, Myanmar juga diuntungkan seperti yang dijelaskan di atas.

Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Negara Myanmar serta Keuntungannya